Rencana Nobar '12.12: The Day' dari Sejumlah SD dan SMP Timbulkan Protes
Plus M Entertainment
Film

'12.12: The Day' merupakan film yang diadaptasi dari kejadian nyata tentang upaya kudeta selama 9 jam yang terjadi di Seoul pada 12 Desember 1979, setelah pembunuhan Presiden Park.

WowKeren - Rencana nonton bareng film "12.12: The Day" dari sejumlah SD dan SMP menimbulkan protes dari kelompok sayap kanan. Atas protes itu, beberapa sekolah akhirnya memutuskan membatalkan rencana nobar tersebut.

"12.12: The Day" merupakan film yang diadaptasi dari kejadian nyata tentang upaya kudeta selama 9 jam yang terjadi di Seoul pada 12 Desember 1979, setelah pembunuhan Presiden Park. Film ini membuat takjub dengan melampaui 7,55 juta penonton kumulatif.

"12.12: The Day" juga sukses menarik perhatian karena kemunculan karakter-karakter yang dibuat berdasarkan tentara sungguhan yang menghadapi konflik pada tahun 1979. Contohnya adalah Jenderal Lee Tae Sin (Jung Woo Sung) dan Kapten Kim Oh Rang (Jung Hae In).

Di tengah momentum popularitas itu, beberapa sekolah dasar dan menengah menghadapi reaksi keras dari kelompok sayap kanan. Pasalnya, sekolah-sekolah itu mencoba mengatur kunjungan lapangan ke bioskop agar para siswa bisa ikut menyaksikan "12.12: The Day".


Rencana Nobar \'12.12: The Day\' dari Sejumlah SD dan SMP Timbulkan Protes

Source: Naver

Atas protes itu, sebuah sekolah dasar di Seoul secara resmi membatalkan rencananya untuk menyaksikan "12.12: The Day" pada 7 Desember lalu. Protes tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang potensi pelanggaran hak akademik dan pembelajaran.

Kelompok sayap kanan juga nekat mengunjungi sekolah menengah untuk menentang kunjungan lapangan menyaksikan "12.12: The Day". Terkait protes ini, netizen Korea mengungkapkan kekhawatiran dan kritik mereka atas perilaku kelompok sayap kanan.

"Film harus dilihat sebagai film," tulis seorang netizen. "Menolak pemutaran film dengan alasan apa pun tampaknya berbahaya," imbuh lainnya. "Fakta bahwa ada protes terhadap nonton bareng '12.12: The Day' ini mengkhawatirkan sekaligus memprihatinkan," sambung lainnya.

Sementara itu, "12.12: The Day" menuai begitu banyak pujian ketika ditayangkan. Para penonton bahkan mengatakan bahwa ini adalah film terbaik sepanjang 2023. Jangan sampai ketinggalan menyaksikan ya.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait