HYBE 'Rumah' BTS, SEVENTEEN, Dkk Jadi Label Pertama Korea yang Berstatus Konglomerat
Instagram/labels.hybe/Xpledis_17
Musik

BTS mendapat banyak ucapan terima kasih setelah HYBE dinobatkan sebagai perusahaan hiburan pertama di Korea yang berstatus konglomerat. Lantas kriteria apa yang mendasari penunjukkan ini?

WowKeren - HYBE masuk dalam daftar empat agensi raksasa di Korea selain SM, YG, dan JYP Entertainment. Nama HYBE semakin besar dan terpercaya setelah FTC Korea menobatkannya sebagai perusahaan hiburan pertama yang berstatus konglomerat. Tak heran apabila grup-grup yang berada di bawah naungannya seperti BTS, SEVENTEEN (II), NewJeans, dan lain sebagainya terus meriah popularitas di dalam maupun luar negeri.

Dimasukannya HYBE dalam daftar perusahaan konglomerat karena nilai pasar wajar aset agensi tersebut mencapai lebih dari 5 triliun KRW (3,7 Miliar USD). Hal ini ditetapkan oleh Komisi Perdagangan yang Adil pada Senin (8/4).

Total aset HYBE yang diungkapkan tahun lalu secara konsolidasi adalah 5,35 triliun KRW (3,9 miliar USD). Penunjukan resmi sebagai konglomerat akan dikukuhkan pada 1 Mei.


HYBE telah berhasil memecahkan rekor lantaran menjadi agensi pertama di Korea yang mencapai status ini. Anak perusahaan HYBE meliputi Weverse Company, Big Hit Music, Pledis, Source Music, dan ADOR. Meskipun aset lancar menurun dari 2,115 triliun KRW (1,56 miliar USD) pada tahun 2022 menjadi 1,89 triliun KRW (1,4 miliar USD), ukuran aset tidak lancar meningkat secara signifikan karena peningkatan aset keuangan dan laba ditahan. Diperkirakan hal ini banyak dipengaruhi oleh akuisisi saham SM Entertainment.

Setelah suatu perusahaan ditetapkan sebagai konglomerasi perusahaan besar, berbagai peraturan seperti kewajiban pengungkapan dan pembatasan transaksi internal akan diberlakukan. Tentunya hal ini juga berlaku untuk HYBE.

Kabar ini disambut heboh oleh netizen. Mayoritas dari mereka menilai bahwa posisi HYBE bisa menjadi sebesar ini karena kerja keras BTS. Berbagai ucapan terima kasih pun disampaikan untuk RM cs. Para penggemar jugae mendesak HYBE untuk memperlakukan BTS lebih baik lagi.

"Itulah darah, keringat, dan air mata BTS di sana," komentar netter. "Wow, BTS adalah perusahaan mereka sendiri," sahut yang lain. "Mereka harus memperlakukan BTS jauh lebih baik," imbuh lainnya. "Perlakukan BTS dengan lebih baik," tegas warganet.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait