Rumor Lawas BTS Jiplak Konsep SHINee Kembali Jadi Perdebatan
Instagram/bts.bighitofficial/shinee
Musik

BTS menuai pro kontra terkait tuduhan lawas yang menyebutkan mereka meniru konsep SHINee untuk album 'HYYH'. Masalah ini ramai dibicarakan lagi imbas konflik antara Min Hee Jin dan HYBE.

WowKeren - Sekitar tahun 2015-2016 silam, muncul rumor yang mengatakan kalau BTS telah meniru konsep SHINee untuk album "The Most Beautiful Moment in Life" atau "Hwa Yang Yeon Hwa" (HYYH) mereka. Permasalahan ini mendadak viral lagi imbas perseteruan yang tengah berlangsung antara CEO ADOR Min Hee Jin dengan HYBE.

Dengan semua kekacauan yang sedang berlangsung dan banyaknya tuduhan plagiarisme, kejadian lama BTS yang dituduh menjiplak grup K-Pop lain muncul kembali, dan mendapat beberapa reaksi pro kontra dari netizen Korea. Pada era "HYYH", BTS ramai dituduh meniru konsep single Jepang SHINee berjudul "Lucky Star" yang rilis pada tahun 2014.

Beberapa kemiripan konsep pun dibeberkan oleh netizen. Mulai dari kedua grup yang sama-sama menggunakan balon udara berwarna pelangi dalam konsep mereka. Ada pula potret saat para member berkumpul dalam kegelapan dan mengelilingi api unggun.

Rumor Lawas BTS Jiplak Konsep SHINee Kembali Jadi Perdebatan

Source: theqoo


Gambar lain yang dinilai memiliki visual sama adalah soal member BTS yang berfoto di samping mobil camper atau bus, terlihat mirip seperti SHINee. Yang mengejutkannya lagi, ada tujuan terhadap BTS karena memiliki akesori dan pakaian yang serupa dengan member SHINee.

Di forum online, netizen ramai membahas tentang kesamaan konsep BTS dan SHINee ini. Beberapa mengatakan kalau konsep semacam ini tidak dimiliki oleh satu artis saja, dan konsep tersebut cukup mendasar untuk dibuat oleh tim BTS tanpa bermaksud meniru SHINee. Namun, netizen Korea lainnya masih ingat kapan tuduhan tersebut dilontarkan, dan betapa seriusnya masalahnya saat itu.

Rumor Lawas BTS Jiplak Konsep SHINee Kembali Jadi Perdebatan

Source: theqoo

"Aku pikir penggemar SHINee mengatakan sesuatu saat itu, tapi semua orang menutup mata terhadap BTS," komentar warganet. "Rumor ini sudah sangat lama, kenapa dibahas lagi," sahut lainnya. "Aku ingat hal itu dianggap kontroversial saat itu," tutur akun lain.

"Sudah lama sekali aku tidak melihat ini. Ini bukan hanya satu atau dua, itu konyol," seloroh warganet. "Saat ini, fans SHINee pasti sangat frustasi," kata yang lain. "Semuanya gara-gara Min Hee Jin, sehingga kembali dibahas," pungkas lainnya.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru