Marvel Terancam Kehilangan Hak Cipta 'Avengers'
Film

Sejumlah organisasi perfilman seperti SAG, DGA dan WGA mendukung ahli waris Jack Kirby untuk mendapatkan hak cipta 'Avengers', 'Spider-Man' dan 'X-Men'.

WowKeren - Kesuksesan film-film superhero "The Avengers" di seluruh dunia membuat Marvel Studios meraup banyak keuntungan. Namun kini Marvel terancam bisa kehilangan hak cipta karakter Iron Man cs tersebut.

Seperti yang telah diketahui, beberapa waktu lalu ahli waris Jack Kirby menuntut hak cipta karakter-karakter tersebut. Bukan hanya superhero "The Avengers", Jack Kirby juga dikenal sebagai pencipta komik 'Spider-Man' dan 'X-Men'.

Namun pada Agustus 2013, Marvel memenangkan hak cipta karakter-karakter tersebut di pengadilan. Pengadilan memutuskan bahwa saat itu Jack Kirby hanya bekerja secara freelance sehingga ahli warisnya tak bisa mengklaim hak cipta karakter yang diciptakannya.


Kini, ahli waris Jack Kirby seakan mendapatkan angin segar. Pasalnya, sejumlah organisasi perfilman seperti SAG (Screen Actors Guild), DGA (Directors Guild of America) dan WGA (Writers Guild of America) memutuskan untuk memberikan dukungannya pada ahli waris Jack Kirby.

Mereka berpendapat bahwa keputusan pengadilan itu telah menyalahi peraturan hak cipta seorang penulis. "Keputusan itu secara tidak langsung juga ikut membahayakan hak cipta penulis-penulis lainnya yang tergabung dalam Guild terhadap karya-karya mereka," bunyi pernyataan perwakilan organisasi tersebut.

Hingga saat ini Marvel Studios masih memegang hak cipta penuh atas karakter-karakter "The Avengers". Sementara Twentieth Century Fox memegang hak cipta "X-Men" dan "Fantastic Four". Kemudian untuk karakter "Spider-Man", hak ciptanya dipegang oleh Sony Pictures.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru