6 Kiat Sederhana Jaga Kesehatan, Mau Tahu?
SerbaSerbi

Tidak perlu cara yang susah, beberapa kiat sederhana ini bisa bantu kamu menjaga kesehatan tubuh. Penasaran apa saja?

WowKeren - Tubuh sehat merupakan anugrah yang luar biasa dari sang Pencipta. Namun tak semata-mata diberikan, kita sebagai manusia juga harus ikut menjaga kesehatan tubuh masing-masing agar tidak jatuh sakit.

Pertambahan usia membuat kita semakin sulit mempertahankan kondisi tubuh sehat. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang harus ditinggalkan dan memulai dengan yang lebih baik.

Lebih baik lagi jika kita memulai hidup sehat sejak muda. Beberapa cara ini cukup sederhana untuk menghindarkan tubuh dari penyakit. Simak yuk...

(wk/nris)

1. Cuci Tangan Sebelum Melakukan Apapun


Cuci Tangan Sebelum Melakukan Apapun

Sebagian orang sering kali tidak mengacuhkan hal sederhana seperti mencuci tangan. Setelah seharian beraktivitas, menyentuh permukaan benda, bersalaman dengan orang lain, tentunya akan banyak bakteri yang menempel pada tangan kita.

Walaupun sedang tidak mengonsumsi makanan, kalian wajib mencuci tangan sebelum melakukan apapun. Sebab, cara tersebut merupakan yang termudah untuk mengurangi infeksi atau penyakit.

2. Lakukan Olahraga Rutin Atau Selalu Aktif Bergerak


Lakukan Olahraga Rutin Atau Selalu Aktif Bergerak

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga badan tetap bugar dan tidak gampang sakit. Bergerak secara aktif melalui olahraga dapat memperlambat proses penuaan alami sekaligus menjadi lebih sehat diusia senja.

Berolahraga juga membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah dan mencegah obesitas serta diabetes. Ketika berolahraga, kalian akan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal itu juga menyebabkan komponen sistem kekebalan tubuh ikut beredar dengan baik.

3. Konsumsi Obat Herbal


Konsumsi Obat Herbal

Pada zaman yang serba maju ini, kebanyakan orang akan menggunakan obat-obatan kimia jika sedang sakit. Obat kimia memang menjadi solusi yang cepat untuk menyembuhkan penyakit. Namun, penggunaan obat tersebut dapat menimbulkan efek buruk di kemudian hari.

Maka, mulai sekarang beralih lah ke obat-obatan herbal alami. Tidak hanya memiliki manfaat yang sama dengan obat kimia, obat herbal juga relatif lebih murah.

4. Minum Teh


Minum Teh

Mengonsumsi minuman teh, tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga manfaat yang besar. Mungkin sebagian orang hanya mengetahui beberapa macamnya seperti, teh hijau, teh melati dan teh hitam. Namun teh dapat dibuat dari banyak tumbuhan dan tentunya punya manfaat masing-masing.

Contohnya teh oolong yang sangat baik untuk mempercepat proses metabolisme. Teh bunga rosella yang membatu dalam menjaga sistem daya tahan tubuh dari segala macam penyakit. Sedangkan teh mawar bermanfaat sebagai penurun kolestrol.

5. Mandi dengan Air Dingin


Mandi dengan Air Dingin

Salah satu cara menjaga tubuh agar tidak sakit adalah mandi dengan air suhu rendah. Sebagian orang memilih mandi dengan air hangat karena dirasa lebih nyaman.

Tetepi mandi dengan air dingin rupanya memiliki banyak manfaat lho. Seperti mengurangi migran, meningkatkan mood, memperbaiki sirkulasi, memperkuat kekebalan tubuh dan mengurangi rasa sakit.

6. Selalu Berpikir Positif


Selalu Berpikir Positif

Beberapa studi mengatakan bahwa kepribadian pesimis dan optimis dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan dalam berbagai aspek. Maka berpikir postitif sangat penting juga bagi kesehatan kita.

Penelitian di University of Pittsburgh School of Medicine menemukan bahwa wanita menopause yang memiliki sifat optimis mengalami penurunan jangka kematian dan sedikit resiko terkena diabetes atau hipertensi. Dengan pikiran positif dapat memperkuat sistem imun tubuh lho.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru