7 Destinasi Wisata Alam yang Hits di Madura
Travel

Madura memiliki banyak wisata yang keren banget. Mulai dari pantai, air terjun hingga bukit. Mau tahu?

WowKeren - Madura merupakan pulau yang terletak di timur laut Jawa. Pulau yang memiliki bentuk seperti badan sapi ini terdiri dari empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Seiring berjalannya waktu, pulau Madura pun semakin modern. Selain itu banyak tempat wisata alam yang dikembangkan dan dibuka untuk umum. Keindahannya tentu tak kalah dari wisata alam lain di Jawa Timur.


Tempat wisata di Madura banyak dikunjungi masyarakat 'tetangga', Surabaya. Apalagi di daerah Surabaya sendiri masih minim wisata alam. Berkat media sosial, pengunjung wisata alam Madura pun semakin beragam mulai dari Jawa Timur hingga lainnya.

Berikut 7 wisata alam di Madura yang lagi hits banget. Simak di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Wisata Pantai Slopeng di Madura


Wisata Pantai Slopeng di Madura

Pantai yang paling hits dan banyak menarik wisatawan adalah pantai Slopeng. Pantai yang berada di Kabupaten Sumenep ini menawarkan keindahan pasir pantai yang membentang sepanjang 6 km membentuk seperti gurun.

Air di pantai Slopeng masih sangat jernih dengan warna kehijauan. Ombaknya juga tenang dan cocok buat kalian untuk bermain air. Tak hanya bermain air, kalian dapat mengelilingi pantai ini dengan menunggangi kuda. Ada gazebo dan kantin juga untuk beristirahat. Jika berkunjung saat sore hari, kalian bisa menikmati indahnya matahari tenggelam di sini.

Untuk dapat masuk ke pantai Slopeng, kalian cukup mengeluarkan uang sebanyak Rp 5 ribu per orang saat hari libur. Sementara pada hari biasa tiket masuknya gratis.

2. Air Terjun Toroan Langsung Mengarah ke Pantai


Air Terjun Toroan Langsung Mengarah ke Pantai

Air terjun Toroan sepertinya jadi salah satu air terjun yang unik banget. Air setinggi 20 meter ini berlokasi berdampingan dengan sebuah pantai. Jadi, air yang jatuh ke bawah langsung menyatu dengan air laut, lho. Air yang mengalir tersebut berasal dari sungai Payung di Kecamatan Timur Kota Sampang.

Saat pantai sedang surut, kalian dapat melihat batu-batuan besar di sekitar air terjun Toroan. Kalian tetap bisa berenang di sekitar air terjun untuk menikmati segarnya air di sana. Namun, terdapat peraturan yang tidak memperbolehkan pengunjung berenang ke arah pantai karena ada palung yang sangat dalam.

Udara di air terjun Toroan juga sangat sejuk meski berdekatan dengan pantai. Hal tersebut lantaran, lokasi yang masih alami dan banyak ditumbuhi oleh pepohonan.

3. Keindahan Biota Laut Gili Labak yang Mempesona


Keindahan Biota Laut Gili Labak yang Mempesona

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan wisata yang satu ini yakni pulau Gili Labak. Pulau ini merupakan salah satu pulau terkecil di antara 127 pulau lainnya di Kabupaten Sumenep. Luasnya tak lebih dari 5 hektare dan dapat dikelilingi dengan berjalan kaki dalam waktu tak sampai setengah jam.

Bagi kalian yang gemar menyelami keindahan bawah laut, pulau ini bakal cocok banget. Biota lautnya tak kalah dari Gili di Lombok sana. Gili Labak masih sangat perawan. Namun sudah banyak fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan.

4. Laut Kepulauan Kangean, Wisata Laut yang Masih Murni


Laut Kepulauan Kangean, Wisata Laut yang Masih Murni

Pulau Kangean dulunya merupakan tempat pembuangan orang-orang yang dianggap penjahat oleh Belanda. Beberapa tahun belakangan pulau ini menjadi tujuan wisata baru di Madura.

Secara geograifs Pulau Kangean sebenarnya tidak jauh dari Beli. Namun, secara administratif pulau ini masuk bagian Sumenep, Madura. Keasrian pulau ini masih sangat terjaga. Pesona bawah laut yang disajikan pun tidak kalah dari Gili Labak, lho.

Selain itu, masyarakat juga sengaja membangun fasilitas di Pulau Kangean dengan bahan-bahan alami agar kelestariannya terjaga. Bagaimana menurut kalian? Tertarik berukunjung ke Pulau Kangean?

5. Kota Tua Kalianget Peninggalan Belanda


Kota Tua Kalianget Peninggalan Belanda

Tak hanya wisata air, seperti pantai dan air terjun, Madura juga memiliki wisata sejarah yakni Kota Tua Kalianget. Kota ini merupakan salah satu kota modern pertama di Pulau Madura. VOC membangunnya pertama kali lalu diteruskan oleh pemerintah hindia Belanda.

Banyak bangunan khas Eropa yang bisa kalian nikmati di sini. Sebut saja gedung pembangkit listrik, pelabuhan Kota Tua, cerobong asap pabrik dan juga ada benteng peninggalan Belanda. Keindahan bangunan tua yang rapuh dimakan zaman ini sungguh apik untuk ber-selfie ria.

6. Bukit Geger dengan Pemandangan yang Menakjubkan


Bukit Geger dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Madura merupakan salah satu pulau yang tidak memiliki gunung di Indonesia. Namun, mereka memiliki bukit-bukit yang sangat indah salah satunya adalah Bukit Geger.

Bukit geger memiliki luas sekitar 44 hektar dan merupakan kawasan hutan kayu mahoni yang berada di bawah perlindungan negara. Karena cuaca alamnya yang sejuk dan segar, wisatawan sering berkemah di lokasi ini.

Meskipun perjalanan yang ditempuh untuk sampai puncak sangat melelahkan, semua akan terbayar dengan keindahannya. Pesona alam yang masih sangat alami dan hewan-hewan seperti burung, monyet, dan ular dapat memanjakan mata kalian.

7. Bukit Kapur Arosbaya, Sisa Penambangan yang Estetik


Bukit Kapur Arosbaya, Sisa Penambangan yang Estetik

Bukit kapur Arosbaya merupakan salah satu wisata hits di Madura. Awalnya, tempat ini merupakan tambang batu kapur. Karena bekas pahatan sisa penambangan yang unik, banyak orang yang berkunjung ke lokasi wisata ini untuk berfoto.

Panorama batuan kapur di Bukit Arosbaya ini cukup unik dengan warnanya yang cenderung kecoklatan. Selain itu ada beberapa gua kecil di wisata ini yang terbentuk karena penambangan. Keren banget, ya?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru