Enak dan Bermanfaat, 8 Makanan Ini Dapat Mengobati Sakit Maag
Health

Mengobati sakit maag tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia, cukup dengan buah dan sayuran alami. Penasaran?

WowKeren - Penyakit maag adalah istilah yang menggambarkan nyari yang berasal dari lambung, usus halus atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sakit maag sendiri disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi bakteri, efek penggunaan obat, stres dan yang paling sering adalah luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung.

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh maag ini sangat menyiksa. Perut akan terasa kembung dan sakit melilit. Penderitanya akan terasa tidak nyaman sepanjang hari. Terkadang bahkan rasa sakit ini dibarengi dengan mual hingga muntah.

Sebagian orang akan mengatasi maag dengan obat-obatan kimia. Namun, banyak makanan yang sebenarnya ampuh mengatasi rasa sakit tersebut. Berikut 8 makanan tersebut. Yuk simak.

(wk/nris)

1. Kentang Rebus Mengatasi Sakit Maag


Kentang Rebus Mengatasi Sakit Maag

Mungkin kalian tidak percaya bahwa kentang rebus dapat mengatasi sakit maag. Kentang memiliki sifat alkali dan dapat menetralisir asam lambung sebelum mengonsumsi makanan lainnya.

Kentang rebus juga merupakan sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dalam perut. Jika bosan di rebus kalian dapat mengolahnya menjadi bubur atau jus kentang.

2. Sayur Kol dapat Mengatasi Sakit Maag


Sayur Kol dapat Mengatasi Sakit Maag

Kol diketahui mengandung asam amino glutamin yang memiliki banyak manfaat untuk lambung. Kandungan tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung melindungi lapisan mucosa lambung dan mengobati luka pada saluran pencernaan.

Untuk mengobati penyakit maag sendiri, kol sebaiknya di konsumsi saat mentah atau setengah matang. Pasalnya, kol matang atau empuk dapat mengeluarkan gas yang membuat perut kembung.

3. Mangobati Penyakit Maag dengan Buah Pisang


Mangobati Penyakit Maag dengan Buah Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang sangat mudah di jumpai di Indonesia. Buah yang enak dan memiliki tekstur lembut ini rupanya bermanfaat bagi para penderita asam lambung.

Buah yang berwarna kuning ini mengandung zat kalium yang bisa menurunkan asam lambung berlebih di perut atau menyeimbangkan pH di dalam lambung. Kalian bisa mengonsumsinya secara rutin sebelum mengonsumsi makanan lainnya.

4. Alpukat untuk Meredakan Nyeri Sakit Maag


Alpukat untuk Meredakan Nyeri Sakit Maag

Selain mengandung berbagai vitamin, alpukat juga kaya akan serat dan baik untuk pencernaan. Buah ini cocok banget buat kalian penderita maag yang tengah menjalani diet. Memakan alpukat akan mempercepat rasa kenyang dan dapat mengurangi porsi nasi kalian.

5. Melon Menyembuhkan Maag


Melon Menyembuhkan Maag

Siapa sangka rupanya melon berguna untuk mengobati maag. Kandungan antioksidan, kalium dan mineral di dalamnya sangat baik untuk meredakan rasa sakitnya. Selain itu, kandungan air tersebut membantu proses pencernaan dalam tubuh.

6. Mengatasi Maag dengan Brokoli


Mengatasi Maag dengan Brokoli

Bagi kalian yang memiliki penyakit maag kronis, brokoli bisa jadi pilihan yang tepat. Kandungan yang ada dalam sayuran ini seperti kalium, vitamin C dan sulfur sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat asam lambung.

7. Air Kelapa Menenangkan Sistem Pencernaan


Air Kelapa Menenangkan Sistem Pencernaan

Air kelapa telah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Senyawa dan mineral yang ada di air kelapa bersifat menenangkan sistem pencernaan dalam tubuh. Hal itu sangat baik untuk menghilangkan radikal beracun dalam tubuh.

Selain itu, air kelapa dapat mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal dan menghambat peradangan di lambung. Jika diminum secara rutin, manfaatnya dapat dirasakan kira-kira setelah 2 minggu.

8. Manfaat Pepaya untuk Meredakan Sakit Maag


Manfaat Pepaya untuk Meredakan Sakit Maag

Buah pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan. Pepaya juga memiliki kandungan asam asetat dan asam askorbat sebagai obat tukak lambung. Kandungan mineralnya juga akan melancarkan perncernaan kalian termasuk meredakan sakit maag.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait