10 Penyebab Tak Terduga dan Cara Ampuh Atasi Rambut Tipis karena Rontok
Jonsson Protein
Health

Rambut yang tipis karena rontok ternyata bisa disebabkan karena masalah-masalah kesehatan lho. Begini cara mudah mengatasinya.

WowKeren - Siapa sih yang tidak sebal dengan masalah rambut rontok? Permasalahan yang satu ini banyak menjadi momok lantaran menyebabkan rambut jadi terlihat sangat tipis dan tidak indah.

Berbagai hal ternyata bisa menyebabkan rambut menjadi rontok dan tipis. Bukan melulu soal stres, beberapa alasan kesehatan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Tidak ingin mengalaminya? Atau mungkin ingin segera mengatasinya dengan cara-cara yang mudah dan efektif? Cek ulasannya di sini, ya.

(wk/silm)

1. Kondisi Tiroid Bermasalah


Kondisi Tiroid Bermasalah

Salah satu gangguan kesehatan yang bisa menjadi penyebab kerontokan rambutmu adalah masalah tiroid. Hipotiroidism atau kelenjar tiroid yang kurang aktif bisa menjadi alasan untuk lambatnya pertumbuhan rambutmu.

Selain rambut yang rontok dan menipis, ada alasan lain yang menjadi ciri-ciri dari adanya masalah pada tiroid. Kulit yang kering juga perasaan depresi bisa menjadi tanda lainnya. Waspadalah karena penyakit ini lebih banyak dialami oleh wanita.

2. Terlalu Banyak Diet


Terlalu Banyak Diet

Diet tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Baik diet untuk kesehatan maupun untuk menurunkan berat badan, semua harus disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Membatasi asupan kalori yang berlebihan untuk tubuh bisa menyebabkan hal-hal yang kurang baik, salah satunya adalah rambut rontok. Pembatasan asupan kalori bisa memperlambat metabolisme dan fungsi tubuh. Akibatnya, siklus pertumbuhan rambutmu pun akan terganggu.

3. Penyakit Autoimun Alopecia Areata


Penyakit Autoimun Alopecia Areata

Satu lagi penyakit yang menyebabkan kerontokan rambut. Salah satu penyakit autoimun, yakni alopecia areata bisa menjadi penyebab rambut rontok yang terus kamu alami.

Kerontokan rambut yang disebabkan karena penyakit ini disebabkan karena serangan sistem imun tubuh pada folikel rambut. Jika tidak diatasi, penyakit ini bisa menyebabkan kebotakan.

4. Tanda-Tanda Sindrom Ovarium Polikistik


Tanda-Tanda Sindrom Ovarium Polikistik

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena gangguan hormonal. Sindrom ini menyebabkan ovarium dipenuhi oleh kista atau kantong kecil berisi cairan. Sindrom yang sebut dengan PCOS ini juga menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut.

Tidak hanya kerontokan rambut, berbagai masalah lain juga kerap dialami para wanita jika terkena sindrom ini. Selain rambut yang akan rontok dan menipis, kamu kemungkinan juga akan mengalami kulit yang berminyak dan berjerawat, depresi, berat badan yang bertambah hingga menstruasi yang tidak teratur.

5. Gangguan Trichotillomania


Gangguan Trichotillomania

Pernahkah kamu mendengar soal trichotillomania ini? Trikotilomania adalah sebuah gangguan mental. Penderitanya akan memiliki dorongan kuat untuk mencabuti rambutnya. Dorongan tersebut muncul lebih kuat saat penderitanya mengalami stres ataupun cemas. Mencabuti rambut menjadi salah satu peredanya.

Namun, hal tersebut juga sekaligus bisa menjadi penyebab dari kerontokan rambut yang kamu alami. Kamu juga bisa-bisa mengalami kerontokan rambut permanen sebagai akibatnya.

6. Rajin Menggunakan Kondisioner


Rajin Menggunakan Kondisioner

Setelah mengetahui beberapa sebabnya. Kini saatnya kamu mencari alternatif untuk mengatasi rambut tipis karena rontok.

Terlalu banyak mengalami pewarnaan dan sentuhan alat penata rambut bisa membuat rambutmu menjadi lebih tipis. Rajin menggunakan kondisioner bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk atasi rambut tipismu.

Kondisioner membantu menggantikan lipid dan protein pada batang rambut. Kondisioner juga mampu menutup kutikula untuk membantu lebih banyak kerusakan yang dapat menyerang rambut. Rajin menggunakan kondisioner dipercaya bisa membuat rambutmu tumbuh lebih panjang dan terlihat lebih sehat.

7. Aplikasikan Minyak Esensial Setiap Minggu


Aplikasikan Minyak Esensial Setiap Minggu

Untuk mengatasi rambut yang tipis karena rontok, kamu bisa menggunakan minyak esensial. Minyak lavender terbukti mampu mengatasi kerontokan rambut dan juga kebotakan. Selain lavender, ada juga minyak esensial dari bahan rosemary yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kerontokan rambut.

Namun, kamu juga harus hati-hati terhadap penggunaan minyak esensial. Sebelum menerapkannya pada kulit kepala, ada baiknya kamu mengujinya dulu pada lenganmu. Gosokkan minyak esensial pada lenganmu untuk melihat reaksinya. Jika terjadi kemerahan atau gatal-gata, segera hentikan karena itu merupakan reaksi alergi.

8. Pakai Ramuan Lidah Buaya dan Seledri


Pakai Ramuan Lidah Buaya dan Seledri

Mengatasi rambut rontok tidak harus selalu menggunakan bahan-bahan kimia maupun perawatan mahal. Mengatasi rambut tipis juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan sehari-hari. Tanaman lidah buaya dan daun seledri menjadi salah satunya.

Lidah buaya sudah lama dipercaya ampuh mengatasi berbagai masalah rambut, salah satunya adalah rambut rontok. Untuk melakukan perawatan dengan lidah buaya juga cukup mudah. Caranya, ambil satu batang lidah buaya. Kupas bagian kulit lidah buaya untuk diambil gelnya. Setelah itu, oleskan pada rambut secara merata. Pakai handuk untuk membungkusnya dan diamkan selama semalam. Setelah itu, bilas bersih menggunakan sampo.

Selain ramuan lidah buaya, ada juga ramuan daun seledri yang dipercaya ampuh mengatasi rambut tipis. Seledri mengandung banyak vitamin B yang bermanfaat untuk memproduksi dan memecah protein. Kandungan tersebut juga akan membantu meperbaiki akar dan kutikula rambutmu. Dengan perawatan teratur, rambutmu akan kembali tumbuh lebat dan bebas dari kerontokan.

9. Atasi Rambut Rontok Pakai Jus Bawang


Atasi Rambut Rontok Pakai Jus Bawang

Bau bawang memang membuat tidak nyaman bagi sebagian orang. Namun, kamu jangan meremehkan khasiatnya.

Jus bawang telah terbukti berhasil mengobati alopecia areata. Penelitian juga menunjukkan bahwa jus bawang mampu meningkatkan pertumbuhan keratin dan memperlancar aliran darah ke kutikula.

Untuk melakukan terapi ini, kamu bisa mencampurkan beberapa bawang, membuatnya menjadi jus dan memeras airnya. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala dan rambutmu. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan sampo sampai bersih.

10. Jangan Keramas dengan Sampo Setiap Hari


Jangan Keramas dengan Sampo Setiap Hari

Banyak wanita mungkin mengabaikan pemakaian kondisioner. Padahal itu merupakan salah satu hal penting yang bisa mencegah kerusakan rambut. Sementara itu, banyak wanita justru mementingkan pemakaian sampo hingga setiap hari. Padahal, penggunaan sampolah yang mestinya dibatasi.

Tujuan sampo adalah untuk membersihkan kotoran pada rambut. Akan tetapi, sampo juga bisa mengurangi minyak alami pada rambutmu. Penggunaan sampo terlalu sering akan ikut mengambil minyak alami yang berfungsi untuk menjaga rambutmu tetap sehat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru