Sempat Dibully Usai Dituding Jiplak Lagu 'April', Iis Dahlia Ancam Haters Sang Putra
Instagram/isdadahlia
Musik

Sebelumnya, lagu baru Devano Danendra yang berjudul 'Ini Aku' disebut plagiat lagu ciptaan Fiersa Besari.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, penyanyi muda Devano Danendra dikabarkan menjiplak karya penulis Fiersa Besari. Sebelumnya, single "Ini Aku" yang dinyanyikan Devano dinilai mirip dengan lagu "April" milik Fiersa.

Hal ini diketahui saat Fiersa mengunggah perbandingan antara lagunya dan Devano. Warganet pun menilai bahwa lagu "Ini Aku" yang dibawakan Devano, memiliki banyak kesamaan dengan lagu "April". Putra pedangdut Iis Dahlia tersebut pun ramai menerima komentar pedas dari warganet.

Namun, pihak Devano dan Fiersa telah memilih jalan terbaik untuk menyelesaikan hal tersebut. Fiersa juga menyambut baik niat Devano untuk meluruskan isu plagiarisme tersebut. Kejadian ini pun ditanggapi oleh Iis sebagai orang yang sudah lama terjun di dunia musik.

Menurut Iis, adanya kemiripan antara satu lagu dengan lagu lainnya adalah hal yang wajar, apalagi hanya ada tujuh not nada. Sebuah lagu bisa masuk kategori plagiarisme jika memiliki kemiripan hingga delapan bar. Sedangkan lagu sang putra hanya mirip tiga bar dari lagu "April" milik Fiersa.


"Memang sih banyak banget lagu yang mirip karena ada jutaan atau miliaran mungkin lagu di dunia. Not kan cuma do re mi fa sol la si do. Cuma tujuh," ujar Iis saat dijumpai di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu (23/9). "Jadi memang akan balik-balik ke situ. Tapi memang ini miripnya tiga bar."

Lebih lanjut, Iis mengungkapkan bahwa baik Fiersa maupun Devano telah menyelesaikan permasalahan tersebut. Akan tetapi, haters terus saja menyerang Devano, hingga membuatnya sedikit ragu untuk melanjutkan karier di dunia musik.

"Haters yang bermasalah, udahlah, kata gue enggak usah diladenin. Namanya juga anak 16 tahun. Saya bilang sama Devano, 'Dek sosial media itu jangan terlalu diambil hati'. Karena dia itu jadi kayak malas," ungkap Iis. "Akhirnya jadi tiba-tiba yang tadinya pengin jadi artis, (karena) dia jadi ada satu omongan, jadi kayak gini nih, 'Aku bingung sekarang aku mau jadi apa'."

Keraguan Devano gara-gara ucapan haters tersebut pun membuat Iis menjadi geram. Pedangdut berusia 46 tahun ini pun sampai mengancam haters akan mendatangi mereka jika terjadi sesuatu dengan putranya. "Nah, haters ya. Lu lihat ya, awas lu kalau sampai anak gue kenapa-kenapa, gue paranin lu semua!" tegas Iis sambil tertawa.

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru