8 Komponen yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Android
Shutterstock
Tekno

Apa saja sih hal yang wajib diketahui sebelum membeli ponsel berbasis Android? Cari tahu di disini, yuk.

WowKeren - Semakin hari perkembangan teknologi ponsel semakin berkembang. Hampir setiap bulannya selalu bermunculan tipe smartphone terbaru dengan berbagai komponen dan fitur yang menyertai. Tak heran jika para pecinta tekno yang selalu update akan mengganti handphonenya hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan pilihan smartphone. Hal itu untuk menyiasati agar tidak merugi karena banyaknya komponen yang nyatanya tidak berfungsi bagi kebutuhan kalian. Inilah delapan komponen yang wajib diperhatikan sebelum membeli smartphone.

(wk/Kres)

1. Kapasitas RAM (Random Access Memory)


Kapasitas RAM (Random Access Memory)

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah RAM (Random Access Memory). Komponen ini merupakan yang utama di dalam sebuah perangkat yang berfungsi mengolah data semnetara. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula kinerja smartphone kalian. Secara teori, semakin besar sebuah kapasitas RAM, maka untuk melakukan kegiatan multi tasking akan terasa sangat cepat dan dapat meningkatkan kinerja smartphone.

2. CPU (Central Processing Unit) atau Prosessor


CPU (Central Processing Unit) atau Prosessor

CPU adalah inti untuk mengoperasikan smartphone. Karena paling inti kalian harus mengetahui spesifikasi CPU yang memiliki chipset jenis apa. Hal yang perlu diperhatikan dari CPU adalah kecepatannya dalam memproses data akses. Biasanya kecepatan prosessor tertera pada dos smartphone atau kalian juga mencarinya di internet. Kecepatan CPU biasanya tertulis "Octa Core 1.6 GHz" dan semakin tinggi kecepatannya, maka akan semakin baik.

3. Daya Baterai


Daya Baterai

Kapasitas baterai juga perlu mendapat perhatian, terlebih pada kalian yang memiliki mobilitas tinggi. Tentu saja akan sangat menyusahkan jika dalam satu hari harus beberapa kali menambah daya baterai. Kapasitas baterai yang besar akan membuat ponsel hidup lebih lama, namun hal ini tentu juga tergantung dari pemakaiannya. Untuk ponsel kelas menengah setidaknya harus menggunakan baterai berkapasitas 2.200 mAh atau lebih.

4. ROM (Read Only Memory) atau Penyimpanan Internal


ROM (Read Only Memory) atau Penyimpanan Internal

Memori internal diperlukan untuk menyimpan berbagai file seperti video, musik, arsip, dokumenj dan sebagainya. ROM berkapasitas besar akan membuatmu leluasa menginstal banyak aplikasi dan game berukuran besar. Stidaknya kalian bisa memilih HP Android dengan memori internal minimal 16 GB, lebih besar dan lebih bagus.

5. GPU (Graphic Processor Unit) atau Grafis


GPU (Graphic Processor Unit) atau Grafis

Bagian grafis ini terkadang paling sering dilewatkan karena pengguna masa kini lebih memperhatikan kualitas kamera. Perlu kalian ketahui, bahwa GPU adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menampilkan visual ke dalam layar ponsel.

Semakin bagus GPU yang digunakan, maka visual untuk menampilkan berbagai jenis konten multimedia juga akan semakin jernih, detail dan tampak nyata. Contohnya, ktik menonton video tau bermain game tidak akan ada lagi shuttering yang mengganggu jika GPUnya mumpuni.

6. Sistem Operasi Android


Sistem Operasi Android

Jika membeli ponsel saat ini sebaiknya memilih smartphone dengan sistem terbaru yaitu Android 8.0 OREO. Manfaat dengan memilih sistem operasi Android terbaru adalah sistem kinerja smartphonenya juga baik. Serta mendukung semua aplikasi saat ini, peningkatan di sisi user, interface, lebih stabil dan lebih aman.

7. Teknologi Jaringan


Teknologi Jaringan

Teknologi jaringan terbaru saat ini adalah 4G atau LTE, jika ponsel kalian sudah menggunakan jaringan ini maka untuk penggunaan internetnya aman. Satu hal yang menjadi pertimbangan, provider di Indonesia hampir keseluruhan menerapkan promo dan harga murah untuk pembelian kuota internet 4G atau LTE. Sehingga cukup menghemat namun tetap dapat menikmati internet yang lancar. Selain jaringan tersebut yang didapatkan dari sim card, Hp android kalian pilih juga yang mendukung sistem wifi.

8. Layar Smartphone


Layar Smartphone

Pemilihan layar juga disesuaikan kepada pengguna, biasanya para gamer atau yang gemar menonton dram melalui ponsel membutuhkan layar yang lebih lebar. Sebaiknya pilih ponsel android dengan resolusi minimal 480 x 320 pixel dan memiliki teknologi layar IPS (in Plane Switches).

iPS disebut juga dengan teknologi layar Super LCD. Alangkah lebih bagus lagi jika dilengkapi dengan teknologi multitouch. Tidak kalah pentingnya cari android yang dilengkapi dengan pelindung anti gores seperti Gorilla Glass agar layar aman dari goresan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru