Kena Dampak Gempa dan Tsunami Paling Parah, Posko Bantuan Akan Didirikan di Empat Daerah Ini
Nasional

Daerah tersebut yakni Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong dan Mamuju Utara.

WowKeren - Pada Jumat (28/9) kemarin, gempa berkekuatan 7,7 SR mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah. Beberapa saat setelah itu, BMKG juga mengumumkan adanya potensi tsunami. Lokasi gempa berada di di 0.18 LS dan 119.85 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pukul 17.02 WIB.

Selang beberapa saat, gempa juga diumumkan BMKG terjadi di Palu. Kali ini, gempa berkekuatan 5,9 SR tersebut tidak memiliki potensi tsunami.

Dilansir dari Liputan 6, terdapat empat daerah yang terkena dampak gempa dan tsunami paling parah. Daerah tersebut yakni Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong dan Mamuju Utara. "Di empat daerah itu rencana pendirian posko BSMI," tutur Ketua Umum Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Djazuli Amba.

Djazuli mengatakan bahwa BSMI regional Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampapua) telah mengirim bantuan berupa delapan orang tim rescue ke wilayah gempa di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat hari ini, Sabtu (29/9). Ia juga memaparkan, tim yang dikirim terdiri dari empat orang recue, dua dokter, satu teknik dan dua relawan media serta data.


BSMI dari jakarta juga akan memberangkatkan satu orang dokter dan satu perawat. Selain itu, mereka juga membawa bantuan logistik dan medis.

"Tim dari Jakarta akan berangkat bersama dengan TNI AU membawa logistik dan peralatan medis," ujar Djazuli. "Menurut informasi relawan BSMI Palu yang dibutuhkan segera tenaga medis yang cukup banyak dan pendirian rumah sakit lapangan."

Saat ini, BSMI regional Sulampapua sudah mengaktifkan Markas Komando Utama di Jl. Tamangapa raya 3, Makassar, Sulawesi Selatan. "Tim dari Sulampapua menempuh jalur darat dari Makassar. Setelah bandara Palu dibuka, tim susulan akan diberangkatkan lewat udara," lanjut Djazuli.

Sementara itu, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, menginfokan bahwa tim Basarnas Gorontalo sudah bergerak ke Kota Palu untuk melakukan operasi SAR. Basarnas akan memberangkatkan 60 personil dan peralatan dengan pesawat Hercules Sabtu pagi dari Jakarta.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel