10 Potret Rumah Botol Ridwan Kamil Yang Aesthetic dan Ramah Lingkungan
Nasional

Ridwan Kamil sukses membangun sebuah rumah ramah lingkungan dari botol bekas yang terletak di Jalan Cigadung Selatan 7/28 Bandung, Jawa Barat. Selain itu, rumah tersebut juga aestehic dan instagramable.

WowKeren - Ridwan Kamil diketahui memiliki latar belakang sebagai seorang arsitek jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB). Gubernur Jawa Barat ini tak sekedar mendesain museum atau masjid namun juga rumah. Kediaman Ridwan Kamil yang terletak di di Jalan Cigadung Selatan 7/28 Bandung terbuat dari botol kaca minuman berenergi.

Hampir 60 persen kediaman bapak tiga anak ini dibalut oleh kumpulan botol bekas. Sebanyak 30.000 botol bekas dikumpulkan oleh Ridwan Kamil. Kreatifitas pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini pun mendapat penghargaan dari Green Design Award oleh Building Construction Indonesia (BCI).

Botol-botol tersebut membutuhkan perawatan selama tiga bulan sekali dengan mengelap atau disemprot air. Rumah botol Ridwan Kamil ini pun viral lantaran bentuknya yang tak biasa. Terutama bagian dalam rumahnya juga gak kalah aesthetic dan instagramblle lho. Simak berikut potret lengkapnya.

(wk/rosi)

1. Impian Bangun Rumah Ala Resort


Impian Bangun Rumah Ala Resort
Instagram/YouTube

Dilihat dari depan, kediaman Ridwan Kamil memiliki warna cokelat hasil dari botol minuman yang berenergi. Usut punya usut, ia memiliki impian membangun rumah dengan konsep rumah ala resort yang akhirnya terwujud lewat rumah botol ini. Botol-botol tersebut diatur dengan pola-pola yang cantik.

2. Perpaduan Warna Yang Harmonis


Perpaduan Warna Yang Harmonis
YouTube/The Prime Show

Di dalam rumah botol Ridwan Kamil ternyata gak kalah cantik dan Instagramable. Tampak di salah satu ruangan terdapat sofa dan lukisan terpajang di dinding. Di sisi lain, rumah 60 persen dindingnya didominasi oleh botol kaca bekas minuman energi. Alasan Ridwan Kamil memilih botol minuman bekas berenergi adalah karena warnanya selaras dengan kayu. Pun saat disandingkan dengan warna seperti oranye di sofa atau lukisan, penampakan yang dihasilkan juga cantik.

3. Dilengkapi Kolam


Dilengkapi Kolam
Instagram/YouTube

Ridwan Kamil secara khusus membangun kolam ikan di kediamannya ini. Menurutnya, dengan mendengar suara air dan memegangnya, hatinya merasa tenang. Selain itu terdapat pula kolam renang yang jernih di kediaman Ridwan Kamil ini.

4. Ruang Makan


Ruang Makan
Instagram/YouTube

Ruang makan keluarga juga gak kalah aesthetic dan terlihat vintage. Meja dan kursinya sendiri terbuat dari kayu serta terdapat tanaman di pojokan. Ruang makan di rumah botol Ridwan Kamil memiliki pencahayaan yang alami. Taplak meja yang berwarna oranye juga terlihat selaras dengan pantulan cahaya dari botol saat siang hari.

5. Penampakan Kamar Tidur


Penampakan Kamar Tidur
Instagram/fatyanosa

Tampak dalam kamar yang diperlihatkan, temboknya memiliki cat biru dan kontras dengan botol kaca di bagian sampingnya. Sementara itu ranjang-nya juga warnanya berbeda warna jauh namun harmonis.

6. Penuh Warna


Penuh Warna
Instagram/fatyanosa

Dilihat dari luar, kediaman Ridwan Kamil terlihat didominasi warna cokelat perpaduan warna botol dan kayu. Akan tetapi saat masuk ke dalam, ternyata penuh warna lho. Mulai dari sofa dan bantal bermotif serta pajangan lukisan yang sempat disebutkan sebelumnya.

7. Bisa Disewa


Bisa Disewa
Instagram/YouTube

Rumah botol ini ternyata bisa disewakan lho. Tetapi, rumah tersebut hanya bisa disewa setiap Sabtu dan Minggu saja. Jadi rumah ini bisa dinikmati oleh siapapun. Rumah ini sendiri dibangun selama 2 tahun lamanya. Butuh waktu enam bulan untuk mengumpulkan botol dan pada tahun 2017, rumah ini berdiri sempurna.

8. Ruang Kerja


Ruang Kerja
YouTube/The Prime Show

Terdapat salah satu ruangan di rumah botol Ridwan Kamil yang tampaknya adalah ruang kerja. Terdapat meja yang dipenuhi tumpukan buku serta jejeran penghargaan di ruangan tersebut. Selain itu pencahayaan alami juga datang dari sisi susunan botol yang disekat menggunakan dinding kaca.

9. Ruang Keluarga


 Ruang Keluarga
YouTube/The Prime Show

Ruang keluarga dilengkapi dengan fasilitas seperti smart TV dan memiliki konsep open space. Tidak banyak perabotan di rumah sehingga ruangan terlihat longgar. Rumah botol ini sendiri memiliki luas lahan sekitar 373 meter persegi.

10. Tampak Asri


Tampak Asri
YouTube/The Prime Show

Rumah botol ini mengusung konsep green design dengan menggunakan sumber daya yang efisien. Ridwan Kamil juga menjelaskan jika botol-botol tersebut bisa digunakan untuk mengurangi suhu panas yang ada di luar. Selain itu deretan tumbuhan yang berada di sudut-sudut rumah juga menambah kesan asri di rumah botol ini.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru