Tetap Bertugas, Anthonius Petugas ATC Bandara Ikut Jadi Korban Gempa Tsunami Palu
Instagram/icoze_ricochet
Nasional

Sebelum gempa terjadi, Anthonius tengah memberikan arahan kepada penerbangan Batik Air dari dalam tower ATC.

WowKeren - Bencana gempa disusul tsunami di kawasan Donggala, Sulawesi Tengah, terjadi pada 28 September 2018 sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Usai peristiwa tersebut, kisah tentang pilot pesawat Batik Air yang selamat dari gempa lantaran keputusannya untuk take off lebih awal banyak menjadi pembicaraan.

Dibalik kisah haru tersebut, terdapat kabar duka dari petugas layanan navigasi penerbangan Airnav Indonesia, Anthonius Gunawan Agung. Petugas Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Mutiara Sis Al Jufri ini menjadi salah satu korban gempa berkekuatan 7,4 SR tersebut.

Sesaat sebelum gempa terjadi, Anthonius sedang melaksanakan tugasnya memberikan arahan kepada penerbangan Batik Air yang dipimpin Captain Mafella dari dalam tower ATC. Usai memastikan pesawat lepas landas dengan aman, Anthonius baru meninggalkan cabin tower ATC.

"Saat gempa terjadi, beliau telah memberikan clearing kepada penerbangan Batik Air untuk lepas landas dan menunggu pesawat tersebut airbrone dengan selamat sebelum akhirnya meninggalkan cabin tower ATC," kata Yohanes selaku Manager Humas Airnav Indonesia.


Duka atas meninggalnya Anthonius juga dirasakan Captain Mafella, pilot Batik Air yang berkomunikasi terakhir kali dengan korban. Mafella juga menceritakan bagaimana Anthonius berusaha menyelamatkan diri dari menara saat terjadi gempa. Kisah tersebut ditulisnya pada unggahan foto mendiang di akun Instagram pribadinya.

"'Batik 6231 landasan 33 telah lepas landas’. Ini adalah transmisi terakhirnya kepadaku, lalu kami menjawab. Terima kasih telah menjagaku sampai aku selamat terbang. Lalu dia melompat keluar dari menara, mematahkan kaki dan lengannya," tulis Captain Mafella pada Sabtu (29/8) dalam bahasa Inggris. " Aku merasa terhormat untuk Anthonius Gunawan Agung sebagai malaikat pelindungku di Palu. Istirahatlah dengan damai, lelaki bersayapku. Tuhan besertamu."

Usai mengetahui cerita tersebut, ucapan bela sungkawa serta ungkapan terima kasih dituliskan netter untuk Anthonius. "Rest In Peace Mr.A.Gunawan Agung, kebaikanmu akan selalu dikenang, doa terbaik untukmu ,damai dan tenang di Surga bersama Tuhan Yesus. Untuk kelurga yang ditinggalkan semoga diberi kekuatan dan ketabahan," komentar akun @dellakasagai***. "Thank For You Antonius Gunawan Agung. Rest in Peace," tulis akun @ikhwanaarifandhiar***.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel