BNPB Beber Kebutuhan Mendesak Akibat Gempa Tsunami Donggala-Palu, Ini Daftarnya
Nasional

Upaya penyaluran bantuan menggunakan jalur darat, namun masih terkendala beberapa ruas jalan yang tertutup karena longsor.

WowKeren - Gempa dan tsunami yang melanda Donggala dan Palu mendapatkan banyak perhatian. Diketahui, gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Donggala pada Jumat (28/9) kemarin menimbulkan tsunami setinggi 0,5 meter sampai 3 meter.

Kabar terakhir menyebutkan sebanyak 384 orang tewas dan masih terus bertambah. Hal itu disebabkan lantaran masih banyaknya daerah terkena gempa yang belum bisa dijamah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membeberkan mengenai beberapa kebutuhan yang mendesak setelah terjadinya gempa. Informasi tersebut didapatkan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPM, Sutopo Purwo Nugroho, saat jumpa pers pada Sabtu (29/9).

Sutopo menyebutkan beberapa kebutuhan terkait penanggulangan pasca gempa, mulai dari kebutuhan sarana prasarana hingga makanan dan obat-obatan. "Kebutuhan mendesak itu di antaranya perbaikan listrik, perbaikan jalur komunikasi, permakanan, yaitu makanan siap saji, makanan bayi, dan makanan anak, juga evakuasi dan SAR," beber Sutopo.


Selain itu, kebutuhan lain yang sangat dibutuhkan di daerah terdampak bencana juga termasuk beberapa benda kesehatan. Barang-barang tersebut di antaranya tenda, terpal selimut, veltbed, rumah sakit lapangan, tenaga medis, obat-obatan, air bersih, dan hunian sementara.

Untuk saat ini, pemerintah sudah mulai melakukan beberapa upaya untuk mencari korban dan memperbaiki beberapa fasilitas yang rusak. "Selain pencarian korban, prioritas juga menormalkan listrik. Tadi pagi menggunakan heli super puma, membawa personel Kementerian Perhubungan untuk perbaikan komunikasi di bandara, tapi jalur runway di Palu juga mengalami keretakan," sambung Sutopo.

Untuk penyaluran bantuan akan diutamakan melalui jalur darat. Namun, mungkin juga terhampat lantaran beberapa ruas jalan ditutup akibat longsor. "Jalur bantuan kita gunakan jalur darat, kemudian jalur udara, kemudian dimungkinknan bantuan kapal laut. Ada bebrapa ruas jalan memang tertutup longsor dan amblas kondisinya. Jalur Palu ke Poso itu lumpuh karena amblas," sambung Sutopo.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel