Menyedihkan, Kondisi Jembatan Ponulele Kota Palu yang Hancur Lebur Akibat Gempa Donggala
Nasional

Begini foto dan video kondisi sebelum dan sesudah gempa yang ikut mengenai jembatan megah di Palu.

WowKeren - Gempa dan tsunami yang melanda Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah menyisakan duka mendalam. Kabar terakhir menyebutkan sebanyak 384 korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,4 SR yang terjadi pada Jumat (28/9) kemarin.

Berbagai ucapan duka terlihat menghiasi media sosial. Melalui media sosial Twitter, tagar seperti #PrayForIndonesia berhasil menjadi trending topik. Selain itu, update terbaru soal kondisi pasca gempa di Donggala dan Palu juga terus disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPM, Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun media sosial Twitter miliknya.

Seperti sebuah foto dan video yang ia bagikan pada Sabtu (29/9) yang menunjukkan kondisi terakhir pasca gempa di Palu. Dalam unggahannya, Sutopo membagikan foto kondisi Jembatan Ponulele di Palu, sebelum dan sesudah gempa tsunami menerjangnya.

Lewat foto sebelum terjadinya gempa, tampak jembatan berwarna kuning cerah tersebut berdiri dengan megahnya. Keindahan pemandangan laut juga tampak dari atas jembatan.


Sementara melalui foto pasca gempa, jembatan tersebut tak lagi menampakkan wujudnya. Hancur terseret arus air, Jembatan Ponulele roboh dan terlihat tak mungkin lagi difungsikan.

Sementara itu, di unggahan lainnya, Sutopo juga membagikan sebuah video di lokasi Jembatan Ponulele saat terjadinya tsunami. Jembatan yang sebelumnya menjadi ikon Kota Palu tersebut hancur berkeping-keping akibat diterjang air laut. Permukiman di bawahnya pun ikut hancur dan terbawa tsunami.

Beberapa komentar warganet tampak mengikuti unggahan Sutopo. Berbagai doa dan dukungan dipanjatkan demi pemulihan lokasi dan korban yang terdampak bencana gempa dan tsunami. Merekapun menyayangkan kurangnya perhatian lebih terhadap antisipasi gempa pada beberapa bangunan di Indonesia.

"Penting peran seorang ahli kebumian (Geologi) didalam pembangunan infrastruktur." tulis akun @Ma***10. "Sayang sekali....Jembatan baru berumur 12th sudah ambruk dampak dari Gempa 7.7. Semoga kita bisa belajar dari Jepang dan ambil hikmah dari bencana dgn meminimalisasi dampak. Yaitu dgn infrastruktur tahan gempa minimal 8.5SR.." sahut akun @Fa***va. "-+ 1,5 yg lalu hampir tiap hari lewat jembatan ini. Semoga selalu tawakal menghadapi cobaan ini." tambah akun @ma***86.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru