7 Kesalahan Ini Sering Diabaikan Pengguna Komputer/Laptop, Segera Ketahui
Tekno

Jika dibiarkan, kamu hanya akan membuat komputer atau laptopmu lelet dan cepat rusak.

WowKeren - Pada era sekarang, hampir semua kegiatan manusia dilakukan dengan serba digital. Mulai dari hal mudah seperti membeli tiket secara online hingga penggunaan robot sebagai pengganti pegawai, semua terus dikembangkan.

Selain ponsel, komputer dan laptop juga menjadi benda yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Benda tersebut seolah memegang peranan penting untuk aktivitas manusia. Sayang, semua hal itu tak dibarengi dengan pengetahuan penting soal beberapa kesalahan yang masih sering manusia lakukan.


Kesalahan ini berkaitan dengan penggunaan komputer atau laptop mereka. Padahal, jika terus-terusan dilakukan, kesalahan tersebut akan menimbulkan beberapa kerusakan pada komputer dan laptopmu. Bukan tidak mungkin juga akan mengganggu aktivitas sehari-harimu.

Untuk itu, mengetahui kesalahan apa saja yang mungkin selama ini kamu lakukan saat menggunakan komputer atau laptop adalah hal wajib. Seperti apa kesalahan-kesalahan yang mungkin kamu lakukan dan luput? Dilansir dari Reader's Digest pada Kamis (4/10), ini dia daftarnya.

(wk/silm)

1. Tidak Mengunduh dan Menerapkan Pembaruan dari Sistem Operasi


Tidak Mengunduh dan Menerapkan Pembaruan dari Sistem Operasi

Peringatan untuk mengunduh pembaruan sistem operasi mungkin akan menjadi hal yang sangat mengganggu. Apalagi pada saat itu, kamu sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Namun, mengabaikannya juga merupakan kesalahan yang masih sering dilakukan oleh banyak orang.

Menerapkan pembaruan sistem operasi kerap kali membuat sebal karena mengharuskan kita untuk melakukan restart pada komputer. Namun, sebisa mungkin lakukan hal tersebut untuk menghindarkanmu dari berbagai hal yang justru bisa menyerang komputer.

Memperbarui sistem operasi bisa meningkatkan kinerja komputer ataupun laptopmu. Tidak memperbaruinya bisa membuat komputer atau laptop menjadi lebih rentan diserang peretas dan malware. Kelalaian ini juga bisa menyebabkan kerusakan serius pada data dan pencurian identitas.

2. Membuka Lampiran Email Tanpa Tahu Sumber Aslinya


Membuka Lampiran Email Tanpa Tahu Sumber Aslinya

Berkaitan dengan koneksi internet, kita juga harus berhati-hati. Banyak orang mungkin masih mengabaikan betapa pentingnya melakukan cek kembali pada lampiran email yang dikirimkan kepadamu.

Melakukan cek kembali pada lampiran di email akan menghindarkanmu dari berbagai virus yang bisa saja ada di lampiran tersebut. Untuk itu, lebih baik jangan pernah mengunduh lampiran dari sumber yang tidak kamu ketahui dan belum jelas.

3. Membuka Banyak Tab di Dekstop Maupun Browser


Membuka Banyak Tab di Dekstop Maupun Browser

Satu lagi kesalahan yang banyak dilakukan pengguna komputer dan laptop, membiarkan banyak tab terbuka meski tak digunakan. Perlu kamu ketahui bahwa melakukan hal tersebut bisa memperlambat kinerja komputermu.

Beberapa keluhan yang disampaikan pengguna komputer dan laptop berkaitan dengan betapa lambatnya komputer mereka. Padahal, masalahnya hanya karena mereka membuka terlalu banyak tab. Hal yang sama berlaku saat kamu melakukan selancar internet.

4. Mengabaikan Peringatan Memori Penyimpanan yang Penuh


Mengabaikan Peringatan Memori Penyimpanan yang Penuh

Beberapa orang mungkin akan mengabaikan peringatan ini. Ya, peringatan soal memori penyimpanan yang penuh kerap menjadi masalah bagi banyak orang. Akan tetapi, mengabaikannya bukanlah hal yang baik. Segera hapus data yang tak penting dan sisakan ruang kosong di komputer atau laptopmu.

"Kehabisan ruang penyimpanan akan menyebabkan masalah dalam segala hal yang Anda coba lakukan," jelas pakar teknologi, Kelly Wilkerson. "Komputer atau perangkat seluler akan lambat, tidak stabil, dan mulai mogok secara acak.".

5. Membiarkan Pop Up Muncul Terus Menerus


Membiarkan Pop Up Muncul Terus Menerus

Membiarkan pop up muncul terus menerus pada layar komputer atau laptopmu bukanlah hal yang baik. Ini juga menjadi salah satu kesalahan yang banyak dilakukan pengguna komputer dan laptop.

Pop up yang dibiarkan muncul terus menerus akan mengacaukan kinerja komputer atau laptopmu. Pop up yang terus menerus muncul dan tak sengaja di-klik bisa saja menggiringmu pada virus ataupun malware yang merugikan. Cara terbaik adalah dengan memasang aplikasi untuk memblokir pop up yang bisa kamu temukan di Google. Namun, pastikan bahwa aplikasi tersebut aman.

6. Membuat Komputer/Laptop Terus Menyala


Membuat Komputer/Laptop Terus Menyala

Layaknya manusia, komputer juga butuh bernapas. Membiarkannya bekerja terlalu lama adalah sebuah kesalahan yang masih banyak diabaikan oleh pengguna komputer dan laptop.

Panas yang menumpuk pada komputer atau laptop bisa merusak hard drive dan komponen lainnya. Berikan ruang bagi alat elektronik untuk bernapas dan beristirahat sejenak untuk bisa digunakan kembali. Hal penting lainnya adalah jangan meletakkan komputer atau laptopmu di atas karpet atau benda lunak lainnya yang dapat mengumpulkan panas.

7. Membiarkan Layar Komputer/Laptop Berantakan


Membiarkan Layar Komputer/Laptop Berantakan

Masih banyak orang melakukan kesalahan ini. Membuat dekstop mereka berantakan adalah salah satu masalahnya. Hal yang dimaksud dengan membuat dekstop mereka berantakan adalah membiarkan banyak aplikasi terpasang di komputer ataupun laptop.

Sebelum mendapatkan peringatan, sebaiknya segera hapus aplikasi tidak penting dari komputer dan laptopmu. Hati-hati, kesalahan dalam memasang aplikasi di dekstop bisa saja membuatmu diintai seseorang tanpa sadar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru