Eunhyuk Super Junior Sebut Trainee Zaman Sekarang Tak Sesusah Dulu?
Selebriti

Eunhyuk membandingkan pengalamannya sebagai trainee dengan trainee zaman sekarang.

WowKeren - Eunhyuk Super Junior menghadiri jumpa pers program survival "Under 19" Selasa (30/10) kemarin. Di acara tersebut, penyanyi kelahiran 1986 tersebut tampil sebagai performance director yang mementori para kontestan.

Dalam jumpa pers, Eunhyuk mengungkapkan kalau dirinya debut di usia 19 tahun. Pelantun "One More Time" tersebut kemudian mengungkapkan pengalamannya sebagai idol trainee di masa lalu.


"Saat aku mengenang hari-hariku sebagai trainee, sepertinya saran yang diberikan senior atau guruku menjadi sumber kekuatan yang sangat besar," kata Eunhyuk. "Aku akan melakukan yang terbaik untuk membantu (para kontestan) sambil memikirkan saat-saat itu. Aku ingin melakukannya dengan baik sehingga ini akan menjadi saat di mana aku menemukan kembali diriku saat aku melihat para kontestan."

Eunhyuk kemudian membicarakan bagaimana trainee zaman sekarang memiliki beragam cara untuk dipelajari daripada saat dirinya menjadi trainee dulu. Ia memberi contoh seperti trainee zaman sekarang belajar melalui video di YouTube, atau pergi ke berbagai tempat untuk belajar sendiri. Ia juga berkomentar bahwa menurutnya lingkungan di masa kini telah menjadi jauh lebih baik, karena para trainee dapat mengejar impian mereka bahkan tanpa agensi.

"Aku iri pada aspek-aspek itu," ujar Eunhyuk. "Tapi ada begitu banyak orang yang berlatih untuk menjadi idol dan memimpikan mimpi yang sama, itu lebih sulit bagi mereka karena persaingan telah menjadi jauh lebih sengit. Ada banyak calon idol yang sedang berlatih dan aku pikir itu menjadi era di mana mereka tidak hanya harus memiliki keterampilan, tetapi juga memamerkan warna dan kepribadian mereka yang unik. Aku sangat ingin tahu bagaimana calon idol di 'Under 19' akan tumbuh."

"Aku berharap mereka yang mungkin tersingkir di 'Under 19' tidak menyerah dan berpikir bahwa ini adalah akhir, tapi terus menghadapi tantangan baru sejak mereka masih remaja. (Aku ingin mereka tahu bahwa) bahkan jika mereka debut melalui program ini, itu bukanlah akhir, dan bahkan setelah debut masih banyak gunung untuk didaki. Aku ingin membantu mereka agar mereka tidak kehilangan tekad mereka," pungkas Eunhyuk.

You can share this post!

Related Posts
Loading...