Mata Bengkak dan Iritasi? Gunakan 10 Bahan Alami Ini untuk Mengobatinya
Health

Sakit mata memang cukup menggangu. 10 bahan alami ini terbukti dapat mengatasinya, lho.

WowKeren - Mengalami sakit mata tentu sangat mengganggu. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi pada selaput mata. Bagian terluar mata mengalami kontak dengan benda-benda seperti asap rokok, debu atau polusi kendaraan bermotor.

Saat mengalami kondisi ini, mata akan terasa nyeri dan merah. Selain itu, kalian pasti mengetahui bahwa sakit mata dapat menular. Jadi, penderita harus segera mengatasinya agar tidak berimbas pada orang lain.

Nah, untuk mengatasi sakit mata, kalian dapat menggunakan bahan-bahan alami, lho. Mau tahu? Coba simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Kompres Mata dengan Air Hangat


Kompres Mata dengan Air Hangat

Mengompres mata dengan air hangat dapat menjadi salah satu pertolongan pertama untuk mengobati sakit mata. Air hangat berguna untuk menenangkan dan mengurangi rasa sakit pada area mata. Selain itu, kuman atau bakteri yang menginfeksi juga akan menghilang.

Pengobatan ini sangat sederhana. Kalian hanya perlu menyiapkan air hangat dan handuk bersih. Masukkan handuk ke dalam air hangat dan kompres hingga tidak ada tetesan air. Letakkan pada mata selama beberapa menit hingga panas dari handuk menghilang. Jangan lupa untuk mengusap mata agar bersih dari kuman.

2. Gunakan Mentimun untuk Mengobati Sakit Mata


Gunakan Mentimun untuk Mengobati Sakit Mata

Mentimun dikenal ampuh untuk mengurangi bengkak pada mata. Bahan alami ini rupanya juga mampu mengobati sakit mata, lho. Karakter anti bakteri di dalamnya membuat mentimun dapat meringankan kemerahan pada mata.

Untuk penggunaannya sederhana saja. Kalian cukup mengiris mentimun. Usahakan tidak terlalu tebal. Letakkan pada mata yang sakit selama beberapa saat. Sebaiknya kalian memasukkan mentimun ke dalam kulkas terlebih dahulu untuk mendapatkan efek menenangkan.

3. Atasi Sakit Mata Memerah dengan Air Mawar


Atasi Sakit Mata Memerah dengan Air Mawar

Mawar merupakan jenis bunga yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Bunga ini juga sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Tak hanya itu, mawar juga bermanfaat untuk mengatasi sakit mata, lho.

Caranya sangat mudah. Kalian harus merendam bunga mawar beberapa menit dalam baskom berisi air bersih. Penggunaan air juga harus diperhatikan untuk menghindari bakteri. Kemudian masukkan wajah ke dalam baskom dan coba berkedip di dalam air. Lakukan secara rutin sekitar 3 kali sehari.

4. Ampas Teh Hijau Sebagai Kompres untuk Mata yang Iritasi


Ampas Teh Hijau Sebagai Kompres untuk Mata yang Iritasi

Manfaat teh hijau tidak perlu diragukan lagi. Ampas teh hijau dapat digunakan untuk meredakan iritasi mata, lho. Manfaat ini lantaran teh hijau mengandung bioflavonoid yang ampuh melawan infeksi virus, bakteri dan jamur. Selain itu, antioksidan di dalamnya juga mampu melawan radikal bebas atau polusi yang menyebabkan alergi.

Nah, penggunaannya hanya dengan mengompres ampas teh hijau yang sudah diseduh. Seduhannya dapat kalian minum terlebih dahulu. Jadi tidak ada bahan yang terbuang percuma.

5. Daun Sirih Terkenal untuk Mengobati Sakit Mata


Daun Sirih Terkenal untuk Mengobati Sakit Mata

Obat sakit mata yang sudah diketahui sejak lama adalah daun sirih. Kandungan di dalamnya seperti flavonoid, senyawa polevenolad, tanin, dan minyak atsiri mampu menenangkan dan membasmi kuman penyebab iritasi mata.

Untuk penggunaannya kalian perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirih. Kemudian rebus di dalam air hingga mendidih. Diamkan air rebusan tersebut hingga dingin lalu gunakan untuk merendam mata.

6. Manfaat Getah Daun Patikan Kebo untuk Mengobati Sakit Mata


Manfaat Getah Daun Patikan Kebo untuk Mengobati Sakit Mata

Kalian mungkin asing dengan nama daun patikan kebo. Getah dari daun ini ampuh untuk mengatasi sakit mata, lho. Penggunaannya juga juga mudah. Kalian hanya perlu memetik daun patikan kepo kemudian ambil bagian getahnya. Oleskan pada area mata secara rutin sekitar 2 hingga 3 kali sehari.

7. Gunakan Minyak Kelapa untuk Mengusir Sakit Mata


Gunakan Minyak Kelapa untuk Mengusir Sakit Mata

Minyak kelapa mengandung asam larutan dan asam kaprilat yang dapat mengatasi infeksi bakteri dan jamur penyebab iritasi. Jadi, bakal ampun banget untuk mengobati sakit mata. Bahan alami satu ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi dapat bekerja keras mengurangi iritasi.

Cara menggunakannya sangat mudah, kok. Celupkan kapas ke dalam minyak kelapa. Kemudian oleskan pada kelopak mata yang sakit. Selain itu, kalian bisa menjadikannya sebagai kompres agar lebih efektif.

8. Lidah Buaya untuk Mengobati Sakit Mata


Lidah Buaya untuk Mengobati Sakit Mata

Menurut penelitian dalam jurnal Pharmaceutical Biology menyebutkan bahwa ekstrak lidah buaya baik untuk meredakan infeksi di bagian mata. Kandungan aloin dan amodin dalam lidah buaya bisa membantu meringankan mata bengkak dan gatal.

Masih sama dengan bahan alami lainnya. Kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada sekeliling dan kelopak mata yang mengalami iritasi. Hindari mengoleskannya langsung ke permukaan mata, ya.

9. Iritasi Mata dapat Disembuhkan dengan Kunyit


Iritasi Mata dapat Disembuhkan dengan Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang berguna untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi mata. Pastikan kalian tidak memiliki alergi sebelum menggunakan kunyit sebagai obat sakit mata, ya.

Untuk penggunaannya, kalian perlu menghaluskan kunyit terlebih dahulu. Kemudian campur kunyit dengan air hangat. Masukkan kain bersih ke dalam air kunyit tersebut lalu kompres pada area mata yang sakit.

10. Kentang Ampuh Redakan Mata Merah dan Bengkak


Kentang Ampuh Redakan Mata Merah dan Bengkak

Kalian mungkin tidak menyangka kentang dapat mengobati sakit mata. Kentang rupanya mampu mencegah pembengkakan pada mata, mengurangi mata merah, irirtasi hingga sakit mata karena bakteri dan virus.

Kalian hanya perlu mengiris kentang tipis dan menempelkannya pada mata, lho. Selain itu, alternatif lain yakni dengan menghaluskan kentang dan memasukkannya ke dalam kain tipis sebagai kompresan. Kemudian letakkan pada mata yang sakit selama beberapa menit. Usapkan juga agar bakteri dan kuman dapat mati.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait