Tak Hanya Membersihkan Tangan, Ini 8 Life Hack Memanfaatkan Hand Sanitizer
Lifestyle

Nah, selain menjaga kebersihan tangan, hand sanitizer juga memiliki kegunaan lain yang belum banyak diketahui, lho.

WowKeren - Hand sanitizer merupakan solusi sabun cuci tangan yang praktis. Benda ini berupa sebuah gel yang kini dibawa kemana-mana oleh sebagian orang untuk memudahkan menjaga kebersihan tangan saat kita kesulitan menemukan air.

Bahan dari hand sanitizer sendiri adalah alkohol misalnya etanol, sebagai zat aktif yang bekerja sebagai antiseptik. Biasanya ada juga produk yang menggunakan air, pewangi serta gliserin.


Perlu kalian ketahui bahwa hand sanitizer dengan bahan dasar alkohol umumnya dapat mencegah bakteri dan virus, terutama yang menyebabkan flu dan batuk. Namun, tetap saja penggunaan hand sanitizer hanya sebagai tambahan, ya. Jika ada air dan sabun, kalian lebih baik memakainya.

Nah, selain menjaga kebersihan tangan, hand sanitizer juga memiliki kegunaan lain yang belum banyak diketahui, lho. Mulai dari menghapus tinta permanen, membersihkan noda, kuas makeup dan masih banyak lagi. Simak lengkapnya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Hand Sanitizer Dapat Hilangkan Tinta Spidol Permanen


Hand Sanitizer Dapat Hilangkan Tinta Spidol Permanen

Pernah salah menggunakan tinta spidol permanen di papan tulis? Hal ini tentu sangat menjengkelkan, apalagi jika tulisannya sangat banyak hampir penuh di papan tulis. Biasanya, para siswa mengakali masalah tersebut dengan menimpa tinta tersebut dengan spidol biasa.

Cara tersebut tentu sangat tidak efektif karena membutuhkan waktu lama. Nah, ada cara yang lebih cepat, yakni dengan menggunakan hand sanitizer. Kalian cukup mengambil hand sanitizer pada tisu atau kain lap. Kemudian usapkan pada tinta permanen tersebut. Selain di papan tulis, hand sanitizer dapat mengatasi tinta permanen yang menempel pada kulit.

2. Menghilangkan Bekas Lem yang Merekat pada Suatu Benda


Menghilangkan Bekas Lem yang Merekat pada Suatu Benda

Saat mencabut label kertas pada suatu barang, biasanya akan terdapat sisa lem yang masih menempel. Sisa lem tersebut membuat barang seperti botol selai tampak tak bagus, padahal kalian ingin memanfaatkannya sebagai vas atau apapun.

Hand sanitizer juga dapat membantu kalian mengatasi hal itu. Cukup balurkan hand sanitizer pada sisa lem yang terasa lengket. Kemudian gosok-gosok sedikit dan hingga lem tersebut luntur.

3. Menghilangkan Bekas Luka Goresan dengan Cepat


Menghilangkan Bekas Luka Goresan dengan Cepat

Punya bekas luka goresan yang sulit dihilangkan? Banyak orang yang menyarankan untuk menggunakan lotion agar bekas luka segera hilang. Sama seperti lotion, hand sanitizer juga memiliki manfaat yang sama, lho. Kalian dapat mengoleskan cairan hand sanitizer pada goresan luka secara rutin. Namun, pastikan luka telah sembuh, ya.

4. Gunakan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Toilet Duduk dari Bakteri


Gunakan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Toilet Duduk dari Bakteri

Banyak ahli yang menyarankan untuk tidak menggunakan toilet duduk di tempat umum karena dapat menularkan bakteri. Hal ini tentu sangat menyulitkan apabila kalian sudah tidak dapat menahan buang hajat namun hanya ada toilet duduk di lokasi tersebut.

Dalam kondisi mendesak seperti itu, kalian dapat memanfaatkan hand sanitizer untuk membersihkan toilet duduk. Cara ini cukup untuk meminimalisir bakteri yang ada di toilet duduk.

5. Menghilangkan Noda Makeup di Pakaian


Menghilangkan Noda Makeup di Pakaian

Noda makeup seperti lipstik cukup sulit dihilangkan jika menempel pada pakaian. Saat seperti itu lah hand sanitizer akan sangat berguna. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan hand sanitizer pada noda riasan tersebut, kemudian tambahkan air sedikit lalu kucek agar hasilnya maksimal. Setelah itu, bilas lagi menggunakan air bersih, ya.

6. Hand Sanitizer Akan Meredakan Gatal Bekas Gigitan Nyamuk


Hand Sanitizer Akan Meredakan Gatal Bekas Gigitan Nyamuk

Kalian mungkin tidak menyangka bahwa hand sanitizer dapat mengatasi rasa gatal yang timbul akibat gigitan nyamuk. Cukup oleskan hand sanitizer dan rasa gatal itu akan segera mereda. Rasa gatal yang timbul sering kali memicu kita untuk menggaruk dan berakhir menyebabkan iritasi.

7. Bersihkan Kuas Makeup dengan Hand Sanitizer


Bersihkan Kuas Makeup dengan Hand Sanitizer

Kebersihan kuas makeup perlu dijaga agar tidak menimbulkan masalah pada kulit. Seperti kalian ketahui, aplikator riasan yang kotor memicu timbulnya jerawat dan komedo. Nah, untuk itu kalian perlu rajin membersihkannya.

Zaman sekarang, banyak produk yang dapat membantu kalian melakukan hal tersebut. Mulai dari cairan atau alat khusus dengan tenaga baterai yang ampuh mengusir kotoran dari kuas makeup. Daripada mengeluarkan uang banyak, kalian bisa menggnakan hand sanitizer, lho. Cukup basahi kuas makeup dengan air, kemudian beri hand sanitizer, kucek lembut dan bilas hingga bersih.

8. Hand Sanitizer dapat Membersihkan Kacamata atau Cermin agar Mengkilap


Hand Sanitizer dapat Membersihkan Kacamata atau Cermin agar Mengkilap

Tips untuk memanfaatkan hand sanitizer yang terakhir adalah sebagai cairan pembersih kacamata dan cermin. Hand sanitizer terbukti ampuh untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada kacamata. Selain itu, kacamata dan cermin kalian bisa lebih mengkilap.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait