Tak Perlu Perawatan Mahal, Gunakan Madu untuk Mengatasi 8 Masalah Kulit Ini
Lifestyle

Mulai dari mengatasi jerawat hingga menghilangkan bekas luka, simak manfaat madu untuk kecantikan berikut ini.

WowKeren - Madu merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Khasiat madu sudah tidak perlu diragukan lagi, deh. Saking bermanfaatnya, banyak nih oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan madu dan membuat banyak orang tertipu.

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utama pembuatannya, kan? Daripada menggunakan produk mahal yang terbuat dari madu, mengapa tidak menggunakan bahan yang asli? Manfaatnya sama saja kok, malah madu asli tidak mengandung bahan kimia apapun yang tentunya lebih aman.

Lalu, apa saja sih manfaat madu untuk kulit? Simak lengkapnya di sini, ya.

(wk/nris)

1. Madu dapat Mencerahkan Kulit


Madu dapat Mencerahkan Kulit

Kulit wajah atau bagian-bagian tubuh yang sering terkena matahari biasanya akan menjadi lebih gelap dari area lainnya. Hal ini membuat kulit wajah tidak merata dan kusam. Umntuk mengatasinya, kalian dapat menggunakan madu sebagai eksfoliator, lho.

Campurkan madu dengan minyak kelapa dan gula sebagai scrub hingga mengental. Jangan terlalu cair agar mudah diaplikasikan. Kemudian oleskan pada wajah dan kulit yang kusam sambil dipijat perlahan. Madu dan gula akan mengangkat sel-sel kulit yang yang membuat kulit kusam. Jika kalian melakukan hal kegiatan ini secara rutin sekitar 2 kali seminggu, dijamin wajah akan segera cerah dan berish.

2. Gunakan Madu untuk Melembapkan Kulit Kering


Gunakan Madu untuk Melembapkan Kulit Kering

Kulit kering merupakan salah satu masalah wajah yang menyebalkan. Selain karena membuat tampilan make up tidak maksimal, kulit kering juga terkadang menyebabkan rasa perit saat terkelupas atau menggunakan produk perawatan wajah.

Untuk menngatasi kulit kering tidak ada cara lain selain menghidrasi kulit dari dalam maupun luar. Nah, madu dapat digunakan untuk menghidrasi kulit dari luar karena memilikikandungan yang mampu mengikat air sehingga wajah akan menjadi lembap.

Cara penggunaannya mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan madu pada area wajah yang kering. Oleskan tipis-tipis agar tidak menetes pada baju. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal, ya.

3. Mengatasi Jerawat Membandel dengan Madu


Mengatasi Jerawat Membandel dengan Madu

Jerawat biasanya disebabkan karena bakteri dan kotoran yang terdapat dalam pori-pori wajah. Untuk membersihkannya, kalian dapat memanfaatkan kandungan yang terdapat dalam madu yakni antibakteri. Kandungan tersebut dapat mengurai bakteri penyebab jerawat di wajah. Selain itu, madu juga mengandung anti-inflamasi yang mengurangi radang dan iritasi.

Untuk menggunakan madu sebagai obat jerawat sangat mudah. Oleskan madu murni pada area yang terdapat jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu belas dengan air hangat. Kalian juga dapat mencampurkan madu dengan kayu manis terlebih dahulu.

4. Cegah Keriput dan Tanda Penuaan Dini Lainnya Menggunakan Madu


Cegah Keriput dan Tanda Penuaan Dini Lainnya Menggunakan Madu

Bagi kalian yang sudah mulai berumur, sepertinya masu akan sangat berguna. Madu rupanya dapat mengatasi masalah penuaan dini seperti kerutan di wajah karena berperan sebagai anti oksidan yang melindungi dari pengaruh buruk radikal bebas.

Nah, untuk menggunakan madu, kalian membutuhkan bantuan dari air perasan lemon. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah hingga leher selama kurang lebih 15 menit. Bilas hingga berish dan ulangi secara rutin, ya.

5. Madu dapat Menenangkan Kulit yang Terbakar Matahari


Madu dapat Menenangkan Kulit yang Terbakar Matahari

Madu mengandung anti-inflammatory yang diyakini mampu mengatasi kemerahan pada kulit akibaty terbakar sinar matahari. Manfaat ini bakal cocok banget buat kalian yang ingin menyegarkan diri usai beraktivitas seharian di luar ruangan saat cuaca panas.

Penggunaannya mudah kok. Kalian hanya perlu mencampurkan madu dengan gel lidah buaya. Kemudian oleskan pada wajah yang memerah. Sebelumnya, kalian bisa memasukkan campuran tersebbut ke dalam kulkas agar mendapatkan sensasi dingin.

6. Pori-Pori Wajah akan Mengecil Karena Madu


Pori-Pori Wajah akan Mengecil Karena Madu

Selain manfaat yang diatas, madu juga dapat mengecilkan pori-pori. Enzim yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori sehingga akan tampak mengecil. Untuk menggunakannya, kalian bisa mencampurkan terlebih dahulu madu dengan minyak kelapa. Kemudian pijat wajah dengan campuran tersebut dengan gerakan memutar. Lalu bilas dengan air hangat.

7. Madu dapat Melembapkan dan Memerahkan Bibir


Madu dapat Melembapkan dan Memerahkan Bibir

Madu tak hanya dapat melembapkan kulit wajah dan tubuh, namun juga bibir, lho. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah kalian dapat mengoleskan madu pada bibir secara tipis setiap hari secara rutih.

Nah, manfaatnya pun tak hanya berhenti di situ, madu juga akan memerahkan bibir kalian secara alami. Selain madu, masih ada beberapa bahan alami yang cocok untuk memerahkan bibir, simak di sini.

8. Manfaat Madu untuk Menghilangkan Bekas Luka


Manfaat Madu untuk Menghilangkan Bekas Luka

Adanya bekas luka di bagian tubuh terkadang membuat kita tidak percaya diri. Kalian bisa mengatasinya dengan madu, lho. Kandungan anti-inflamasi dan antibakteri di dalam madu dapat mengurangi bekas luka pada kulit serta membantu jaringan untuk regenerasi.

Selain bekas luka, stretch mark juga bisa hilang dengan madu. Kalian hanya perlu mencampurkannya dengan bahan seperti kunyit, cinnamon, pala, dan lemon. Oleskan serta pijat lembut campuran tersebut secara rutin pada stretch mark atau bekas luka secara rutin. Nah, berikut juga terdapat cara ampuh untuk menghilangkan stretch mark, simak di sini.

Madu juga memiliki banyak manfaat untuk rambut, lho. Mulai dari mengatasi rambut rontok, menghilangkan kutu dan ketombe, menebalkan rambut dan masih banyak lagi. Kalian bisa mencari tahu di sini .

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait