Terungkap, Ini Langkah-Langkah untuk Baca Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus
YouTube/ syam kapuk
Tekno

Sukia kepo sama pesan WhatsApp yang dihapus padahal kalian belum sempat baca? Nah, cari tahu di sini untuk membacanya kembali.

WowKeren - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi obrolan yang populer digunakan saat ini. Aplikasi tersebut memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna aktif, lho. Penggunanya juga beragam mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Memilik banyak saingan, WhatsApp tentu kerap menghadirkan fitur-fitur baru agar tak kalah dari aplikasi obrolan lainnya. Fitur yang dimiliki aplikasi ini terbilang cukup menarik, yakni GIF, stiker, berbagi file, video call beramai-ramai hingga status WhatsApp tempat pengguna membagikan video singkat.


Nah, salah satu fitur WhatsApp yang cukup membantu adalah menghapus pesan yang telah dikirim. Fitur ini telah dirilis sejak Oktober 2017 silam dengan dua opsi. Opsi pertama, "Delete for me" di mana pesan tidak akan terlihat pada tampilan WhatsApp kalian saja. Kedua, "Delete for everyone" yang artinya menghapus pesan pada tampilan di penerima juga.

Namun, aplikasi ini membuat pesan memiliki jejak setelah dihapus berupa tulisan "Pesan ini telah dihapus". Hal tersebut terkadang membuat kalian penasaran, kan?

Jangan khawatir, saat ini telah terdapat aplikasi yang memungkinkan kita membaca pesan yang telah dihapus tersebut, lho. Aplikasi tersebut bernama WhatsRemoved. Yuk Lihat cara pakainya di bawah ini.

1. Unduh Aplikasi WhatsRemoved


Unduh Aplikasi WhatsRemoved

Hal pertama yang harus kalian lakukan tentunya mengunduh aplikasi WhatsRemoved di Google Play Store. Perlu kalian ketahui bahwa aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna ponsel berbasis Android. Jadi, para pengguna iOS harus bersabar, ya.

2. Izinkan Aplikasi WhatsRemoved Mengakses Media di Ponsel


Izinkan Aplikasi WhatsRemoved Mengakses Media di Ponsel

Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi dan kalian akan menemukan permintaan izin dari WhatsRemoved. Klik "Allow" atau "Izinkan" agar aplikasi dapat mengakses foto, media dan file yang terdapat dalam ponsel.

3. Permintaan 'Notification Listener Service'


Permintaan 'Notification Listener Service'

Setelah itu, akan muncul "Notification Listener Service". Klik "Yes" atau "Ya" untuk membuka halaman "Akses Pemberitahuan".

4. Langkah Terakhir dan Aplikasi Siap Digunakan


Langkah Terakhir dan Aplikasi Siap Digunakan

Ketika halaman "Akses Pemberitahuan" sudah muncul, tekan tulisan "Read Notification Data". Kemudian klik "Allow" atau "Izinkan" pada pemberitahuan yang muncul. Dengan begitu kalian siap menggunakan aplikasi tersebut. Namun, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi pesan WhatsApp terlebih dahulu, ya.

5. Begini Tampilan Pesan yang Telah Dihapus


Begini Tampilan Pesan yang Telah Dihapus

Nah, jika ada pesan yang dihapus, WhatsRemoved akan mendeteksinya. Kalian hanya perlu mengetuk notifikasi dari aplikasi tersebut dan pesan yang sudah dihapus dapat terbaca kembali. Mudah, bukan?

6. Aplikasi Lainnya yang Dapat Membaca Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus


Aplikasi Lainnya yang Dapat Membaca Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus

Tak hanya WhatsRemoved, terdapat dua aplikasi lain yang juga membatu kalian untuk membaca pesan WhatsApp yang telah dihapus. Mereka adalah aplikasi Notification History dan Recent Notification. Keduanya juga tersedia di Google Play Store secara gratis, lho.

Selain membaca pesan WhatsApp yang telah dihapus, banyak aplikasi keren yang membantu keseharian kalian. Sebut saja aplikasi penghitung kalori yang cocok bagi yang tengah berusaha menurunkan berat badan, simak di sini. Lalu ada aplikasi dapat pas diunduh untuk memudahkan traveling, cari tahu di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...