10 Masker dari Bahan Alami untuk Membuat Wajah Mulus Tanpa Bruntusan, Komedo dan Jerawat
Lifestyle

Masalah kulit bertekstur seperti yang telah disebutkan harus diatasi dengan benar, bukan hanya ditutupi.

WowKeren - Tekstur wajah merupakan hal yang sangat penting agar makeup terlihat tanpa cacat. Memiliki jerawat, bruntusan, komedo, bopeng, milia dan lainnya membuat seseorang tidak percaya diri saat mengenakan make up. Apalagi jika masalah kulit tersebut sangat sulit ditututpi.

Masalah kulit bertekstur seperti yang telah disebutkan harus diatasi dengan benar, bukan hanya ditutupi. Kalian harus mengatasi masalah tersebut dari akarnya, yakni dengan menghilangkan bruntusan, jerawat komedo dan lainnya dari wajah.

Bagi yang memiliki budget lebih, kalian bisa membeli beberapa produk perawatan wajah asal Korea selatan yang ampuh membuat wajah mulus, simak di sini. Namun, bagi yang ingin alami-alami saja tak perlu khawatir. Berikut terdapat 10 masker dari bahan alami yang kerap digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan tentunya menghaluskan wajah.

(wk/nris)

1. Gunakan Masker Kulit Jeruk dan Lemon untuk Menghaluskan Wajah


Gunakan Masker Kulit Jeruk dan Lemon untuk Menghaluskan Wajah

Jeruk dan lemon merupakan buah yang penuh dengan vitamin C. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Nah, kalau untuk urusan menghaluskan, kalian bisa serahkan pada kulit jeruk. Perlu kalian ketahui bahwa kulit jeruk memiliki lebih banyak vitamin C, lho.

Nah, usai makan jeruk, jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya. Kalian bisa menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan perasan air lemon pada tumbukan kulit jeruk yang telah halus hingga menjadi pasta. Oleskan secara rata pada kulit wajah dan diamkan hingga sekitar 30 menit.

Masker kulit jeruk dan perasan lemon tersebut bermanfaat untuk menghaluskan wajah serta menghilangkan noda seperti bintik-bintik hitam. Selain itu, kadar antioksidan di dalamnya akan membantu kulit memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Masker Alpukat dan Madu Bantu Hilangkan Bruntusan


Masker Alpukat dan Madu Bantu Hilangkan Bruntusan

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan otak, mengurangi resiko penyakit jantung, mengontrol gula darah dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa simak di sini.

Selain kesehatan, alpukat juga memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit wajah, nih. Hal tersebut lantaran buah ini memiliki vitamin C, zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal dan halus. Selain itu, alpukat juga mengandung karotenoid anti-oksidan dan vitamin C yang melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini.

Nah, penggunaan alpukat harus disertai dengan madu agar menjadi masker yang sempurna. Madu merupakan bahan alami yang memiliki nutrisi lengkap seperti vitamin, mineral, antioksidan dan lainnya. Kandungan itu dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi. Seperti diketahui salah satu penyebab bruntusan, jerawat dan komedo adalah sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Untuk membuatnya, kalian hanya perlu mencampurkan alpukat yang telah dihaluskan dengan madu. Oleskan masker alpukat secara merata pada wajah dan diamkan selama sekitar 30 menit. Bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Jangan lupa lakukan hal ini secara rutin, ya.

3. Gunakan Masker dari Tomat untuk Membuat Wajah Mulus


Gunakan Masker dari Tomat untuk Membuat Wajah Mulus

Masalah tekstur wajah tidak hanya bruntusan, jerawat dan komedo, namun juga pori-pori yang besar. Untuk masalah satu ini, kalian bisa menggunakan masker tomat lantaran berguna sebagai anti-oksidan yang dapat melawan radikal bebas. Manfaat tersebut akan menjauhkan kulit dari jerawat, kulit kering, kusam dan pori-ori juga mengecil.

Membuat masker tomat sangat mudah. Cukup haluskan tomat kemudian oleskan pada wajah. Untuk hasil maksimal, kalian dapat mencampurkannya dengan bubuk kopi yang telah diseduh sebagai scrub. Kopi akan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori.

4. Masker Pepaya dapat Atasi Masalah Kulit Tak Mulus


Masker Pepaya dapat Atasi Masalah Kulit Tak Mulus

Bahan alami selanjutnya adalah pepaya. Buah tropis ini mengandung enzim papain yang dapat membantu meremajakan kulit untuk mengganti kulit mati pada wajah. Hal ini akan membuat proses regenerasi kulit berjalan dengan baik.

Pemanfaatan pepaya sebagai masker bisa kalian lakukan dengan mencampurkan minyak zaitun. Jenis minyak satu ini bermanfaat juga untuk menghaluskan wajah dan menjaga kandungan air agar tidak cepat keriput dengan zat linoleic acid di dalamnya. Cukup campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta. Lakukan langkah-langkah seperti menggunakan masker biasanya.

5. Masker Pisang dan Yogurt Baik untuk Kulit Beruntusan


Masker Pisang dan Yogurt Baik untuk Kulit Beruntusan

Pisang tak hanya banyak digunakan untuk mengatasi sembelit. Selain itu, pisang rupanya memiliki banyak manfaat juga untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk menghaluskan tekstur wajah. Pisang mengandung vitamin C yang sangat diperlukan utnuk produksi kolagen, melawan radikal bebas dan mengontrol minyak berlebih di wajah. Kandungan-kandungan tersebut juga yang dapat menghaluskan wajah.

Pembuatan masker pisang, perlu dicampur dengan yogurt. Makanan fermentasi ini mengandung kalsium dan zinc yang sangat penting untuk membuat wajah tetap lembap dan mengatasi berbagai masalah kulit. Cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan pisang dan tambahkan yogurt secukupnya hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah secara merata kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

6. Masker Timun, Menyegarkan dan Bermanfaat


Masker Timun, Menyegarkan dan Bermanfaat

Kalian pasti pernah menggunakan mentimun untuk mengompres mata bengkak, kan? Rupanya, mentimun yang kaya akan mineral dan vitamin bermanfaat unttuk menghaluskan kulit wajah, lho. Selain itu, buah satu ini juga dapat mencerahkan wajah dan menghambat pigmentasi kulit.

Untuk menggunakan mentimun sebagai masker, kalian tidak perlu menghaluskannya. Cukup dengan memarut timun menjadi serutan-serutan kecil. Aplikasikan pada seluruh wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih.

7. Masker Campuran Putih Telur, Jeruk Nipis dan Madu


Masker Campuran Putih Telur, Jeruk Nipis dan Madu

Putih telur merupakan bahan alami yang dipercaya dapat mengenyalkan wajah serta mencerahkan kulit lantaran memiliki protein dan sumber mikronutrien di dalamnya. Sedangkan jeruk nipis yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C membantu kulit agar terhindari dari jerawat, mengatasi minyak berlebih, mencerahkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan terakhir, madu berfungsi melembapkan wajah dan membuat wajah halus dengan mengangkat sel-sel kulit mati.

Tiga bahan di atas, merupakan kombinasi yang tepat untuk mengatasi tekstur kulit yang tidak mulus. Penggunaannya cukup dengan mencampurkan putih telur, madu dan perasan jeruk nipis. Oleskan secara rata pada wajah kemudian bilas setelah didiamkan selama sekitar 30 menit.

8. Scrub Gula Pasir dan Jeruk Nipis Mampu Atasi Bruntusan


Scrub Gula Pasir dan Jeruk Nipis Mampu Atasi Bruntusan

Cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah tekstur kulit adalah scrub. Kalian dapat membuat scrub dari gula pasir dan jeruk nipis. Campuran kedua bahan tersebut dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara maksimal hingga kulit menjadi halus. Eits, namun jangan gunakan scrub ini saat kalian sedeng berjerawat, ya.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Kemudian gosokkan pada wajah secara perlahan. Pijat wajah dari bawah ke atas agar kulit tidak kendur. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

9. Scrub Kopi dan Gula Pasir Bantu Menghaluskan Kulit


Scrub Kopi dan Gula Pasir Bantu Menghaluskan Kulit

Selain dicampur dengan jeruk nipis, kalian bisa membuat scrub gula pasir dan kopi. Kopi juga menjadi scrub yang baik untuk menghaluskan wajah yang bersisik atau kulit kering hingga mengelupas. Selain itu, kandungan caffein acid di dalamnya juga dapat meningkatkan produksi kolagen.

Sama seperti sebelumnya, kalian harus mencampurkan kedua bahan tersebut. Khusus satu ini, kalian dapat menambahkan minyak zaitun agar menjadi kental. Kemudian aplikasikan ke seluruh wajah sembari pijat halus agar scrub dapat mengangkat kulit mati secara maksimal.

10. Atasi Kulit Bruntusan dengan Masker Tepung Beras


Atasi Kulit Bruntusan dengan Masker Tepung Beras

Masker alami terakhir adalah yang terbuat dari tepung beras. Lantaran terbuat dari beras asli, tentu tepung ini memiliki kandungan yang sama, yakni karbohidrat, zat besi, kalsium, protein dan vitamin C. Berbagai kandungan tersebutlah yang dapat membantu membuat wajah lebih mulus, kencang, cerah dan noda hitam tersamarkan.

Penggunaan tepung beras, yaitu dengan melarutkan tepung tersebut dalam air hingga mengental. Oleskan secara merata pada wajah. Tunggu hingga mengering sebelum di bilas, ya.

Selain untuk menghaluskan wajah, terdapat 8 bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit kusam. Simak di sini untuk mengetahuinya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait