Cari Tahu Penyebab Jatuhnya Pesawat, KNKT Keringkan CVR Lion Air JT 610 Sebelum Analisa
Instagram/knkt_ri
Nasional

Proses pengeringan harus dilakukan secara hati-hati agar kondisi memori tetap bagus.

WowKeren - Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air JT 610 PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang akhirnya berhasil ditemukan. Untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) perlu melakukan analisa terhadap CVR tersebut.

Meski demikian, analisa tak bisa langsung dilakukan begitu saja. Namun, harus melalui tahapan-tahapan tertentu.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, menyebutkan bahwa CVR sudah dibawa ke laboratorium pada Senin (14/1). Selanjutnya, yang perlu dilakukan oleh pihak KNKT adalah melepas modul memori ada di dalam case protection box.

"Tadi malam sudah kita bawa ke laboratorium," kata Soerjanto di Gedung KNKT, Jakarta Pusat pada Selasa (15/1). "Dan pagi ini kita sudah mulai proses untuk pelepasan memory module yang di dalam CSMU (Crash Surviveable Memory Unit) atau case protection box."

Soerjanto menjelaskan bahwa setelah mengambil chip memori, langkah yang dilakukan adalah pembersihan. Untuk membersihkan, diperlukan peralatan khusus. Setelah itu baru proses pengeringan.


"Jadi pagi ini kita mulai mengambil memory chip-nya terus selanjutnya kita membersihkan," lanjut Soerjanto. "Ada cara-cara membersihkan, kita punya peralatannya. Setelah itu kita keringkan."

Proses pengeringan pun juga tidak boleh dilakukan sembarangan, tetapi harus merata. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerusakan pada chip tersebut. Caranya lanjut Soerjanto, yakni dengan metode vakum khusus.

"Nah pengeringan ini khusus, seperti kayak diangetin, tapi ruangannya dikeringkan, divakum," papar pria yang pernah menempuh pendidikan di ITB tersebut. "Tapi tidak divakum kayak disedot, tapi memang ada cara pengeringan khusus agar tingkat pengeringannya seragam seluruh permukaan, untuk menghindarkan memory chip-nya ini agar tidak crack atau apapun itu."

Proses pengeringan harus benar-benar dilakukan sesuai prosedur agar kondisi chip tidak mengalami kerusakan sama sekali. Sebab menurut Soerjanto, tak sedikit publik yang menanti apa penyebab jatuhnya pesawat. chip yang sudah dikeringkan akan dipasang pada golden case.

"Jadi kita benar-benar harus step-step-nya sudah sesuai dengan prosedur," imbuh Soerjanto. "Terus setelah kita keringkan nanti memori chip-nya ini akan kita pasang pada module atau chasing yang bagus atau kita sebut golden case."



(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel