Prabowo Tuai Kritikan Usai Sebut Jawa Tengah Lebih Luas Dari Malaysia di Debat Pilpres 2019
Nasional

Prabowo menyinggung soal rendahnya gaji gubernur yang dinilai tidak realistis dengan luas wilayah yang menjadi daerah kepemimpinannya.

WowKeren - Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia berlangsung meriah pada Kamis (17/1) kemarin. Debat perdana yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan ini dimoderatori oleh Ira Koesno dan Imam Priyono. Untuk tema yang diangkat dalam debat kali ini adalah mengenai hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

Usai debat, beberapa pujian dan kritikan disampaikan untuk masing-masing paslon. Kendati demikian, salah satu kritikan diberikan kepada Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Pada saat itu, ia memberikan pernyataan yang cukup menjadi perdebatan publik. Prabowo menyatakan bahwa luas wilayah Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia.

Prabowo pada saat itu tengah menyinggung perihal gaji gubernur yang tidak realistis. Padahal, daerah kepemimpinannya sangatlah luas. "Kemudian dia mengelola provinsi, umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar, ini hal-hal yang tidak realistis," ujar Prabowo dalam debat pilpres yang berlangsung pada Kamis (17/1) malam kemarin.

Sontak, pernyataan pasangan Sandiaga Uno ini langsung menjadi buah bibir. Beberapa warganet memberikan bukti mengenai wilayah Jawa Tengah yang tak lebih besar dari wilayah Malaysia.


Dilansir Detik dari Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Tengah memiliki luas 32.544, 12 kilometer persegi. Provinsi Jawa Tengah memiliki 29 Kabupaten dan juga 6 kota.

Sementara itu, luas Malaysia hingga tahun 2016 adalah 330.354 kilometer persegi. Melihat fakta, Malaysia memiliki luas wilayah hampir 10 kali luas wilayah Jawa Tengah.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel