Ma'aruf Amin Hemat Bicara di Debat Pilpres 2019, Jusuf Kalla: Wakil Memang Begitu
Nasional

Jusuf Kalla juga menilai paslon nomor urut 01 lebih siap dalam menghadapi debat yang berlangsung pada Kamis (17/1) kemarin.

WowKeren - Jelang Pemilu Presiden yang akan dilangsungkan bulan April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar serangkaian debat pilpres. Debat perdana dilangsungkan pada Kamis (17/1) kemarin. Dihadiri oleh kedua pasangan calon, yakni Joko Widodo-Ma'aruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, acara berlangsung meriah.

Masing-masing paslon mengemukakan gagasan mereka yang berhubungan dengan tema debat malam itu, yakni mengenai hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme. Kendati demikian, peran Ma'aruf Amin cukup mendapatkan sorotan lantaran dirinya dinilai tak banyak bicara.

Hematnya gagasan Ma'aruf Amin ini mendapatkan perhatian dari Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla. Menurutnya, Ma'aruf yang tak banyak bicara dalam debat yang dimoderatori Ira Koesno dan Imam Priyono tersebut adalah hal yang wajar.


Pria yang akrab disapa JK ini juga menjelaskan mengenai kewajaran Ma'aruf lebih banyak diam dan menyerahkan jawaban kepada Capresnya. "Kan (Ma'ruf Amin) berbicara juga tadi. Walaupun ya memang, wakil selalu begitu. Maklum nomor satu (presiden) lebih banyak (berbicara) dari nomor dua (wakil presiden)," ujar Jusuf Kalla di Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (17/1) kemarin.

Selebihnya, Jusuf Kalla juga memberikan pendapatnya mengenai kesiapan kedua paslon. Wakil Presiden Indonesia ini menilai bahwa paslon nomor urut 01 lebih siap dalam menghadapi debat. "Jadi di debat yang pertama ini kita lihat pasangan calon nomor satu, Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin lebih siap," tegas Jusuf Kalla.

Saling serang antara kedua Capres dan Cawapres terlihat dalam debat yang dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan tersebut. Salah satu momen yang berhasil menjadi sorotan adalah ketika Jokowi menyinggung perihal hoaks Ratna Sarumpaet yang melibatkan nama Prabowo.

Setelah debat perdana yang dilangsungkan pada Kamis (17/1), Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih akan menggelar beberapa acara debat lainnya. Untuk jadwal debat kedua akan dilangsungkan pada 17 Februari 2019 mendatang.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru