Begini Penampakan Desain Masjid Hasil Karya Ridwan Kamil yang Akan Dibangun di Gaza Palestina
Instagram/ridwankamil
Nasional

Selain itu, Emil mengajak seluruh warga Indonesia, khususnya Jawa Barat untuk berkontribusi dengan menyisihkan dana untuk pembangunan masjid dengan dua lantai tersebut.

WowKeren - Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan desain masjid untuk Gaza, Palestina pada Minggu (27/1). Desain buatan gubernur yang juga merupakan arsitek ini dititipkan ke organisasi Aman Palestina untuk kemudian dilakukan sosialisasi penggalangan dana pembangunan masjid.

"Kita ada aspirasi dari masyarakat Gaza Palestina karena masjidnya hancur akibat peperangan," kata gubernur yang akrab disapa Emil ini. "Ini inisiatif Aman Palestin memberikan gagasan bagaimana kalau kita rakyat Indonesia minimal Jawa Barat, untuk melakukan 'udunan'. Bagaimana kita bisa memberikan bantuan membangun kembali masjid yang hancur itu."

Emil juga menyebutkan bahwa desain tersebut merupakan pilihan warga di sana. Mereka memilih desain kubah dari empat opsi yang diperlihatkan Emil.

Lihat postingan ini di Instagram

MASJID GAZA PALESTINA sumbangan rakyat Indonesia 🇮🇩 , dengan desain hasil pilihan dan kesepakatan warga Gaza sudah difinalisasi. Mari wujudkan pembangunannya dengan shadaqoh penuh semangat ukhuwah kita. Resmi diluncurkan di Masjid Salman ITB esok ba'da subuh. Semangat. Hatur nuhun. cc @amanpalestin_id

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ridwan Kamil (@ridwankamil) pada


"Konsepnya lima kubah utama yang menyimbolkan rukun Islam," katanya. Dinding masjid menggambarkan relief Asmaul Husna. Selain itu, ada ornamen khas Jawa Barat yang akan diadaptasi pada interior masjid untuk Palestina tersebut.

Masjid untuk Palestina itu akan dibangun pada tanah seluas 1.200 meter. Emil memperkirakan pembangunannya membutuhkan dana sekitar Rp 20 miliar.

"Alhamdulillah sekarang desainnya sudah selesai. Kita rilis ke publik dan akan kita mulai proses penggalangan dana. Entah kapan selesai tapi minimal kita niatkan dulu," lanjut Emil. "Feeling saya, dana Rp20 miliar ini terkumpul dalam tiga bulan."

Selain itu, Emil mengajak seluruh warga Indonesia, khususnya Jawa Barat untuk berkontribusi dengan menyisihkan dana untuk pembangunan masjid dengan dua lantai tersebut. Masjid itu akan dibangun di atas tanah bekas Masjid Syekh Ajlin yang hancur rata akibat peperangan.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru