Ini Cara Mendaftar Antrean Paspor Lewat Aplikasi APAPO Secara Online yang Baru Dirilis
Tekno

Daripada ribet ke Kantor Imigrasi dari pagi untuk mengambil antrean, gunakan APAPO saja! Kalian bisa mengambil antrean secara online, lho.

WowKeren - Pada Senin (21/1) lalu, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia merilis Aplikasi Antrean Paspor Online (APAPO). Aplikasi tersebut dibuat tentunya untuk memudahkan publik dalam pengurusan paspor. Seperti diketahui, selama ini mengurus paspor cukup membutuhkan waktu lama.

Lewat APAPO, masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk permohonan paspor di rumah, tidak perlu menunggu sejak pagi untuk mengambil antrean. Kalian juga bisa memilih sendiri tanggal kedatangan ke Kantor Imigrasi.


APAPO sendiri sudah dapat diunggah pengguna ponsel berbasi Android lewat Google Play Store. Namun, bagi pengguna ponsel berbasis iOS belum tersedia.

Nah, mau tahu gimana caranya menggunakan APAPO? Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini!

(wk/nris)

1. Langkah Pertama Menggunakan APAPO


Langkah Pertama Menggunakan APAPO

Saat membuka aplikasi, kalian akan menemukan tampilan seperti ini. Centang bagian persetujuan kemudian tekan "Konfirmasi". Sebelumnya, siapkan semua persyaratan yang diperlukan agar tidak bolak-balik, ya.

2. Baca Dengan Baik Semua Peraturan yang Tertera


Baca Dengan Baik Semua Peraturan yang Tertera

Setelah menekan tombol "Konfirmasi", kalian akan menuju pada halaman ini. Baca dengan seksama terkait dengan pendaftaran antrean online ini. Hal tersebut diperlukan agar pendaftaran kalian tidak sia-sia.

3. Menuju Pendaftaran Akun


Menuju Pendaftaran Akun

Pertama kali menggunakan APAPO, kalian tentu belum memiliki akun, kan? Nah, tekan "Daftar Sekarang". Nantinya, satu akun tersebut dapat digunakan untuk mendaftarkan 5 pemohon sekaligus. Jadi, satu keluarga bisa langsung mendapatkan nomor antrean.

4. Isi Semua Data yang Diperlukan


Isi Semua Data yang Diperlukan

Selanjutnya, isi semua data lengkap kalian dalam kolom yang disediakan. Jika belum memiliki KTP, kalian dapat mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di dalam Kartu Keluarga (KK). Setelah itu, tekan "Daftar"

5. Masuk ke Halaman Utama APAPO


Masuk ke Halaman Utama APAPO

Jika pendaftaran akun sudah jadi, tampilan APAO kalian akan seperti ini. Jika ingin mengetahui cara lebih detail, kalian bisa menuju "Panduan". Bagi yang ingin langsung mengambil antrian paspor, tekan "Antrian Paspor".

6. Pilih Kantor Imigrasi yang Sesuai dengan Domisili


Pilih Kantor Imigrasi yang Sesuai dengan Domisili

Pertama-tama, kalian harus memilih terlebih dahulu Kantor Imigrasi yang akan didatangi. Pilihlah yang paling dengan dengan daerah kalian tinggal.

7. Isi Data Jumlah Pemohon dan Tanggal Kedatangan di APAPO


Isi Data Jumlah Pemohon dan Tanggal Kedatangan di APAPO

Langkah selanjutnya adalah mengisi jumlah pemohon serta tanggal kedatangan. Tersedia pula opsi waktu kedatangan.

8. Tampilan Memilih Tanggal Kedatangan di APAPO


Tampilan Memilih Tanggal Kedatangan di APAPO

Untuk memudahkan Pengguna APAPO, pengelola menyediakan tampilan yang lebih mudah. Kalian dapat mengetahui kuota yang tersedia dari kotak-kotak yang berwarna hijau tersebut.

9. Pengguna akan Mendapatkan Kode Booking Antrean


Pengguna akan Mendapatkan Kode Booking Antrean

Setelah melewati semua langkah tersebut, kalian akan mendapatkan kode booking yang dapat ditukarkan di Kantor Imigrasi. Selanjutnya, kalian hanya perlu datang sesuai dengan tanggal dan waktu kedatangan yang dipilih. Mudah bukan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru