Jangan Biarkan Cuaca Buruk Ganggu Liburan, Ini 9 Tips Traveling di Musim Hujan
Pinterest
Travel

Tak ingin liburan terusik karena musim hujan, kan? Yuk persiapkan apa saja yang harus dibawa jauh-jauh hari.

WowKeren - Hasrat ingin traveling alias berlibur kadang tidak terduga kapan datangnya. Keinginan tersebut juga tak memandang cuaca, misalnya saat musim hujan seperti sekarang ini. Namun, musim hujan tidak menghalangi kalian buat jalan-jalan, kok.

Traveling merupakan kegiatan yang membutuhkan banyak persiapan. Saat musim hujan, persiapan yang kalian lakukan akan harus lebih ekstra. Banyak benda-benda yang wajib dibawa ketika kalian berlibur nantinya.

Lalu, apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan saat traveling di musim hujan? Ketahui di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Cek Perkiraan Cuaca di Lokasi Kalian Traveling


Cek Perkiraan Cuaca di Lokasi Kalian Traveling

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah cek perkiraan cuaca di lokasi setidaknya sehari sebelum berlibur. Kalian bisa melakukannya dengan menggunakan perkembangan teknologi yang kini sudah semakin canggih. Misalnya pada aplikasi bawaan yang ada pada ponsel pintar.

Memantau cuaca sangat penting. Hal ini membantu kalian mengetahui keadaan di tempat yang akan kalian datangi. Dengan begitu, kalian dapat mempertimbangkan waktu kedatangan untuk menyesuaikan dengan cuaca. Apabila hujan diperkirakan turun sore hari, sebaiknya kunjungi lokasi dari pagi sebelum cuaca berubah.

2. Jangan Lupa Bawa Baju Hangat


Jangan Lupa Bawa Baju Hangat

Persiapan yang kedua adalah membawa baju hangat. Saat packing, siapkan baju hangat secukupnya agar tidak kedinginan saat traveling di musim hujan. Mulai dari jaket tebal, sweater dan celana panjang. Bagi para wanita tak perlu khawatir, mengenakan baju hangat buat OOTD juga bisa jadi keren asal kalian pandai memadukannya.

Selain baju hangat, persiapkan baju ganti sebagai alternatif ketika kalian kehujanan. Jangan sampai menggunakan baju yang basah hingga pulang nanti. Bisa-bisa hari berlibur rusak karena penyakit yang menyerang.

3. Persiapkan Payung dan Jas Hujan


Persiapkan Payung dan Jas Hujan

Benda yang paling penting ketika traveling di musim hujan adalah payung dan jas hujan. Dua benda ini wajib kalian masukkan ke dalam daftar barang bawaan agar tidak ketinggalan. Payung dan jas hujan tentu sangat berguna untuk mengantisipasi datangnya hujan saat kalian tengah jalan-jalan.

Untuk traveling, kalian bisa membawa payung lipat agar mudah masuk ke dalam tas. Jas hujan tipis yang biasa digunakan dalam satu kali pemakaian juga sudah cukup, kok. Jadi, masih ada ruang kosong untuk benda-benda lainnya.

4. Bawa Tas Anti Air atau Sarung untuk Ransel


Bawa Tas Anti Air atau Sarung untuk Ransel

Kalian pasti tidak ingin barang bawaan basah karena air hujan, kan? Nah, penggunaan tas anti air juga enggak kalah penting. Tas tersebut akan melindungi barang bawaan kalian agar tidak basah. Penting lagi untuk menjaga barang-barang elektronik yang kalian bawa supaya tidak rusak. Bila tidak punya tas anti air, sarung ransel juga dapat kalian gunakan.

5. Casing Ponsel yang Anti Air


Casing Ponsel yang Anti Air

Sebagai perlindungan ekstra, kalian sebaiknya membawa casing ponsel anti air. Gunakan casing tersebut saat hujan mulai turun. Casing ponsel anti air, akan memudahkan kalian untuk melihat ponsel ketika turun hujan. Misalnya saat mencari lokasi tujuan di aplikasi petunjuk arah atau menghubungi seseorang ketika turun hujan.

6. Gunakan Sepatu atau Sandal Karet


Gunakan Sepatu atau Sandal Karet

Menggunakan alas kaki yang cocok untuk musim hujan juga sangat penting. Sebaiknya, kalian memakai sepatu atau sandal karet yang mudah kering saat traveling di musim hujan. Sepatu atau sandal yang berbahan dapat menyerap air akan membuat perjalanan kalian tidak nyaman. Selain itu, tentu sandal atau sepatu mudah bau. Kalian tidak mau bau tidak sedap mengikuti kalian selama perjalanan, kan? Oleh karena itu, gunakan sepatu atau sandal yang anti air, ya.

7. Pilih Destinasi Wisata Indoor Sebagai Cadangan


Pilih Destinasi Wisata Indoor Sebagai Cadangan

Ketika traveling ke lokasi yang belum pernah kalian kunjungi, wisata alam pasti menjadi pilihan yang asyik banget. Namun, wisata alam tentu cukup sulit dikunjungi saat musim hujan. Agar traveling kalian tidak terganggu, maka persiapkan lokasi cadangan untuk dikunjungi. Kalian dapat memilih wisata indoor sebagai cadangan.

Persiapkan hal ini jauh-jauh hari, ya. Jika tidak, kalian malah akan kehabisan waktu hanya untuk memilih tempat berlibur. Beberapa rekomendasi wisata indoor yang dapat kalian kunjungi seperti museum, tempat bersejarah, istana peninggalan masa lampau dan masih banyak lagi.

8. Kunjungi Tempat yang Indah saat Musim Hujan


Kunjungi Tempat yang Indah saat Musim Hujan

Musim hujan mungkin membatasi tempat-tempat yang dapat kalian kunjungi. Namun, beberapa tempat malah bakal indah ketika tengah diguyur hujan. Kalian bisa mencoba untuk traveling ke vila-vila pedesaan yang berada di daratan tinggi. Saat hujan turun, kawan tersebut akan memancarkan keindahan yang tidak ada duanya. Udara yang bersih dan sejuk akan membuat pikiran kalian lebih rileks setelah bekerja.

9. Jaga Kesehatan dengan Membawa Obat-Obatan


Jaga Kesehatan dengan Membawa Obat-Obatan

Musim hujan biasanya membuat seseorang rentan terkena penyakit. Sebut saja masuk angin, flu, batuk dan sakit kepala dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu, kalian wajib mempersiapkan obat-obatan untuk dibawa. Selain itu, minum vitamin sebelum berlibur agar stamina tetap terjaga selama perjalanan. Kalian juga dapat mengonsumsi beberapa makanan yang dapat menjaga kekebalan tubuh, simak di sini.

Kalian sudah tahu tips untuk traveling di musim hujan, kan? Selanjutnya, yuk cari tahu trik mengakali barang bawaan agat tidak membayar bagasi tambahan di sini. Selain itu, berikut terdapat benda yang wajib dibawa ketika liburan ke luar negeri, simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait