8 Trik Mengakali Foundation yang Telalu Terang Agar Tidak Terbuang Sia-Sia
Lifestyle

Memilih shade foundation yang salah pasti pernah terjadi di setiap wanita. Namun, bukan berarti tidak dapat kalian gunakan. Yuk ketahui cara mengatasinya.

WowKeren - Foundation merupakan tahapan makeup yang kerap digunakan wanita. Produk satu ini digunakan sebelum menggunakan makeup sehingga fungsinya cukup penting untuk wajah.

Selain itu, foundation berguna untuk menutupi kekurangan pada wajah. Misalnya, menyamarkan noda dan garis halus, meratakan warna kulit, mencerahkan, membuat makeup tahan lama dan lainnya.


Nah, pemilihan foundation jadi sangat penting saat makeup. Foundation yang terlalu putih atau terlalu gelap bakal membuat makeup jadi "aneh" dan tidak sesuai. Sebaiknya, kalian menggunakan foundation yang sesuai dengan warna kulit wajah atau setidaknya lebih cerah satu tingkat.

Memilih shade foundation yang salah pasti pernah terjadi di setiap wanita. Apalagi buat kalian yang sering membeli foundation di online shop lantaran tidak bisa mencobanya. Tapi enggak pelu khawatir, ada cara untuk mengakalinya agar foundation tak berakhir sia-sia.

Berikut 7 trik untuk mengakali foundation yang terlalu terang. Mau tahu gimana? Ayo simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Gunakan Foundation Mixer


Gunakan Foundation Mixer

Saat ini sudah ada banyak produk yang digunakan untuk mengakali foundation yang terlalu terang maupun gelap. Produk satu ini sering disebut dengan foundation mixer. Untuk foundation yang terlalu terang, kalian dapat memilih korektor yang gelap. Foundation mixer juga ada buat yang memilih foundation terlalu gelap, kok.

Nah, caranya mudah, kok. Kalian hanya perlu menuangkan foundation yang terlalu terang pada punggung tangan atau makeup pallete agar lebih higienis kemudian teteskan sedikit demi sedikit foundation mixer hingga mendapatkan warna yang kalian inginkan.

2. Campurkan dengan Foundation yang Warnanya Lebih Gelap


Campurkan dengan Foundation yang Warnanya Lebih Gelap

Nah, trik lainnya adalah mencampurkan dengan foundation dengan shade yang lebih gelap. Mungkin membeli foundation mixer membuat kalian memerlukan biaya lebih banyak. Oleh karena itu, kalian bisa mencampurkan foundation yang terlalu terang dengan yang sudah ada.

Sama seperti sebelumnya, kalian dapat menaruh foundation di punggung tangan. Kemudian campurkan dengan foundation yang lebih gelap. Kalian juga bisa langsung mengubah warna foundation yang lebih terang semuanya. Namun, kalian harus hati-hati, jangan sampai malam zonk.

3. Campurkan dengan Concealer


Campurkan dengan Concealer

Selain foundation, kalian dapat mencampurkan dengan concealer yang lebih gelap atau contour. Tekstur concealer biasanya lebih kental daripada foundation. Oleh karena itu, kalian perlu mencampurkannya sedikit saja. Pasalnya, jika terlalu banyak, tekstur foundation juga akan berubah drastis, malah akan membuatnya tidak tidak bagus di wajah.

4. Set Foundation Terang dengan Bedak yang Lebih Gelap


Set Foundation Terang dengan Bedak yang Lebih Gelap

Foundation terang bukan bukan masalah yang sulit diatasi, kok. Kalian dapat menyeimbangkannya dengan penggunaan bedak yang lebih gelap warm undertone. Pasalnya, Jika kalian menggunakan bedak cool undertone malah akan menyebabkan wajah terlihat abu-abu, lho.

Penggunaannya masih sama dengan cara mengaplikasikan bedak biasa. Aplikasikan foundation pada wajah, kemudian timpa dengan bedak secara merata. Meski tidak memperbaiki banyak, namun cara ini efektif banget, lho.

5. Jangan Lupa Gunakan Bronzer


Jangan Lupa Gunakan Bronzer

Ketika kalian menggunakan foundation terlalu putih, sebaiknya jangan lupakan pemakaian bronzer. Pasalnya, bronzer memiliki warna cokelat yang cenderung gelap. Warna gelap tersebut akan menyeimbangkan warna foundation yang terlalu terang.

Fokuskan pada area pipi, kening, rahang dan dagu. Dengan memberikan ilusi gelap maka wajah tidak akan terlihat jika kalian menggunakan foundation terlalu putih. Penggunaan bronzer juga membuat kalian mendapatkan efek sun-kissed glow.

6. Manfaatkan Foundation sebagai Highliter


Manfaatkan Foundation sebagai Highliter

Salah memilih warna foundation bukan berarti produk tersebut tidak dapat digunakan. Kalian bisa memanfaatkannya sebagai highlighter, lho. Aplikasikan foundation pada bagian-bagian tertentu seperti batang hidung, puncak pipi, bawah mata dan dagu. Cara ini efektif digunakan agar foundation tidak sia-sia.

7. Campur Foundation dengan Blush On


Campur Foundation dengan Blush On

Trik satu ini hanya dapat digunakan buat kalian yang memiliki warna dasar kulit pink. Dengan mencampurkan blush , kalian akan mendapatkan warna lebih baik dari sebelumnya. Wajah juga akan terlihat berseri alami.

Untuk trik satu ini, sebaiknya kalian menggunakan blush on krim. Campurkan foundation yang terlalu terang dengan blush on di punggung tangan hingga merasa. Kemudian aplikasikan pada wajah.

8. Manfaatkan Bubuk Kunyit


Manfaatkan Bubuk Kunyit

Tahukah kalian bahwa kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengakali foundation yang terlalu terang? Buat yang memiliki dasar warna kulit kuning, kalian dapat mencampur foundation yang terlalu terang dengan sejumput kunyit hingga mendapat warna yang diinginkan.

Sebelum mencoba trik ini, tes terlebih dahulu dengan cahaya alami atau lampu putih. Warna lampu kuning hanya akan membuat warna dasar kuli berbeda. Cara mencampurkannya masih sama seperti sebelumnya. Pastikan masukkan kunyit sedikit demi sedikit agar tidak terjadi kesalahan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait