Jangan Lewatkan Supermoon Paling Terang dan Besar di 2019, Ini Fakta yang Perlu Kalian Ketahui
SerbaSerbi

Supermoon paling besar dan cerah seperti yang terjadi malam ini, baru dapat kalian saksikan pada 2026. Jadi, kesempatan ini akan terjadi 7 tahun lagi.

WowKeren - Malam ini tepatnya Selasa (19/2) akan terjadi fenomena supermoon. Bukan supermoon biasa, malam ini adalah yang paling besar di tahun 2019, lho. Bulan akan memasuki titik terdekatnya dengan bumi pada pukul 16.02 WIB, sementara puncaknya dapat kalian saksikan dengan 22.53 WIB.

Supermoon merupakan keadaan yang menggambarkan ketika posisi bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi sehingga terlihat besar. Biasanya, bulan berjarak 384.400 km, sedangkan malam ini hanya 356.375 km. Maka dari itu, bulan akan tampak lebih besar dan terang dari biasanya.

Saat terjadi supermoon, orbit bulan cenderung elips, bukan bulat utuh. Hal itu menyebabkan adanya saat-saat di mana bulan berada di posisi terdekat dengan Bumi. Titik terdekat dengan Bumi disebut dengan titik Peringee. Ukuran bulan malam ini akan terlihat 14% lebih besar dari biasanya. Cahaya bulan juga terlihat lebih terang 30%.

Mengapa kalian wajib menyaksikan supermoon malam ini? Perlu kalian ketahui bahwa supermoon tidak terjadi setiap tahun. Supermoon paling besar dan cerah seperti yang terjadi malam ini, baru dapat kalian saksikan pada 2026. Jadi, kesempatan ini akan terjadi 7 tahun lagi.


Bagaimana cara melihat supermoon? Perbedaan signifikan supermoon dengan bulan purnama biasa dapat kalian saksikan dengan teleskop. Namun, enggak mustahil kalian dapat melihat perbedaanya dengan mata telanjang. Maka dari itu, stand by malam ini, yuk.

Sementara itu, supermoon telah terjadi pada awal tahun, tepatnya 21 Januari. Supermoon selanjutnya akan terjadi 21 Maret. Namun, supermoon pada 19 Februari ini yang paling besar dan cerah.

Supermoon juga memicu air pasang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Maritim Perak, Surabaya meminta warga yang berada di kawasan pesisir laut dan pantai untuk mewaspadai luapan air. "Pasang air laut bisa mencapai ketinggian 130-140 centimeter dari permukaan laut untuk wilayah pesisir," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, Taufiq Hermawan, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Air pasang akan terjadi mulai pukul 22.00-24.00 WIB di wilayah pelabuhan untuk Surabaya. Untuk wilayah Pesisir Surabaya Timur air akan pasang mulai 21.00-23.00 WIB, sedangkan di pesisir Surabaya Barat terjadi 22.00-23.00 WIB. Sementara pesisir Sidoarjo, air pasang terjadi pukul 21.00-24.00 WIB. Selain wilayah pulau Jawa, BMKG juga menghimbau masyarakat pesisir Kalimantan Barat tetap waspada.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru