Go-Jek Siap Susul Grab Jadi Startup Decacorn? Begini Penjelasannya
SerbaSerbi

Lalu, apa sih pengertian decacorn yang sebelumnya banyak disebut? Apa saja syarat menjadi startup decacorn?

WowKeren - Grab telah berhasil menjadi startup pertama di ASEAN yang menyandang status decacorn. Pencapaian tersebut tentunya tak lepas dari partisipasi para pengguna setia layanan Grab. Tak hanya itu, peran para mitra pengemudi juga ikut mendukung tercapainya prestasi ini.

"Grab,everyday SuperApp kamu, adalah decacorn pertama di Asia Tenggara," tulis Grab dilansir dari laman resminya pada Jumat (1/3). "Pencapaian ini tak terlepas karena kamu semua para pengguna setia Grab, mitra pengemudi, serta rekan merchant Grab."

Bagi yang belum mengetahui, Grab bukan starup dari Indonesia, melainkan berkantor pusat di Singapura. Untuk di Tanah Air, Indonesia telah memiliki starup yang diharapkan dapat menyusul Grab menjadi decacorn, yakni Go-Jek.

Go-Jek belum lama ini mendapatkan pendanaan terbarunya dari Google, Tencent dan JD.com. Valuasi Go-Jek saat ini mencapai US$ 9,5 miliar atau mendekat US$ 10 miliar sebagai syarat menjadi decacorn. Selain itu, ada tiga unicorn lain di Indonesia, yaitu Tokopedia, Traveloka dan BukaLapak.

Lalu, apa sih pengertian decacorn yang sebelumnya banyak disebut? Apa saja syarat menjadi startup decacorn?

Decacorn merupakan sebutan untuk startup yang memiliki valuasi lebih dari USD 10 miliar. Valuasinya 10 kali lipat lebih besar dibandingkan unicorn yang hanya US$ 1 miliar. Valuasi Grab sendiri telah mencapai US$ 11 miliar, maka dari itu startup tersebut dinobatkan menjadi decacorn.


Startup decacorn merupakan starup yang masih belum mencetak laba bersih, namun sudah mencatatkan revenue (pendapatan) yang menjanjikan. Hal ini menjadi bukti model bisnis yang dijalankan sudah tepat dan bakal menguntungkan. Hal ini juga yang menjadi alasan investor mau menyuntikkan dana besar ke startup decacorn.

Selain Grab yang memiliki valuasi US$ 11 miliar, mengutip dari CBInsight, startup teknologi lainnya, seperti Bytedance (valuasi US$ 75 miliar), Uber (US$ 72 miliar), Didi Chuxing (US$ 56 miliar), WeWork (US$ 47 miliar), Airbnb (US$ 29,3 miliar), SpaceX (US$ 21,5 miliar), Stripe (US$ 20 miliar).


Selain itu, ada juga JUUL Labs (US$ 15 miliar), Epic Games (US$ 15 miliar), Pinterest (US$ 12,3 miliar), Bitmain Technologies (US$ 12 miliar), Samumed (US$ 12 miliar), Lyft (US$ 11,5 miliar), Palantir Technologies (US$ 11 miliar), dan Global Switch (US$ 11,08 miliar).

Di atas decacorn masih ada hectocorn atgau yang disebut super unicorn. Valuasi hectocorn mencapai US$ 100 miliar. Perusahaan yang masuk dalam tingkat ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Sebut saja, Apple, Google, Microsoft, Facebook, Oracle dan Cisco.

Di sisi lain, Sebagai bentuk ucapan terima kasih, Grab memberikan diskon besar-besaran untuk para penggunannya, hingga 70 persen. Diskon tersebut berlaku untuk semua layanan Grab di seluruh Indonesia. Tarif promo ini tersedia setiap hari selama dua minggu mulai Kamis (28/1) hingga Kamis (14/3).

"Sebagai rasa terima kasih kami, nikmati Diskon #LEVELDECACORN hingga 70% untuk semua layanan Grab," bunyi keterangan dalam laman resmi Grab. "Berlaku di seluruh Indonesia dari 28 Februari -14 Maret 2019 selama promo tersedia setiap harinya."

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru