Viral Chat HRD Minta Interview Dadakan, Ini Tips Agar Siap Kala Tiba-Tiba Dapat Wawancara Kerja
Pexels/Edmond Dantès
SerbaSerbi

Heboh GRD minta calon karyawan interview secara mendadak. Lantas, seperti apa menyiasati undangan wawancara kerja yang datang secara tiba-tiba, terlebih jika berhalangan hadir? Jawabannya ada di artikel berikut ini.

WowKeren - Media sosial belakangan ini dihebohkan dengan chat seorang HRD di suatu perusahaan yang meminta wawancara dadakan kepada salah satu kandidatnya. Dari informasi yang beredar, HRD itu menghubungi kandidat pada jam 10 malam guna melakukan wawancara kerja pukul 10 pagi keesokan harinya.

Sayang, kandidat itu berhalangan hadir karena informasi yang diberikan sangatlah mendadak. Usai viral, warganet pun tak menyalahkan keputusan kandidat tersebut dan memahami situasi yang terjadi. Namun, undangan wawancara yang tertolak tentu amat sangat disayangkan bukan?


Lantas, seperti apa menyiasati dan menyikapi undangan wawancara yang datang secara mendadak? Terlebih lagi jika jadwal yang Anda terima bentrok dengan seleksi atau wawancara kerja yang lain. Tak perlu panik, WowKeren lewat ulasan di bawah ini akan berbagi tips agar siap menghadapi wawancara kerja yang datang secara mendadak.

Selain itu, WowKeren juga akan berbagi tips sopan mengabari perusahaan yang bersangkutan kala berhalangan hadir atau meminta jadwal wawancara ulang. Tidak perlu menanti lama, yuk langsung saja di simak ya!

(wk/Sisi)

1. Selalu Perhatikan Notifikasi Email, SMS Atau Panggilan Masuk


Selalu Perhatikan Notifikasi Email, SMS Atau Panggilan Masuk
Pexels/cottonbro studio

Buat Anda yang tengah berjuang mencari kerja, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah selalu nyalakan notifikasi email dan SMS pada ponsel . Selain itu, sebisa mungkin angkat panggilan yang masuk ya. Hal ini guna menghindari tak terbacanya undangan wawancara kerja.

Pasalnya, calon kandidat seringkali melewatkan undangan wawancara kerja atau mengetahui informasi interview secara mendadak. Alhasil, yang terjadi adalah Anda kehilangan peluang diterima kerja atau terancam ditolak karena persiapan yang kurang matang.

2. Pastikan CV dan Dokumen Pendukung Selalu Siap


Pastikan CV dan Dokumen Pendukung Selalu Siap
Pexels/cottonbro studio

Langkah selanjutnya yakni pastikan CV dan dokumen pendukung kerja selalu siap. Hal ini menyiasati adanya wawancara kerja yang datang secara mendadak. Anda pun bisa langsung berangkat wawancara kerja tanpa pusing mempersiapkan CV dan dokumen lagi.

Pasalnya, undangan wawancara mendadak seringkali ditemui di beberapa perusahaan. Biasanya, HRD ingin melihat seberapa kesiapan calon kandidat bekerja di perusahaan mereka. Semakin siap, semakin besar peluang Anda diterima di tempat kerja yang bersangkutan.

3. Siapkan Pakaian Untuk Interview Kerja Sejak Jauh-Jauh Hari


Siapkan Pakaian Untuk Interview Kerja Sejak Jauh-Jauh Hari
Unsplash/Nimble Made

Bentuk kesiapan calon kandidat juga bisa dilihat dari cara berpakaian. Agar tak panik ketika jadwal wawancara datang mendadak, siapkan setelan pakaian untuk interview kerja sejak jauh-jauh hari. Sehingga, ketika undangan interview datang secara tiba-tiba, Anda tak lagi bingung memilih pakaian.

Tak perlu mahal, pakailah pakaian yang rapi, sopan dan nyaman. Pastikan pakaian yang hendak Anda pakai untuk wawancara kerja sudah terlipat atau tergantung rapi di lemari ya. Hal ini guna menghindari keterlambatan wawancara kerja karena persiapan yang memakan banyak waktu.

4. Riset Perusahaan Terkait


Riset Perusahaan Terkait
Pexels/Christina Morillo

Ketika mendapat wawancara kerja dan Anda bersedia hadir, pastikan Anda telah melakukan riset tentang perusahaan terkait. Bila perlu, Anda bisa mencari tahu informasi tentang HRD atau pihak yang hendak mewawancarai. Hal ini membuktikan jika Anda memiliki bekal yang baik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu, disarankan untuk mencari tahu informasi mengenai posisi yang Anda inginkan. Lakukan riset yang cukup agar Anda bisa menjawab semua pertanyaan HRD dengan baik. Peluang Anda diterima tentu semakin besar bila selama wawancara Anda bersikap tenang dan menjawab segala pertanyaan dengan lancar.

5. Buat Daftar Pertanyaan dan Jawaban


Buat Daftar Pertanyaan dan Jawaban
Pexels/Leeloo Thefirst

Usai melakukan riset dan mengonfirmasi kehadiran, Anda bisa membuat daftar pertanyaan dan jawaban secara dadakan. Tanyakan hal-hal yang ingin Anda ketahui dari perusahaan yang bersangkutan. Pertanyaan yang diajukan memperlihatkan seberapa besar minat Anda dengan perusahaan tersebut.

Selain itu, susun jawaban-jawaban dari pertanyaan yang mungkin saja muncul saat wawancara. Penting juga untuk melatih mimik wajah dan gaya bicara agar HRD semakin yakin untuk memilih Anda sebagai calon karyawan mereka.

6. Utamakan Etika


Utamakan Etika
Pexels/Edmond Dantès

Meski undangan wawancara datang secara mendadak, hal utama yang harus diperhatikan adalah etika. Dimanapun dan kapanpun, perlihatkan etika yang baik di depan lawan bicara. HRD umumnya akan mudah menebak karakteristik kandidatnya dari etika dan sikap yang diperlihatkan kala interview.

Beberapa etika yang baik dan sopan kala wawancara kerja bisa Anda pelajari dari internet atau mendengar pengalaman orang lain. Sebisa mungkin berikan senyum terbaik dan sapa dengan sopan pihak yang bertugas mewawancarai Anda.

7. Belajar Dari Pengalaman


Belajar Dari Pengalaman
Pexels/Sora Shimazaki

Jika sebelumnya sudah sering melakukan wawancara, maka belajarlah dari pengalaman. Jangan ulangi kesalahan saat wawancara sebelumnya di interview yang akan datang. Pasalnya, kriteria HRD satu perusahaan dengan perusahaan lain kemungkinan memiliki kesamaan.

Namun, perlu diperhatikan dengan baik jika undangan wawancara kerja merupakan pengalaman pertama Anda. Maka hal yang bisa dilakukan adalah meminta saran atau belajar dari mereka yang telah berpengalaman. Jangan gugup dan lewati wawancara dengan baik.

Nah, selain tips siap menghadapi interview yang datang mendadak, ada kalanya Anda memiliki jadwal yang bentrok ketika undangan wawancara diterima. Padahal, Anda tak ingin melewatkan kesempatan wawancara tersebut. Lantas, hal apa yang bisa dilakukan? Beberapa tips ini bisa Anda tiru jika kondisi semacam itu terjadi.

8. Kabari Pihak Perusaan Soal Hadir Atau Tidaknya


Kabari Pihak Perusaan Soal Hadir Atau Tidaknya
Pexels/Ketut Subiyanto

Pertama, kabari perusahaan soal kehadiran Anda. Jika bisa menghadiri interview maka sampaikan bahwa Anda akan datang sesuai jadwal dan arahan yang diminta. Hal yang sama juga harus dilakukan ketika Anda berhalangan hadir.

Beri tahu alasan Anda tak bisa hadir di sesi interview tersebut. Sikap itu merupakan etika sopan dalam dunia kerja. Cara ini juga bisa memberi kesempatan untuk kandidat lain yang mungkin akan dipanggil usai Anda berhalangan hadir.

9. Tak Perlu Takut Menjelaskan Situasi Atau Alasan Anda Berhalangan Hadir


Tak Perlu Takut Menjelaskan Situasi Atau Alasan Anda Berhalangan Hadir
Unsplash/Magnet.me

Jika berhalangan hadir tetapi sangat ingin mengikuti sesi wawancara, maka hal yang perlu dilakukan adalah menjelaskan situasi Anda sebenar-benarnya. Sampaikan alasan Anda tak bisa hadir dan keinginan Anda untuk tetap mengikuti interview.

Jangan takut untuk menjelaskan situasi Anda atau meminta penjadwalan ulang wawancara. Hal ini menandakan jika Anda adalah kandidat yang bertanggung jawab. Sebaliknya, jangan hilang atau mengabaikan undangan wawancara yang datang ya.

10. Ajukan Jadwal Ulang Wawancara Bila Memungkinkan


 Ajukan Jadwal Ulang Wawancara Bila Memungkinkan
Pexels/Ketut Subiyanto

Jika undangan interview dari HRD berbentrokan dengan jadwal Anda, cobalah untuk mengajukan jadwal baru. Carilah tanggal yang sesuai dengan situasi Anda. Namun, jangan terlalu lama menunda ya. Paling tidak, atur sehari atau dua hari sejak jadwal asli diberikan.

Namun, tidak semua perusahaan akan menyetujui permintaan tersebut. Jika sudah begini, prioritaskan mana hal yang menurut Anda lebih penting. Yang terpenting, diskusikan kesulitan Anda pada HRD dengan sopan ya.

Nah, itu dia beberapa tips serba-serbi kala menerima wawancara kerja secara mendadak. Semoga sobat WowKeren yang masih berjuang mencari lowongan segera mendapatkan pekerjaan ya. Anda juga bisa membagikan informasi ini kepada keluarga atau orang dekat yang membutuhkan. Sampai jumpa di next artikel, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait