7 Galeri Seni dan Museum Kekinian di Jakarta yang Jadi Spot Foto Menarik
Instagram/houseofsweets.id
Travel

Jalan-jalan enggak harus ke wisata alam, kok. Yuk kunjungi 7 galeri seni dan museum kekinian yang ada di Jakarta ini.

WowKeren - Saat ini destinasi wisata di dalam kota besar mulai berkembang. Mungkin cukup sulit bagi warga perkotaan untuk menemukan wisata alam yang indah dan menyejukkan. Mereka perlu berpergian ke luar daerah untuk dapat menemukannya.

Hal tersebut menyebabkan banyaknya lokasi wisata asyik yang dibangun untuk mengisi waktu luang warga kota. Misalnya museum dan galeri foto atau karya menarik. Lokasi seperti itu ramai dikunjungi lantaran menyajikan tempat asyik yang menghasilkan foto-foto menarik.


Jakarta, jadi salah satu kota yang memiliki banyak museum dan galeri foto menarik. Mulai dari yang kekinian hingga menyajikan karya apik yang penuh dengan makna.

Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini.

1. House of Sweets


House of Sweets
Instagram/houseofsweets.id

Lokasi pertama adalah House of Sweets. Sesuai namanya, lokasi ini bertemakan makanan manis. House of Sweets memiliki 20 ruangan untuk berfoto yang memiliki tema masing-masing. Setiap ruangan pun akan dilengkapi dengan properti lucu berupa makanan, seperti donat, permen, biskuit es krim dan masih banyak lagi.

Tak hanya properti berupa makanan, aroma tiap ruangan juga terasa manis, lho. Kalian akan mencium aroma menyenangkan seperti teh, kopi atau sirup. Galeri foto ini berlangsung di Pacific PLace Jakarta mulai tanggal 14 Desember 2018 hingga 14 Februari 2019 lalu. Saat ini, House of Sweets masih tutup untuk sementara. Namun, bakal dibuka lagi di kota-kota lain. Siapa yang ingin kotanya disambangi House of Sweets?

2. Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)


Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)
Instagram

Museum MACAN merupakan salah satu yang hits banget di Jakarta. Museum ini merupakan yang pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta Internasional. Karya seni yang berada di dalam museum dikumpulkan oleh kolektor seni sekaligus pengusaha, Haryanto Adikoesoemo.

Berkunjug ke Museum MACAN, kalian dapat menemukan salah satu karya seni yang menjadi favorit, "Infinity Mirrored Room", karya seniman Jepang, Yayoi Kusama. Ruangan tersebut tampak gelap dengan bola warna warni yang menggantung serta cermin besar. Kemudian terdapat banyak karya seni dengan bintik-bintik warna warni atau pun hitam yang cukup hits di media sosial.

Masih banyak karya seni lainnya yang dapat kalian nikmati di Museum MACAN. Museum ini terletak di Wisma Akr, Jl. Panjang No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jam operasionalnya mulai dari pukul 10.00-19.00 WIB hari Selasa hingga Minggu.

3. MojA Museum


MojA Museum
Instagram/mojamuseum

Lokasi selanjutnya adalah MojA Museum. Galeri foto ini menyediakan banyak spot foto dengan tema cinema art atau perpaduan antara seni dan movie. Terdapat total 14 ruang foto cinematik. Tiap ruangan juga memiliki tema masing-masing dengan properti yang tak kalah unik.

Buat yang ingin dapat foto menarik untuk feed Instagram kalian sebaiknya segera bekunjungt ke MojA Museum. Pasalnya, galeri foto ini hanya buka hingga 17 Maret, lho. Alamatnya berada di Jl. Metro Pondok Indah Blok Tb No. 27, RT.9/RW.16, Pondon Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Museum ini bisa jadi alternatif saat kalian suntuk dengan tugas sekolah atau pekerjaan.

4. Art:1 New Museum


Art:1 New Museum
Instagram

Ingin menikmati ribuan karya seni yang apik? Kalian dapat berkunjung ke Art:1 New Museum. Lokasi ini menjadi institusi seni yang melegenda dengan lebih dari 2.500 koleksi karya seninya. Hal ini membuat Art: 1 memenangkan Best Gallery of the Year tahun 2010.

Di dalam Art: 1, kalian dapat melihat berbagai karya seni dari seniman sesepuh, seperti Widayat, Made Wianta, dan Anusapati. Terdapat pula banyak karya seni kontemporer dari seniman luar negeri. Kalian juga akan mendapatkan foto yang Instagramable banget.

5. Galeri Nasional Indonesia


Galeri Nasional Indonesia
Instagram

Galeri Nasional Indonesia merupakan lembaga budaya yang saat ini difungsikan sebagai ruang pameran berkala. Namun, pada lantai dua gedung tersebut terdapat koleksi-koleksi yang dipajang. Galeri ini didirikan dengan tujuan untuk melaksanakan pengumpulan, perawatan, pengamanan, perlindungan dan pengembangan kesenian sebagai fasilitas pendidikan dan kebudayaan.

Galeri ini berada di Jl Medan Merdeka Timur No 14 Central Jakarta. Banyak kegiatan mendidik yang dilaksanakan di tempat ini. Kalian juga dapat ikut serta belajar dan mengenal seni lebih jauh.

6. Dia.Lo.Gue


Dia.Lo.Gue
Instagram/dialogue_arts

Dia.Lo.Gue bisa jadi pilihan asik bagi kalian yang ingin bersantai minum kopi sambil menikmati karya seni. Lokasi ini dibangun menjadi ruang publik dengan konsep seni untuk siapa saja, selain bagi seniman dan desainer yang hendak memamerkan karya interdispliner mereka.

Selain menikmati karya seni yang apik, kalian dapat bersantai nongkrong bareng teman di bagian kafenya. Dia.Lo.Gue juga menyediakan makanan berat, tidak hanya kopi atau dessert. Harganya pun dapat dikatakan tidak terlalu mahal.

7. Haluu World


Haluu World
Instagram/haluuworld

Galeri foto terakhir adalah Haluu World. Sesuai dengan namanya, haluu yang berarti keinginan dalam bahana Finlandia memvisualisasikan dunia mimpi yang kebanyakan dari para wanita. Lokasi ini memiliki 13 ruang foto yang membuat kalian seakan tengah berada di dunia mimpi.

Berada di Haluu World, kalian memerlukan sekitar 1 jam untuk dapat berkeliling di sana. Untuk mendapatkan hasil maksimal di beberapa ruangan, kalian disarankan untuk membawa kamera dengan lensa wide-angle. Sayangnya, saat ini Haluu World sudah tutup. Namun, pihak Haluu berjanji akan memberikan update selanjutnya. Bisa saja Haluu World akan dibuka di kota-kota lain.

You can share this post!

Related Posts
Loading...