Sandara Park Sebut Grup K-Pop Generasi Kedua Dulu Kurang Mendunia Gara-Gara Ini
Yonhapnews
Selebriti

Sandara Park berbagi opini tentang popularitas K-Pop di dunia saat menghadiri jumpa pers variety show 'Stage K'. Ia juga membicarakan masa-masanya sebagai member 2NE1.

WowKeren - Sandara Park menghadiri jumpa pers variety show "Stage K" pada 2 April bersama Jun Hyun Moo, Park Joon Hyung g.o.d, Eun Ji Won Sechs Kies dan Yubin eks Wonder Girls. Member 2NE1 itu membahas tentang popularitas K-Pop di dunia.

"Kupikir alasan terbesar di balik popularitas K-Pop adalah keterampilan dan kemampuan yang dimiliki idol Korea. Untuk mencapai tingkat kemampuan itu, mereka telah berlatih dan bersiap sebelum memulai debutnya melalui program ketat yang ditetapkan oleh agensi mereka. Kupikir (para penggemar) memperhatikan upaya tersebut," ujar Sandara Park.

Untuk alasan kedua di balik popularitas K-Pop, Sandara Park menyebutnya sebagai "sinergi yang diciptakan oleh K-Pop dengan popularitas K-beauty dan K-fashion". Idol kelahiran 1984 itu kemudian menjelaska apa maksudnya.

"Saat kalian mendapat kesempatan untuk mengenal penggemar luar negeri, kau mungkin menyadari bahwa mereka tidak hanya menaruh minat besar pada musik (Korea), tapi juga produk dan fashion kecantikan Korea. Orang Korea cukup terampil dalam hal tata rambut dan rias wajah. K-Pop adalah hasil dari kombinasi dari semua komponen artistik ini dan mungkin kenapa ini disukai oleh banyak orang," jelasnya.


Sandara Park kemudian ditanya tentang masa-masanya sebagai member 2NE1. Ia membicarakan soal popularitas K-Pop saat itu yang kurang mendunia ketimbang sekarang. "Pasar K-Pop di luar negeri tidak sebesar sekarang," tuturnya.

"Aku debut pada 2009. Saat itu, beberapa artis senior menyebarkan K-Pop di luar negeri mulai di Jepang. Aku sebagian besar aktif di Korea, tapi kuperhatikan popularitas K-Pop tumbuh di luar negeri dengan meningkatnya kegiatan di luar negeri," tambah Sandara Park.

"Pada saat itu, lagu-lagu diarahkan untuk pasar Korea, tetapi saat ini (artis) tampaknya menghasilkan lagu yang mudah untuk dinyanyikan dan dipahami oleh penggemar luar negeri. Grup idol belakangan ini memiliki lebih banyak tur dunia dan kegiatan di luar negeri yang sering dibuat candaan oleh mereka dengan mengatakan rasanya seperti mengadakan konser nehan," jelasnya.

Istilah nehan biasanya digunakan untuk merujuk pada konser yang diadakan di Korea oleh artis asing. Jadi leluconnya adalah bahwa grup idola Kore lebih sering berada di luar negeri daripada di Korea seolah-olah mereka adalah artis asing.

"Aku senang menjadi bagian dari pasar K-Pop yang berkembang pesat ini, dan aku terus bersyukur dan bangga semakin aku memikirkannya," tutupnya.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait