Ridwan Kamil Ingin Abadikan Nama 12 Petugas KPPS yang Meninggal di Museum Demokrasi
Nasional

Menurut Gubernur Jawa Barat yang kerap disapa Kang Emil tersebut, 12 petugas KPPS yang meninggal layak mendapatkan predikat sebagai pahlawan Pemilihan Umum (Pemilu).

WowKeren - Belum lama ini kabar duka datang dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jawa Barat. Tercatat, 12 petugas KPPS di Jawa Barat dinyatakan meninggal dunia.

Diduga, belasan petugas KPPS tersebut meninggal akibat pelaksanaan tugas Pemilu 2019. Dimana mereka diharuskan mengurus dokumen pemilihan presiden dan anggota legislatif yang memakan durasi pengerjaan ekstra.


Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pun turut buka suara. Menurut Gubernur yang kerap disapa Kang Emil tersebut, 12 petugas KPPS yang meninggal layak mendapatkan predikat sebagai pahlawan Pemilihan Umum (Pemilu). "Petugas KPPS yang meninggal tersebut adalah pahlawan pemilu," ungkap Ridwan Kamil seperti dilansir Antaranews pada Sabtu (20/4).

Tak hanya itu, pria berusia 47 tahun ini bahkan mengusulkan jika nama para petugas KPPS yang meninggal tersebut diabadikan di Museum Demokrasi yang akan dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). "Memang ada rencana membangun Museum Demokrasi dan di dalamnya akan ada tribute to pahlawan-pahlawan demokrasi," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Mubarok, menjelaskan bahwa petugas KPPS yang meninggal berasal dari sembilan daerah. Yaitu Bandung, Tasikmalaya, Kuningan, Bogor, Karawang, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Bekasi.

"Kami atas nama KPU Provinsi Jawa Barat mengucapkan belasungkawa. Semoga almarhum mendapat balasan setimpal. Mudah-mudahan khusnul khotimah," ucap Rifqi di Bandung, Jawa Barat pada Jumat (19/4) kemarin. "Mereka bertugas mengawal pemilu ini berjalan baik."

Tak hanya itu, Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan bahwa pihaknya berencana memberikan santunan kepada KPPS yang meninggal dunia. Serupa dengan Ridwal Kamil, Ilham juga menegaskan bahwa para petugas KPPS yang gugur tersebut merupakan pahlawan demokrasi.

"Menurut kami, mereka pahlawan demokrasi yang kemudian nanti akan berikan penghargaan kepada mereka semua, juga penyelenggara pemilu kabupaten dan provinsi yang menyelenggarakan Pemilu 2019 yang sampai saat ini relatif berjalan baik," tutur Ilham.

You can share this post!

Related Posts
Loading...