Andre Taulany Dicap Bohong Soal Akun Istri Dibajak, Reaksi Pakar Telematika Roy Suryo Menohok
Instagram/erintaulany
Selebriti

Pakar Telematika sekaligus anggota DPR Roy Suryo menyarankan polisi membandingkan bukti digital di akun Instagram Erin Taulany untuk mengetahui apakah memang benar ada indikasi pembajakan oleh hacker atau tidak.

WowKeren - Andre Taulany sudah mengungkap pada pihak Polda Metro Jaya kalau akun istrinya, Erin Taulany, telah dihack. Andre mengaku kalau akun Erin tak lagi bisa diakses mulai 20 April.

"Iya (diretas). Karena memang tidak bisa diakses," ujar Andre. "Justru itu makanya kami laporkan biar polisi mengecek semuanya. Sekitar tanggal 20 (April, tidak bisa mengakses akun)."


"Saya sebagai suami mendampingi istri. Ada penyalahgunaanlah. Saya sebagai warga negara biasa boleh juga kan punya hak melaporkan sesuatu hal yang harus dilaporkan," ujar Andre. "Saya cuma datang ke sana (kantor polisi) melaporkan, selanjutnya biar mereka (polisi) yang menyelesaikan. Sambil kita menunggu proses lebih lanjut."

Menurut rencana, Polda Metro Jaya akan memeriksa pelapor Erin, M Firdaus Oiwobo, Jumat 26 April. Terkait masalah akun Erin yang kabarnya dibajak, netter hingga kini masih tak percaya.

"Saya baca berita katanya akun nya kena hack? Padahal sesudah posting menghina lalu di hapus, 2 jam setelah itu masih update insta story lagi makan2 terus baru tutup komentar akun ig," kata seorang warganet, Alfian Alfhareezhy. "Lalu sekarang mengaku akun nya kena hack?? Alasan yang sangat tak masuk akal dari kemarin kemana aja pak haji sedangkan sekarang baru bilang seperti itu ahahahhaa, pintar boleh asal jangan membodohi."

Sementara itu, pakar telematika sekaligus Anggota Komisi I DPR RI dari Partai Demokrat Roy Suryo ikut angkat bicara. Mantan Menpora itu ternyata punya cara jitu untuk membuktikan apakah Andre dan Erin berbohong atau memang jujur soal akun diretas.

Dikutip dari Kompas.com, Roy menyarankan agar unit Cyber Crime Polda Metro Jaya dapat memeriksa bukti digital di Instagram Erin. Menurut Roy, bukti itu bisa dibandingkan dengan unggahan menghina Prabowo Subianto yang diperkarakan oleh Firdaus. Nantinya, hasil perbandingan itu bisa jadi acuan apakah akun Erin benar-benar diretas atau tidak.

"Secara waktu, tanggal-tanggal krusial yang penting diperhatikan adalah akses sebelum tanggal 19-20 April 2019 kemarin, karena di saat-saat itulah D-daynya," kata Roy. "Nanti akan tampak bahwa akun tersebut terlihat ada akses selain dari si pemilik akunnya, atau tidak."

Roy juga sempat mengungkap soal jejak digital di akun Erin. "Bukti digital ini juga mencatat bahwa setelah ada postingan yang kini dilaporkan ke kepolisian, karena terindikasi ada tindak pidana tersebut, ternyata ada si pemilik akun konon masih bisa mem-post aktivitasnya di salah satu rumah makan," kata Roy.

You can share this post!

Related Posts
Loading...