Yuk Ikuti 8 Tips Traveling Saat Berpuasa, Jangan Sampai Batal!
www.travestyle.com
Travel

Berpuasa enggak jadi alasan buat berhenti traveling, kan? Sulit memang untuk jalan-jalan di saat menahan diri dari lapar dan haus. Namun, dengan tips yang tepat semua akan berjalan lebih mudah!

WowKeren - Bulan Ramadhan bukan menjadi alasan seseorang malas melakukan sesuatu. Saat berpuasa, kalian malah harus lebih semangat untuk menjalani hari. Menantang diri sendiri melakukan sesuatu dengan "keterbatasan" karena tidak dapat makan dan minum.

Berpuasa juga enggak jadi alasan buat kalian untuk mengurungkan niat traveling. Liburan memang biasanya menguras tenaga. Namun, dengan tips dan trik tertentu, liburan akan tetap menyenangkan dan kalian malah akan mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Nah, berikut 8 tips traveling saat puasa agar kuat menahan lapar dan haus. Simak di bawah ini, ya!

(wk/nris)

1. Cari Destinasi yang Ramah Muslim dan Makanan Halal


Cari Destinasi yang Ramah Muslim dan Makanan Halal

Saat memutuskan traveling, sebaiknya cari destinasi yang Muslim friendly. Hal ini dimaksudkan agar kalian tidak kesulitan mencari tempat ibadah jika masuk waktu salat. Mayoritas kota di Indonesia masih ramah Muslim. Jika ingin ke luar negeri, Malaysia bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain itu, kota atau negara yang ramah Muslim memudahkan kalian mencari makanan halal. Makanan menjadi sangat krusial saat berpuasa lantaran kalian harus berbuka tepat waktu untuk tetap menjaga kesehatan.

2. Cari Tahu Waktu Imsak dan Berbuka di Destinasi Traveling


Cari Tahu Waktu Imsak dan Berbuka di Destinasi Traveling

Salah satu hal yang harus dipersiapkan setelah memilih lokasi traveling adalah waktu berbuka dan imsak atau jadwal salat. Seperti diketahui, enggak semua tempat memiliki waktu imsak dan berbuka yang sama.

Kalian dapat mengunduh aplikasi untuk mengingatkan jadwal salat sehingga waktu berbuka dan ibadah wajib lainnya tidak akan terlewatkan. Selain itu, kalian bisa bertanya pada teman-teman yang tinggal di daerah tersebut.

3. Jangan Lewatkan Waktu Sahur


Jangan Lewatkan Waktu Sahur

Jika biasanya kalian merasa kuat hanya sahur dengan air putih atau susu, jangan pernah lakukan ini saat tengah traveling. Kalian enggak mau lemas saat jalan-jalan, kan? Liburan akan berantakan jika kalian mengalami hal tersebut. Jadi, pastikan perut terisi sebelum jalan-jalan nantinya.

Asupan saat sahur juga harus diperhatikan. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Selain itu, minum pula air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi saat traveling. Simak menu sahur yang bisa bikin kalian kenyang seharian di sini.

4. Sediakan Minuman dan Camilan di Dalam Tas Agar Tak Melewatkan Waktu Berbuka


Sediakan Minuman dan Camilan di Dalam Tas Agar Tak Melewatkan Waktu Berbuka

Saat traveling, tentu banyak hal tak terduga yang terjadi. Seperti belum menemukan tempat makan ketika waktu berbuka telah tiba. Maka dari itu, sediakan minuman dan camilan di dalam tas untuk membatalkan puasa. Camilan juga membantu kalian mengganjal perut selama mencari tempat makan.

5. Bawa Vitamin saat Traveling untuk Asupan Lebih


Bawa Vitamin saat Traveling untuk Asupan Lebih

Asupan nutrisi akan sangat berkurang saat berpuasa. Untuk menghindari kelelahan bahkan sakit saat traveling, sebaiknya bawalah asupan vitamin. Konsumsi vitamin tersebut saat berbuka dan sahur agar kondisi tubuh terus fit dan jadwal jalan-jalan tak terganggu.

6. Pilih Lokasi Wisata Indoor


Pilih Lokasi Wisata Indoor

Pilih pula lokasi liburan dan kegiatan yang tidak akan menguras tenaga saat puasa. Singkirkan terlebih dahulu keinginan untuk mendaki gunung treking atau melakukan hal ekstrem seperti arung jeram.

Kalian juga dapat mengurangi bepergian ke tempat-tempat outdoor. Kunjungi destinasi di dalam ruangan seperti museum. Melihat-lihat peninggalan sejarah dan budaya setempat juga bisa jadi pilihan yang tepat.

7. Wisata Religi ke Tempat-Tempat Ibadah


Wisata Religi ke Tempat-Tempat Ibadah

Wisata religi jadi pilihan yang tepat buat kalian yang ingin liburan saat puasa. Dengan wisata religi, kalian enggak perlu takut kelelahan karena aktivitas yang berat. Selain itu, pahala pun akan bertambah. Simak lokasi wisata religi di Jawa Timur yang dapat kalian kunjungi di sini.

8. Alokasikan Budget Jajan untuk Hal-hal Menarik


Alokasikan Budget Jajan untuk Hal-hal Menarik

Salah satu keuntungan traveling pada bulan puasa adalah budget yang tersisa. Biasanya, traveling akan diisi dengan membeli jajanan khas daerah saat jalan-jalan. Namun, saat berpuasa kalian tidak dapat melakukannya, kan?

Nah, gunakan budget tersebut untuk mengunjungi tempat yang lebih banyak lagi. Kalian juga bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait