Sinetron Adik Verrell Baramasta 'Topeng Kaca' Dituding Plagiat Komik Jepang
SCTV
TV

Warganet Twitter memberikan beberapa bukti mengenai kemiripan karakter dan alur cerita 'Topeng Kaca' sinetron SCTV yang persis dengan komik asal Negeri Sakura dengan judul sama atau dalam bahasa Jepang, 'Glass No Kamen'.

WowKeren - SCTV telah mengeluarkan sinetron terbaru berjudul "Topeng Kaca" yang tayang perdana pada Senin (10/6) lalu. Sinetron produksi SinemArt tersebut dibintangi oleh adik Verrell Bramasta yaitu Athalla Naufal (Reinhart), Asisyah Aqilah (Kania), Maureen Daryanani (Amara), Meriam Bellina sebagai Gayatri Wardani dan masih banyak lagi.

"Topeng Kaca" tayang setiap hari mulai pukul 15.55 WIB. Namun belum ada seminggu tayang, "Topeng Kaca" menuai komentar kontra dari warganet lantaran jalan ceritanya yang dituding plagiat dari komik populer asal Jepang. Tudingan plagiat itu muncul ketika salah satu warga Twitter yang merupakan penggemar berat bacaan asal Negeri Sakura tersebut menemukan kemiripan antara "Topeng Kaca" dengan komik berjudul sama atau dalam bahas Jepangnya, "Glass No Kamen".

Akun @laukpaukin ini pun memberikan bukti beberapa kemiripan "Topeng Kaca" dengan komik tersebut. Dimulai dari alur cerita, yakni Kania si pemeran utama memiliki ketertarikan di dunia peran, kemudian karakter Gayatri yang diperankan oleh Merriam mirip seperti tokoh dalam komik, yaitu Mayuko.

Sinetron Adik Verrell Baramasta \'Topeng Kaca\' Dituding Plagiat Komik Jepang

Twitter


Di komik, pemeran utama diceritakan suka akting dan terjun sebagai artis teater. Sementara di sinetron "Topeng Kaca", Kania juga berakting namun sebagai pesinetron. Akun tersebut juga memberikan bukti perihal salah satu adegan dimana pemeran utama dimarahi bosnya lantaran menonton televisi, sama persis di cerita manga Jepang.

Sinetron Adik Verrell Baramasta \'Topeng Kaca\' Dituding Plagiat Komik Jepang

Twitter

Cuitan itu pun langsung ramai komentar netter. Tidak sedikit netter mengaku kecewa lantaran SCTV tak memberikan kredit atau pun keterangan perihal sinetronnya di angkat dari komik Jepang.

"Meskipun aku gatau anime nya tapi miris kenapa Indonesia nggak mengangkat cerita asli daripada plagiat :( padahal banyak anak Indonesia yang pandai bikin cerita, di wattpad misalnya, kenapa nggak kerjasama sm penulis dari situ aja," komentar netter. "Masa sampe komik jadul diplagiatin si keterlaluan amat :(((," sahut netter lain.

Sebelum tayang, "Topeng Kaca" sendiri juga menuai kritikan dari netter. Hal itu bermula dari poster yang juga dituding plagiat lantaran mirip poster film asal Thailand, yakni "Yes or No" season dua.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru