Ada Yang Di Atas Laut, 7 Jalan Tol Di Indonesia Ini Unik Banget Dan Enggak Kalah Sama Luar Negeri
Travel

Beberapa jalan tol juga dibangun dengan desain dan model unik loh. Beberapa ada yang dibangun di atas pegunungan, di tengah sawah dan bahkan di atas laut.

WowKeren - Saat ini kemacetan di perkotaan di Indonesia tentu enggak bisa dihindari. Salah satu alternatif menghindari macet adalah melalui jalur tol. Jalan tol (di Indonesia disebut juga sebagai jalan bebas hambatan) adalah suatu jalan yang dikhususkan untuk kendaraan bersumbu dua atau lebih (mobil, bus, truk) dan bertujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain.

Untuk menggunakan fasilitas ini, para pengguna jalan tol harus membayar sesuai tarif yang berlaku. Penetapan tarif didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan atau tempat fasilitas tol dikumpulkan disebut sebagai gerbang tol. Namun tidak hanya memberikan kemudahan jalur yang bebas macet, Jalan tol juga memberikan pemandangan yang indah.

Beberapa jalan tol juga dibangun dengan desain dan model unik loh. Beberapa ada yang dibangun di atas pegunungan, di tengah sawah dan bahkan di atas laut. Wah penasaran banget kan? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jalan tol unik di Indonesia, baik dari segi pemandangan maupun segi modelnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Jalan Tol Pandaan-Malang Yang Punya Pemandangan Mengagumkan


Jalan Tol Pandaan-Malang Yang Punya Pemandangan Mengagumkan

Jalan tol Pandaan-Malang ini dikatakan masih tergolong jalan Tol baru. Pasalnya jalan tol ini baru saja diresmikan pada 13 Mei lalu. Jalan Tol Pandaan-Malang ini punya pemandangan yang luar biasa mengagumkan. Selama perjalanan, kalian bakal dimanjakan hamparan petak sawah dan eloknya pegunungan.

Kalian bisa melihat berbagai jenis gunung jika lewat jalan tol ini. Salah satunya adalah Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Bromo, dan bahkan Gunung Semeru. Pemandangan tersebut bisa kalian nikmati dari Purwodadi, Lawang, hingga Singosari. Jalan tol ini memiliki total lima seksi dengan panjang jalan sekitar 30,6 ribu kilometer. Wow panjang banget kan? Intip juga jalur kereta api dengan pemandangan terindah di Indonesia di sini.

2. Jalan Kelok 9 Sumatera Barat Yang Punya 9 Tikungan Tajam Ekstrem


Jalan Kelok 9 Sumatera Barat Yang Punya 9 Tikungan Tajam Ekstrem

Kelok 9 merupakan nama untuk ruas jalan nasional yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau. Jalan ini dinamakan Kelok 9, karena terdapat sembilan tikungan yang terkenal tajam dan sangat ekstrem. Tak hanya itu, jalan ini juga berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan.

Namun selain seram, jalan ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Jalan ini terletak antara dua cagar alam, yakni Cagar Alam Air Putih, dan Cagar Alam Harau. Pada lokasi ini juga dibangun jembatan layang yang diapit dua bukit. Fly Over Kelok 9 berbentuk melengkung panjang dan tajam, berdiri di atas pilar-pilar setinggi 50–80 meter, serta memiliki enam jembatan layang. Tertarik melewatinya?

3. Jalan Tol Semarang-Solo Yang Punya Jembatan Tol Terpanjang Di Indonesia


Jalan Tol Semarang-Solo Yang Punya Jembatan Tol Terpanjang Di Indonesia

Sesuai dengan namanya, jalan tol ini menghubungkan kota Semarang bagian timur, barat, selatan dari kota Solo. Selain memiliki pemandangan alam yang memikat hati, jalan tol Semarang-Solo ini juga terdapat jembatan darat terpanjang di Indonesia yang lokasinya di daerah Lemah Ireng.

Pemandangan di depan jalan yang terbentang ketika kita melalui jalan tol ini juga terkenal sangat indah. Selain itu, jalan tol ini juga minim papan iklan, sehingga pemandangan yang disajikan sepenuhnya dari pemandangan bukit dan gunung. Kalian bisa melihat berbagai gunung mulai dari Gunung Ungaran, Merapi dan Merbabu. Saat cuaca cerah, panorama alam yang disajikan sangat indah dengan bentangan hutan hijau dan perbukitan yang cantik banget.

4. Jalan Tol Bali Mandara, Tol Atas Laut Pertama Di Indonesia Yang Panjang Banget


Jalan Tol Bali Mandara, Tol Atas Laut Pertama Di Indonesia Yang Panjang Banget

Jalan tol Bali Mandara ini enggak hanya jadi tol pertama di Bali tapi juga jadi jalan tol atas laut pertama di Indonesia. Tol ini menghubungkan Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Benoa dan dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang selama ini terpusat di Bali Selatan.

Bali Mandara dirancang menjadi jalan di atas laut yang menyuguhkan pemandangan hijau dan ramah lingkungan. Sebanyak 16.000 pohon mangrove telah ditanam, menggantikan pohon-pohon mangrove yang sempat tergerus saat proses pembangunan. Selain itu, tol ini juga masuk dalam jajaran jalan tol terpanjang di dunia dengan membentang sepanjang 12,7 km di atas laut. Intip juga wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri di sini.

5. Jalan Tol Bawen-Salatiga Yang Dikelilingi Oleh Keindahan Alam Gunung Merbabu


Jalan Tol Bawen-Salatiga Yang Dikelilingi Oleh Keindahan Alam Gunung Merbabu

Sesuai dengan judulnya, tol yang menghubungkan Bawen dan Salatiga ini dikelilingi oleh keindahan alam dari Gunung Merbabu. Pemandangan indah tol ini enggak usah diragukan lagi karena pada tahun 2017 lalu, tol Salatiga ini dianggap memiliki pemandangan yang paling indah di Indonesia.

Tol ini memiliki panjang jalan sekitar 17,6 kilometer yang dikelilingi oleh pohon hijau dan hutan yang masih terjaga kelestariannya. Saking indahnya, jalur tol Bawen-Salatiga bahkan mendapatkan julukan sebagai panoramic tol road. Enggak kalah dengan jalur pegunungan di luar negeri kan?

6. Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang Yang Terkenal Banget Dengan Keindahan Alamnya


Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang Yang Terkenal Banget Dengan Keindahan Alamnya

Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang atau yang sering disebut dengan tol Cipularang ini sudah enggak asing lagi soal keindahannya bagi para pengendara. Panorama bukit hijau yang membentang di sepanjang jalan, menjadi ciri khas dari tol Cipularang.

Menurut para pengendara kompak bahwa pemandangan terbaik tol ini berada di kilometer ke- 90,101 dan 115. Hutan hijau di sekeliling jalan tol memberi nuansa yang menyegarkan untuk perjalanan yang cukup panjang, kontur bukit yang bermacam-macam menjadi pemandangan yang indah dan enggak bakal bikin kalian bosan selama perjalanan.

7. Jalan Tol Cikompo-Palimanan Si Tol Terpanjang Di Indonesia Yang Punya Cerita Mistis


Jalan Tol Cikompo-Palimanan Si Tol Terpanjang Di Indonesia Yang Punya Cerita Mistis

Tol Cikompo-Palimanan ini terkenal dengan sebutan Cipali dan menghubungkan Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Tol ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia karena membentang sejauh 116 kilometer. Keunikan dari tol Cipali ini bisa kalian temukan di KM 181-182.

Dalam KM 181-182 terdapat sedikit cerita mistis yakni adanya batu bleneng yang berdiri kokoh. Batu ini dianggap keramat bagi penduduk setempat, sehingga tidak ada yang mau memindahkannya. Selain cerita mistis yang menyelimutinya, namun tol Ciplai ini juga menyuguhkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata loh.Intip juga wisata anti mainstream di Bandung di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru