Viral Kartu Menu Tulis Tangan, Chef Arnold 'Emosi' Garuda Indonesia Polisikan YouTuber Rius dan Elwi
Instagram/arnoldpo
Selebriti
YouTuber VS Garuda Indonesia

Chef Arnold sempat menuliskan komentar kecewa dengan sikap Garuda Indonesia yang melaporkan YouTuber RIus Vernandes dan Elwiyana Monica setelah keduanya membuat ulasan terkait pengalaman menaiki pesawat kelas bisnis.

WowKeren - YouTuber Rius Vernandes dan Elwiyana Monica sempat dilaporkan maskapai Garuda Indonesia. Keduanya dituduh melakukan pencemaran nama baik dan telah mendapat surat pemanggilan dari Polresta Bandara Soekarno-Hatta.

Laporan terhadap Rius dan Elwi ini bermula ketika keduanya membagikan foto kartu menu tulisan tangan. Saat itu, Rius mengklaim awak kabin Garuda beralasan buku menu mereka sedang dalam proses percetakan. Foto kartu menu tulisan tangan tersebut viral dan jadi sorotan banyak pihak.


Tak cuma itu, Rius sempat pula membahas stok minuman di dalam pesawat Garuda. Ia mendapat laporan dari pria bule yang juga menaiki pesawat. Pria bernama Paul itu mengungkap kalau kehabisan stok wine dan anggur itu hal yang buruk. Rius lantas berniat menuliskan komplainnya kepada manajemen Garuda Indonesia secara tertulis. "Apakah aku akan terbang kembali dengan Garuda Indonesia? Aku akan lihat maskapai lain dulu, walau harganya memang bagus," seru Rius.

Photo-INFO

YouTube Rius Vernandes

Sayangnya ulasan Rius membuat Garuda berang. VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan, sempat membantah soal klaim Rius kalau kartu menu tulisan tangan itu milik Garuda Indonesia yang dibagikan buat penumpang kelas bisnis.

"Jadi sebenarnya itu bukan (kartu menu). Kita punya kartu menu, cuma yang difoto itu catatan awak kabin pribadi. Itu kan tulis tangan, catatan pribadi awak kabin. Nah pertanyaannya kenapa dia share itu sebagai kartu menu, begitu," ujar Ikhsan pada Kompas.com, 14 Juli lalu. "Enggak tahu dari mana dia dapat. Dan kalau misalnya itu kartu menu kan harusnya penumpang lain juga, tapi enggak ada yang lain share. Itu juga jadi pertanyaan kami dari mana dia dapat itu dan mengapa dia share."

Karena foto kartu itu viral, Garuda akhirnya berniat mengeluarkan aturan larangan untuk mendokumentasikan kegiatan di pesawat. Pihak Garuda juga melapor ke polisi hingga Rius meminta dukungan banyak pihak karena tak merasa mencemarkan nama baik Garuda.

"Guys, gw sama Elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini. Kami di laporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. Gw yakin kalian tau kalau gw TIDAK ADA maksud sama sekali untuk mencemarkan nama baik siapapun. ⁣Gw sangat minta support kalian soal ini. Semua nya. Siapa pun. Kalian semua punya suara. Terutama teman2 influencer. Gw harap kalian bisa bantu share dan support gw dalam masalah ini karena gw gak mau di masa depan ketika kita review sesuatu dengan apa adanya, ketika kita memberikan kritisi yang membangun, kita bisa di pidana," seru Rius. "Gw akan menghormati segala peraturan hukum yang ada dan akan menjalani semua ini. Gw sama sekali tidak merasa mencemarkan nama baik. Gw tidak takut. Tapi tidak ada kah cara yang lebih kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah ini?"

Postingan Rius mendapat dukungan dari sejumlah publik figur. Salah satunya koki seleb, Chef Arnold, yang pernah kolaborasi dengan Rius di vlog "Garuda Vintage Flight".

Chef Arnold tampak kecewa dengan sikap Garuda yang melaporkan Rius dan Elwi. "Well kecewa lah apa lagi setelah Vlog kita Vintage Flight Garuda," kata Chef Arnold.

Tak cuma Chef Arnold, sang adik, Chef Reynold, ikut bersuara. "For a large company to take it this far is pretty sad and petty.  @garuda.indonesia shame," kata Chef Reynold.

Pilot YouTuber Kapten Vincent juga ikut memberikan dukungan. "Cepet beres broo," dukung Vincent.

You can share this post!

Related Posts
Loading...