Mahfud MD Berduka Mbah Moen Tutup Usia: Beliau Wafat di Tempat yang Dicintainya
Twitter/mohmahfudmd
Nasional

Mahfud MD menuturkan bahwa tanah suci Mekkah merupakan tempat yang dicintai oleh Mbah Moen. Hal itu disampaikan olehnya lewat cuitan di akun Twitter miliknya.

WowKeren - Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, KH Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di Mekkah pada Selasa (6/8). Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini.

Kepergian kiai besar tersebut meninggalkan duka mendalam bagi umat Islam. Mahfud MD turut berduka dengan kepergian Mbah Moen. Ia segera memastikan kabar kematian Mbah Moen setelah mendapat kabar dari orang terdekat yang menemani Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Mekkah.

Melalui akun Twitter miliknya, Mahfud menyampaikan duka yang mendalam. Ia menuturkan bahwa tanah suci Mekkah merupakan tempat yang dicintai oleh Mbah Moen. Mbah Moen merupakan tokoh Islam yang senantiasa menyerukan perdamaian di Indonesia.


Mahfud MD Berduka Mbah Moen Tutup Usia: Beliau Wafat di Tempat yang Dicintainya

Twitter/mohmahfudmd

"Inna lillah wa innaa ilaihi raji'un. Kyai Maimoen Zubair (Mbah Moen) wafat di tanah suci Mekkah jam 8.17 WIB tadi," tulis Mahfud di Twitter, Selasa (6/8). "Beliau wafat di tempat yang dicintainya. Saya mendapat kabar langsung berita ini dari Pak Supri, salah seorang terdekat Mbah Moen. Jadi, insyaallah, ini bukan hoaks."

Selama hidupnya, Mbah Moen tak hanya dikenal sebagai seorang alim, ahli fikih, namun juga aktif menggerakkan lingkungan organisasi keagamaan dan juga di kehidupan politik. Beliau selalu menyerukan kedamaian, begitu pula dengan aktivitas dakwah yang menurutnya harus dilakukan dengan cara yang damai. Ia menilai bahwa kondisi saat ini berbeda dengan era sebelum kemerdekaan.

Mbah Moen wafat di usia 90 tahun. Beliau lahir di Rembang pada 28 oktober 1928. Basis pendidikan agama Mbah Moen yang sangat kuat tak lepas dari pengaruh orang tuanya. Mbah Moen merupakan putra dari Kiai Zubair, Sarang, seorang alim dan faqih. Ayahnya merupakan murid dari Syaikh SaĆ­d al-Yamani serta Syaikh Hasan al-Yamani al-Makky.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait