UMP Pecahkan MURI, Gelar Makan Es Krim Bersama Dengan 3.210 Siswa SD
SerbaSerbi

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jawa Tengah memecahkan Rekor MURI dengan menggelar makan es krim bersama 3.210 siswa SD Ledug. Kegiatan spektakuler tersebut merupakan pemecahan rekor yang belum ada sebelumnya.

WowKeren - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jawa Tengah baru saja memecahkan rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI). Kali ini rekor yang dipecahkan berupa kegiatan makan es krim dengan bahan dasar ubi jalar terbanyak.

Acara pemecahan rekor tersebut digelar setelah upacara peringatan Hari Pramuka dilaksanakan di lapangan UMP, Rabu (14/8). Sebanyak 3.210 siswa tingkat sekolah dasar (SD) melakukan makan bersama es krim berbahan dasar ubi yang merupakan inovasi dari Fakultas Pertanian UMP tersebut.


Senior Manager MURI Ariana Siregar mengungkap jika kegiatan makan es krim bersama tersebut adalah kegiatan pertama yang digelar di Indonesia. Namun jika dicatatkan dalam rekor dunia maka kegiatan tersebut ada di peringkat 9.107.

"Kegiatan yang spektakuler sajian es krim berbahan dasar ubi jalar terbanyak, usulan ada 1.500 sajian. Namun, setelah kami verifikasi ternyata ada 3.210 sajian. Ini adalah pemecahan rekor baru yang belum pernah ada sebelumnya," kata Ariana.

Rektor UMP Anjar Nugroho mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk pemanfaatan bahan pangan lokal. Kegiatan ini juga bisa digunakan sebagai kampanye agar masyarakat gemar untuk mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar buah, sayur dan umbi-umbian lokal.

"Es krim berbahan ubi jalar ini merupakan inovasi dari Fakultas Pertanian sebagai bentuk kepedulian dengan memanfaatkan bahan pangan lokal yang ada di Banyumas," ujar Anjar.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto itu menambahkan jika ubi jalar memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Seperti mencegah pertumbuhan sel kanker, meningkatkan kesehatan mata, mengontrol tekanan darah, membantu mengelola diabetes, meningkatkan kesehatan usus, meningkatkan kesuburan dan masih banyak lagi.

Anjar juga menuturkan jika pembuatan es krim yang berbahan dasar ubi jalar akan menjadikan es krim tersebut rendah lemak. "Ubi jalar diolah menjadi makanan yang sangat digandrungi masyarakat, khususnya anak-anak. Kami kampanyekan agar gemar makan makanan dari bahan lokal," kata Anjar.

Sementara itu, salah seorang peserta kegiatan tersebut yang bernama Raya (12) mengaku jika rasa es tersebut lebih enak dibanding es krim pada umumnya. "Es krimnya lembut, lebih enak dari es krim biasanya," ujar siswa SD Ledug, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas itu.

You can share this post!

Related Posts
Loading...