Ada Teh hingga Daun Mint, 8 Tanaman Ini Dipercaya Bisa Melawan Sel-Sel Kanker
Health

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa melawan kanker karena kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Mau tahu tanaman apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Baru-baru ini Indonesia dibuat bangga dengan dua siswi SMA asal Kalimantan yang menemukan tumbuhan yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kanker, yakni akar bajakah. Kedua siswi ini bahkan berhasil meraih medali emas di ajang kompetisi ilmiah di Seoul, Korea Selatan.

Selain akar bajakah, ada banyak jenis tumbuhan yang bisa mencegah atau melawan munculnya kanker. Ada banyak orang yang telah merasakan manfaatnya, namun juga masih ada yang skeptis dengan hal ini.

Kanker biasanya membutuhkan waktu yang lama hingga bertahun-tahun untuk berkembang, tapi pencegahan lebih baik dilakukan daripada perawatan apapun. Karena itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa tanaman yang bisa melawan kanker untuk kalian. Pasalnya tanaman ini kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, yang bisa melawan kanker dengan tangguh. Nah, mau tahu tanaman apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jahe Telah Teruji Secara Klinis Bisa Hambat Pertumbuhan Tumor dan Kanker


Jahe Telah Teruji Secara Klinis Bisa Hambat Pertumbuhan Tumor dan Kanker

Tanaman pertama yang bisa mencegah timbulnya penyakit kanker adalah jahe. Gingerol, bahan aktif dalam jahe telah teruji secara klinis berpotensi untuk menghentikan atau mencegah kanker tertentu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat menghambat pertumbuhan tumor pada manusia. Dalam kasus kanker ovarium, peneliti menemukan fakta bahwa gingerol bisa mematikan sel-sel kanker, mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi imunitas.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa gingerol dapat melindungi manusia dari terserang kanker usus besar. Dengan demikian, jahe berfungsi sebagai anti virus alami, anti jamur, anti parasit, anti oksidan dan anti bakteri. Karena itu, banyak-banyaklah mengkonsumsi jahe ya agar bisa terhindar dari kanker maupun tumor.

2. Biji Anggur Rupanya Bisa Memicu Kematian Sel-Sel Kanker Loh


Biji Anggur Rupanya Bisa Memicu Kematian Sel-Sel Kanker Loh

Tumbuhan berikutnya yang bisa mencegah kanker adalah biji anggur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa phytochemical dalam biji anggur memiliki sifat anti tumor atau kemampuan pencegahan kanker yang kuat.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Colorado menemukan bahwa ekstrak biji anggur efektif terhadap kanker kolorektal. Hal ini disebabkan karena ekstrak biji anggur dapat memicu kematian sel-sel kanker tersebut. Meski dapat mematikan sel-sel kanker, ekstrak biji anggur tidak membahayakan sel-sel sehat dalam tubuh manusia.

Selain itu, proanthocyanidin yang ada dalam ekstrak biji anggur juga dapat menghambat pertumbuhan kanker usus besar. Proanthocyanidin yang terakumulasi dalam jumlah banyak di usus besar tidak terserap dengan baik di lambung. Dengan demikian, proanthocyanidin dapat menghentikan sel-sel kanker, karena bisa bekerja lebih efisien saat berada di usus besar.

3. Lidah Buaya, Tanaman Anti Kanker yang Sangat Mengesankan


Lidah Buaya, Tanaman Anti Kanker yang Sangat Mengesankan

Lidah buaya telah dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Lidah buaya bahkan telah dikenal sebagai obat selama berabad-abad lamanya, terutama oleh masyarakat Mesir Kuno. Dan rupanya, ada perawatan menjanjikan yang menggunakan lidah buaya sebagai obat kanker tertentu.

Pasalnya, lidah buaya mengandung senyawa yang disebut 1,8 dihidroksi-3 (hidroksimetil) - antrakuinon atau yang disingkat dengan AE. Senyawa ini terbukti dapat menyebabkan kematian sel-sel kanker kandung kemih manusia. Sebab AE memiliki efek anti kanker yang mengesankan dan dapat menghentikan siklus hidup sel-sel tersebut.

Namun untuk melakukan perawatan kanker dengan lidah buaya, kalian harap berhati-hati. Karena lidah buaya dapat bisa berperan sebagai pencahar yang kuat ketika diambil dalam jumlah besar. Selain itu, lidah buaya juga bisa menyebabkan dehidrasi. Karena itu, harap berkonsultasi dengan dokter jika kalian berencana untuk mengkonsumsi lidah buaya ya.

4. Kandungan yang Ada di Dalam Cengkeh Rupanya Juga Bisa Mencegah Kanker Loh


Kandungan yang Ada di Dalam Cengkeh Rupanya Juga Bisa Mencegah Kanker Loh

Cengkeh adalah kuncup bunga kering dari pohon asli India, Pakistan, Zanzibar dan Madagaskar. Minyak dari cengkeh dipercaya dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Dengan kata lain, dia menawarkan perlindungan untuk mencegah kanker tumbuh di tubuh manusia.

Hal ini disebabkan karena minyak cengkeh memiliki senyawa antioksidan yang bisa bertindak sebagai anti kanker. Pasalnya, minyak cengkeh memiliki konsentrasi aktivitas antioksidan tertinggi dari setiap bahan tunggal yang telah diuji oleh ORAC.

Cengkeh memiliki tingkat antioksidan yang tinggi yang dipercaya dapat menghentikan pertumbuhan tumor dan juga membunuh sel kanker. Meski demikian, American Cancer Society mengatakan belum ada bukti yang cukup untuk mengatakan bahwa cengkeh dapat mengobati atau mencegah kanker.

5. Kunyit Bisa Mencegah Berbagai Jenis Kanker yang Mematikan


Kunyit Bisa Mencegah Berbagai Jenis Kanker yang Mematikan
Unsplash/Chinh Le Duc

Sejak awal tahun 1900-an, kunyit telah digunakan sebagai obat untuk menghentikan gejala peradangan, alergi, rematik dan masalah hati. Dan senyawa aktif kurkumin yang ada dalam kunyit dapat menyebabkan kematian sel kanker tanpa merusak sel sehat. Prosesnya dilakukan melalui penekanan jalur aktivasi, kappaB, yang berkaitan dengan berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan, termasuk kanker.

Ketika peneliti menguji khasiat kunyit pada tikus, mereka menemukan bahwa kunyit efektif mencegah kanker lambung, paru-paru, usus besar, payudara dan kulit. Penelitian lain menunjukkan bahwa kunyit yang diberikan sebagai suplemen makanan sepanjang siklus hidup mereka, menunjukkan penurunan yang signifikan dalam aktivitas sel kanker.

Kurkumin juga ditentukan untuk menjadi pengatur gen dalam pembentukan kanker. Dalam uji klinis, kurkumin dapat menghentikan migrasi sel-sel kanker paru-paru. Dan baru-baru ini, peneliti tengah menyelidiki tentang kemungkinan pengobatan kanker payudara dan mieloma dengan kunyit.

6. Teh, Tanaman Menyehatkan yang Bisa Melawan Kanker


Teh, Tanaman Menyehatkan yang Bisa Melawan Kanker
Unsplash/Christine Wehrmeier

Baru-baru ini teh dijadikan sebagai objek penelitian ilmiah. Penelitian itu menemukan bahwa teh memiliki senyawa yang bisa mencegah suatu penyakit. Bahkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa teh memiliki lebih dari 700 senyawa berbeda, yang dipercaya dapat melawan penyakit.

Semua jenis teh mengandung antioksidan tingkat tinggi, yang memiliki sifat anti penuaan dan anti tumor yang kuat. Karena itu, minum teh secara teratur bisa meningkatkan keseimbangan usus bakteri sehat dengan meningkatkan manfaat mikroorganisme saat membersihkan tubuh dari bakteri yang berbahaya.

Selain itu, teh juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi, yang diketahui mampu melawan kanker karena radikal bebas. Teh juga memiliki indeks glikemik yang rendah dan memiliki sifat pembersihan yang kuat. Karena itu, mengkonsumsi teh secara teratur juga bisa mencegah penyakit diabetes dan jantung.

7. Bawang Bisa Menurunkan Risiko Kanker Pada Manusia


Bawang Bisa Menurunkan Risiko Kanker Pada Manusia

Bawang dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang serbaguna. Selain itu, rupanya bawang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena bawang memiliki sifat anti inflamasi, antibiotik dan anti karsinogenik.

Bawang juga dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, kanker ovarium, kanker sel ginjal, kanker prostat, kanker esofagus, kanker mulut dan kanker payudara. Karena bawang kaya akan polifenol, yang bisa mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker.

8. Daun Mint Juga Bisa Membunuh Sel Kanker Tanpa Merusak Sel Sehat


Daun Mint Juga Bisa Membunuh Sel Kanker Tanpa Merusak Sel Sehat

Tanaman terakhir yang bisa melawan kanker yang adalah daun mint. Pasalnya daun mint kaya akan antioksidan yang bisa digunakan sebagai obat anti kanker. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa daun mint memiliki nilai obat dan bisa digunakan untuk menyembuhkan kanker.

Penemuan tersebut menemukan bahwa senyawa L-menthol yang ada di daun mint bisa menghentikan pembelahan sel kanker dan mencegah pertumbuhan dan penyebarannya ke organ lain dalam tubuh. Selain itu, senyawa tersebut juga bisa membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.

Demikian delapan tanaman yang bisa mencegah kanker yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Bagi kalian ingin mengetahui pekerjaan apa yang berisiko menyebabkan kanker, simak informasinya di sini. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan yang bisa memicu kanker serviks.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait