Bisa Samarkan Noda Hitam Hingga Mencerahkan, Berikut 9 Jenis Face Oil Dan Manfaatnya
Lifestyle

Saat ini sudah banyak jenis face oil beredar di Indonesia. Manfaatnya pun juga macam-macam, kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

WowKeren - Face oil termasuk sebagai salah satu jenis skin care yang datang dalam bentuk minyak. Tekstur minyaknya pun tidak semua sama; ada yang kental dan ada pula yang ringan. Meskipun namanya face oil. pada kenyataannya produk ini juga dapat digunakan pada area tubuh manapun.

Face oil sendiri umumnya berasal dari minyak nabati, seperti minyak dari tumbuhan yang disertai dengan aroma tertentu, tumbuhan tanpa aroma atau dari synthetic oil seperti mineral oil. Face termasuk salah satu jenis moisturizer dalam bentuk minyak.


Face oil berbeda dengan sebum atau minyak alami yang terdapat pada wajah. Face oil dipercaya memberikan kelembaban lebih ekstra dibandingkan moisturizer berbentuk krim. Penggunaannya sangat lazim di negara dengan 4 musim karena dapat membuat kulit lebih lembab.

Saat ini sudah banyak jenis face oil beredar di Indonesia. Manfaatnya pun juga macam-macam, kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Penasaran apa saja jenis-jenisnya? Berikut tim WowKeren rangkum 9 jenis face oil beserta manfaatnya.

(wk/putr)

1. Rutin Pakai Jojoba Oil Bakal Bikin Kulitmu Lembab Selalu


Rutin Pakai Jojoba Oil Bakal Bikin Kulitmu Lembab Selalu

Nama jojoba oil tentu sudah enggak asing terdengar di telinga kita. Biasanya, kandungan minyak ini gampang ditemukan di produk baby oil. Tapi, buat orang dewasa minyak ini juga punya banyak kegunaan loh. Manfaat utama dari penggunaan jojoba oil secara rutin adalah untuk melembabkan dan mengatasi masalah kulit kering.

Kandungan ceramides di dalamnya bermanfaat untuk menjadikan kulit menjadi lebih lembap dan terhidrasi dengan maksimal. Teksturnya dapat menyerap ke dalam lapisan kulit dengan cepat dan tidak meninggalkan rasa lengket. Tak hanya itu, jojoba oil juga dapat mengunci kadar kelembaban kulit agar tidak mudah kering maupun iritasi.

2. Grapeseed Oil Yang Kaya Akan Antioksidan


Grapeseed Oil Yang Kaya Akan Antioksidan

Grapeseed oil merupakan salah satu face oil yang mampu mengurangi jerawat di wajah. Hal ini karena kandungan antioksidan dan vitamin C didalamnya bisa mengurangi produksi sebum atau minyak alami wajah.

Selai itu, grapeseed oil juga bisa meredakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada jerawat. Sehingga jerawat lebih cepat kempes. Oleskan juga grapeseed oil pada dark circle di bawah mata agar mata pandamu lebih cepat hilang. Intip juga ritual malam yang efektif untuk merawat wajah di sini.

3. Argan Oil Yang Ternyata Juga Bagus Banget Untuk Wajah


Argan Oil Yang Ternyata Juga Bagus Banget Untuk Wajah

Argan oil secara umum diketahui baik untuk merawat rambut. Padahal, kebaikannya juga bagus untuk kulit, bahkan bisa merawat kulit berjerawat. Argan oil memiliki tekstur yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan sehingga cocok dipakai untuk semua jenis kulit.

Asam lemak, vitamin E, dan linoleic yang terkandung di dalamnya dapat melembabkan kulit, dan di waktu yang sama dapat mengurangi jerawat. Pada umumnya, jerawat muncul lebih karena rusaknya lapisan pelindung kulit. Nah argan oil inilah yang mengembalikan kondisi lapisan pelindung kulit. Intip juga beberapa kebiasaan yang tidak boleh dilakukan saat berjerawat di sini.

4. Gunakan Rice Bran Oil Untuk Tangkal Radikal Bebas


Gunakan Rice Bran Oil Untuk Tangkal Radikal Bebas

Di Indonesia rice bran dikenal dengan nama bekatul atau dedak, orang-orang Indonesia sendiri pada umumnya menggunakan bahan ini sebagai bahan makanan untuk ternak mereka. Namun di negara-negara Asia lainnya, seperti Jepang, Korea dan Cina, rice bran banyak dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan. Hal ini rupanya karena rice bran terbukti memiliki segudang manfaat.

Rice bran oil kaya akan kandungan antioksidan alami, yang terdiri dari tokoferol, tokotrienol, oryzanol, serta phytosterols yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan 10 kali lebih tinggi dari vitamin E loh. Kandungan oryzanol dalam rice bran oil juga berfmanfaat untuk menghambat produksi pigmentasi melanin dengan menahan aktivitas enzim tirosinase yang bisa mencegah munculnya flek-flek hitam pada kulit wajah.

5. Rosehip Oil Ternyata Bukan Dibuat Dari Bunga Mawar Loh


Rosehip Oil Ternyata Bukan Dibuat Dari Bunga Mawar Loh

Banyak orang mengira minyak ini terbuat dari kelopak bunga mawar, karena namanya yang serupa. Namun, rosehip sebenarnya adalah buah merah yang disebut rosehip. Pohon buah ini biasanya tumbuh di Chile. Namun, karena khasiatnya yang menakjubkan untuk kulit, banyak brand yang menggunakan minyak ini sebagai salah satu bahan dalam produk skincarenya.

Jenis minyak ini kaya akan vitamin C yang juga merupakan anti-aging natural. Kandungan antioksidan dari vitamin C akan menjaga dan memperbaiki kerusakan kulit dari sinar UV dan juga membantu mengurangi adanya keriput. Selain itu, dengan kandungan vitamin C di dalam minyak rosehip, kulit akan menjadi lebih cerah.

6. Tea Tree Oil Bakal Ampuh Banget Atasi Jerawat Membandel


Tea Tree Oil Bakal Ampuh Banget Atasi Jerawat Membandel

Tea trea oil atau minyak pohon teh yang digunakan untuk face oil ini berbeda dengan tanaman teh untuk membuat minuman teh hitam atau teh hijau. Minyak pohon teh ini, sebetulnya adalah tanaman asli dari Australia, yang sejak 100 tahun terakhir digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inlflamasi serbaguna, serta punya khasiat banyak buat tubuh manusia.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tea tree oil punya kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang banyak ditemukan pada produk obat jerawat. Bedanya, pada kandungan minyak pohoh teh, tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan.

7. Coconut Oil Yang Punya Segudang Manfaat


Coconut Oil Yang Punya Segudang Manfaat

Sesuai namanya, coconut oil ini merupakan minyak nabati yang dihasilkan dari buah kelapa. Minyak kelapa ini sudah lama sekali diketahui memiliki manfaat baik untuk wajah atau rambut. Coconut oil mampu menghidrasi kulit dan mencerahkan warna kulit yang tidak rata serta menyamarkan luka akibat bekas jerawat atau noda hitam pada wajah.

Selain itu di dalam coconut oil terkandung fatty acids seperti lauric acid, capric acid, dan caprylic acid yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan juga anti-jamur sehingga mampu mem-boost up imun kulit terhadap bakteri dan jamur yang menjadi penyebab utama jerawat dan iritasi. Hal ini membuat coconut oil bisa menyembuhkan infeksi kulit di lapisan kulit dalam yang berkontribusi pada berbagai masalah kulit seperti bekas jerawat, kulit yang belang dan juga sunburn.

8. Avocado Oil Yang Bisa Bantu Kamu Kurangi Munculnya Tanda Penuaan


Avocado Oil Yang Bisa Bantu Kamu Kurangi Munculnya Tanda Penuaan

Dari namanya saja kalian bisa menebak jika face oil satu ini dibuat dari buah alpukat. Minyak alpukat mengandung sterolin, yaitu steroid alami yang diduga kuat dapat meningkatkan produksi kolagen. Berkat sterolin, minyak alpukat dipercaya membantu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan di kulit seperti bercak cokelat di wajah.

Selain sterolin, minyak alpukat juga mengandung lesitin yang cukup tinggi. Lesitin merupakan komponen yang membantu mengantarkan nutrisi langsung ke aliran darah dan lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan begitu, berbagai nutrisi yang diantarkan ini bisa lebih terasa manfaatnya ke kulit. Minyak ini juga termasuk salah satu bahan alami yang bisa menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa meninggalkan kesan berminyak.

9. Almond Oil Bisa Mengurangi Efek Alergi Pada Kulit


Almond Oil Bisa Mengurangi Efek Alergi Pada Kulit

Almond oil merupakan salah satu jenis essential oil yang diekstrak dari kacang almond melalui proses distilasi. Minyak ini kaya akan kandungan vitamin E, monounsaturated fatty acids, protein, potassium, dan beragam mineral serta vitamin lainnya yang memiliki pengaruh positif untuk kulit.

Jika kalian memiliki masalah dengan kulit yang meradang, almond oil dapat jadi solusinya. Bentuk peradangan ini tidak hanya terjadi pada kulit yang berjerawat saja loh, tetapi juga pada kondisi kulit yang mengalami eczema, psoriasis, atau rosacea. Almond oil juga bisa menstimulasi proses penyembuhan dan mengurangi reaksi alergi pada kulit.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru