8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Merawat Rambut, Hentikan Sekarang Juga!
Lifestyle

Kita mungkin tanpa sadar melakukan berbagai kesalahan saat melakukan perawatan rambut hingga mengalami kerusakan. Mau tahu kesalahan apa saja yang tanpa sadar sering kita lakukan? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Memiliki rambut indah dan sehat tentu menjadi harapan setiap wanita. Karena itu mereka akan melakukan berbagai hal agar bisa mendapatkan rambut impiannya.

Upaya tersebut dimulai dengan merawat rambut secara alami, pergi ke salon hingga menggunakan berbagai produk maupun trik tertentu. Namun tanpa sadar kita justru melakukan beberapa kesalahan dalam merawat rambut. Alhasil, rambut kita akhirnya malah mengalami kerusakan.

Jika kita melakukan perawatan dengan tidak tepat, rambut bisa jadi kering hingga bercabang. Nah, jika kamu ingin melakukan perawatan rambut dengan maksimal tanpa melakukan kesalahan, sebaiknya mulai hindari beberapa kebiasaan buruk berikut ini.

(wk/eval)

1. Berhenti Keramas Terlalu Sering Jika Tak Ingin Rambut Mengalami Kerusakan


Berhenti Keramas Terlalu Sering Jika Tak Ingin Rambut Mengalami Kerusakan

Beberapa orang menganggap keramas sesering mungkin akan membuat rambut bersih. Namun jangan salah, karena kulit kepala kamu akan sangat berminyak dan mudah berkeringat jika mencuci rambut terlalu sering.

Usahakan untuk mencuci rambut maksimal tiga kali dalam seminggu. Hal ini diperlukan agar kamu bisa menghindari pengupasan rambut dari minyak alaminya. Sehingga tidak akan membuat rambut cepat kering, rusak atau bahkan mudah patah.

Dan jika kamu merasa rambut lepek karena berminyak atau berkeringat, gunakan saja dry shampoo. Namun jika kamu tidak bisa menggunakan dry shampoo, sebaiknya cuci rambut dengan air, karena air dapat membersihkan keringat dan minyak di kepala serta membantu melembabkan rambut.

2. Rambut Bisa Rusak Jika Digosok Terlalu Keras Saat Keramas


Rambut Bisa Rusak Jika Digosok Terlalu Keras Saat Keramas

Biasanya rambut lebih rapuh ketika basah. Karena itu, jika kamu suka menggosok rambut dan kulit kepala dengan kencang saat keramas, hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Karena rambut bisa jadi pecah-pecah, mudah rapuh dan rusak.

Saat keramas sebaiknya tuangkan sampo di telapak tangan kemudian tepuk-tepuk pada bagian kulit kepala. Lalu gunakan jari untuk melakukan pijatan ringan untuk membersihkan kulit kepala pada bagian yang lain. Terakhir bilas rambutmu sampai bersih.

3. Terlalu Sering Menggunakan Dry Shampoo Juga Tak Baik Untuk Kesehatan Rambut


Terlalu Sering Menggunakan <i>Dry Shampoo</i> Juga Tak Baik Untuk Kesehatan Rambut

Beberapa orang menggunakan dry shampoo untuk membuat rambut tetap segar tanpa perlu keramas. Terutama jika kamu memiliki rambut yang panjang dan lebat, dry shampoo memang pilihan yang tepat untuk merawat rambut tanpa repot.

Namun di balik manfaatnya, dry shampoo juga menyimpan berbagai efek negatif. Karena produk ini dapat menutup pori-pori kulit kepala. Alhasil, minyak alami rambut pun tertahan, padahal minyak alami yang keluar dari kulit kepala berfungsi untuk melembabkan rambut.

Minyak alami rambut biasanya sering menyatu dengan dry shampoo yang akan membentuk gumpalan putih pada rambut. Ini menjadi pemicu munculnya ketombe yang akhirnya bisa merusak kesehatan kulit kepala.

4. Hati-Hati, Produk yang Salah Bisa Merusak Rambutmu Loh


Hati-Hati, Produk yang Salah Bisa Merusak Rambutmu Loh

Apa kamu sering berganti-ganti produk atau terlalu sering mencoba produk perawatan rambut? Jika iya, maka hentikan kebiasaan buruk ini sekarang juga. Karena kebiasaan ini akan mengganggu rambut, sebab zat kimia yang berbeda-beda akan bertumpuk dan bisa merusak rambut.

Selain itu, pastikan untuk selalu membaca cara pemakaian produk perawatan rambut sebelum digunakan. Jangan sampai salah menggunakan produk yang sudah kamu beli, jika tak ingin berdampak buruk pada rambut.

Dan sebaiknya kamu juga tidak menggunakan sampo dan kondisioner secara bersamaan saat keramas. Hal ini memang bisa menghemat waktu, namun rambut bisa rusak karenanya. Alasannya jelas, karena sampo dan kondisioner memiliki fungsi yang berbeda, sehingga harus digunakan secara terpisah.

5. Tak Ingin Rambut Jadi Rusak? Maka Hindari Menguncir Rambut yang Masih Basah


Tak Ingin Rambut Jadi Rusak? Maka Hindari Menguncir Rambut yang Masih Basah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rambut sangat rapuh dan lemah saat basah. Karena itu, menguncir rambut basah hanya akan membuat tekstur rambut menjadi kasar.

Selain itu, jangan mencepol rambut yang basah semalaman, karena akan berdampak buruk pada rambut. Hal ini sering dilakukan para wanita, agar bisa mendapatkan rambut dengan efek bergelombang. Sebagai gantinya, gunakan saja alat styling dan styling cream saat rambut sudah kering. Maka hasilnya akan lebih sehat dan natural.

6. Jangan Menggunakan Hair Dryer Terlalu Panas Untuk Mengeringkan Rambut


Jangan Menggunakan <i>Hair Dryer</i> Terlalu Panas Untuk Mengeringkan Rambut

Beberapa orang memilih untuk menggunakan hair dryer setelah keramas untuk mengeringkan rambut. Pasalnya cara ini dinilai lebih instan untuk membuat rambut bisa kering lebih cepat.

Namun menggunakan hair dryer juga ada aturannya. Jangan langsung memasang temperatur tinggi, karena hal ini akan membuat rambut mudah bercabang. Mulailah dengan temperatur yang rendah terlebih dahulu, setelah rambut setengah kering baru gunakan temperatur yang agak panas.

7. Jangan Mengecat Rambut Terlalu Sering Jika Tak Ingin Rambut Mengalami Kerusakan


Jangan Mengecat Rambut Terlalu Sering Jika Tak Ingin Rambut Mengalami Kerusakan

Beberapa orang gemar mengecat rambutnya dengan warna yang diinginkan. Namun hal ini rupanya bisa menimbulkan masalah bagi rambut itu sendiri.

Karena jika rambut tumbuh, warnanya pun akan berubah mengikuti arah pertumbuhan rambut. Akhirnya, kamu ingin mengecat rambut lagi dan lagi agar warnanya bisa sama. Namun mengecat rambut terlalu sering tidak baik untuk kesehatan kulit kepala, batang dan akar rambut. Karena itu, jika kamu terlalu sering mengecat rambut, hentikan kebiasaan ini sekarang juga ya.

8. Hentikan Sekarang Juga, Mengikat Rambut Terlalu Sering Juga Bisa Merusak Rambut


Hentikan Sekarang Juga, Mengikat Rambut Terlalu Sering Juga Bisa Merusak Rambut

Mengikat rambut merupakan salah satu cara sederhana agar terlihat rapi. Tapi, jika kamu menarik ikat rambut terlalu sering, rambut akan mudah patah. Selain itu, rambut juga akan mudah kusut. Jadi sebaiknya ikat rambut seperlunya saja ya.

Demikian delapan kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat rambut yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kesalahan yang sering dilakukan dalam mencuci wajah. Selain itu, kalian juga bisa mengetahui manfaat baby oil untuk kecantikan dengan menyimak artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait