Sekolah Amerika Buang Novel 'Harry Potter' Gara-Gara Mengandung Kutukan Sihir Asli dan Ilmu Hitam
SerbaSerbi

Sebuah sekolah di Nashville mengklaim bahwa buku yang mengisahkan petualangan Harry Potter cs itu memasukkan berbagai kutukan dan mantra asli yang dapat membangkitkan roh jahat saat dibaca.

WowKeren - Bukan rahasia lagi kalau seri novel "Harry Potter" karangan J.K. Rowling benar-benar menjadi salah satu mega best seller. Bahkan kisah ikonik dunia sihir ini mendapatkan popularitas berlebih ketika diadaptasi dalam versi film.

Namun sayangnya, belum lama ini sebuah sekolah swasta di Tennessee, Amerika Serikat, memutuskan untuk menyingkirkan buku-buku "Harry Potter" dari perpustakaan mereka. Pasalnya, mereka menilai kalau kisah petualangan Harry Potter cs itu memasukkan berbagai kutukan dan mantra asli yang dapat membangkitkan roh jahat saat dibaca.

Dilansir The Guardian pada Rabu (4/9), ide soal "pembuangan" novel "Harry Potter" ini dicetuskan oleh seorang pastor Dan Reehil dari Sekolah Katolik St. Edward di Nashville. Pastor tersebut mengirimkan email kepada para orang tua murid tentang penghapusan buku seri milik J.K. Rowling atas saran beberapa pengusir setan.

"Buku-buku tersebut menyajikan sihir sebagai hal yang baik dan buruk, yang sebenarnya tidak benar, tetapi faktanya sebagai penipuan yang cerdas. Berbagai kutukan dan sihir yang digunakan dalam buku tersebut benar adanya, di mana roh jahat dapat bangkit ke hadapan orang yang membacanya," tulis sang pastor.


Pengawas sekolah di wilayah keuskupan Nashville, Rebecca Hammel, menyatakan bahwa pastor Dan Reehil memiliki wewenang untuk membuat keputusan tersebut. "Kami benar-benar tidak melakukan pelarangan semacam itu selain memastikan bahwa apa yang diletakkan di dalam perpustakaan sekolah kami adalah bahan yang sesuai dengan usia anak-anak," tuturnya pada media setempat.

Tentunya ini bukan menjadi pertama kalinya buku "Harry Potter" mendapatkan larangan keras di sekolah. Meskipun seri buku ini sukses di seluruh dunia, buah karya J.K. Rowling tersebut beberapa kali dilarang di beberapa sekolah di Amerika Serikat dan Inggris karena dituduh mendukung setan atau ilmu hitam.

Sementara itu, seri buku "Harry Potter" sendiri dirilis pertama kali pada tahun 1997 dengan tajuk "Harry Potter and the Philosopher's Stone". Buku ini lantas dikembangkan menjadi tujuh seri. Novel ini mengisahkan tentang petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter dan sahabatnya, Ronald Bilius Weasley dan Hermione Jane Granger, yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts.

Inti cerita dalam novel-novel ini berpusat pada upaya Harry untuk mengalahkan penyihir hitam jahat bernama Lord Voldemort, yang berambisi untuk menjadi makhluk abadi, menaklukkan dunia sihir, dan menguasai orang-orang non-penyihir (muggle). Sejak awal dirilis, novel ini sudah menuai banyak kontroversi.

Meskipun mendapatkan popularitas besar, berbagai pujian kritis, dan kesuksesan komersial di seluruh dunia, namun ada pula pihak yang melontarkan kritikan karena genre-nya yang dianggap terlalu gelap. Kendati demikian, seri "Harry Potter" menjadi novel seri paling laris sepanjang masa, dan telah diterjemahkan ke dalam 73 bahasa.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru