Firli Jadi Pimpinan KPK, Wakil Ketua Saut Situmorang Pilih Mundur
Nasional

Irjen Pol Firli Bahuri terpilih sebagai Ketua KPK usai meraup 56 suara dari Komisi III DPR RI. Namun terpilihnya mantan Deputi Penindakan KPK itu diikuti dengan sejumlah pro dan kontra.

WowKeren - Dewan Perwakilan Rakyat telah menjatuhkan pilihan mereka atas lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Yang membuat publik tercengang, sosok kontroversial Irjen Pol Firli Bahuri justru dipilih menjadi Ketua KPK periode 2019-2023.

Sebagai pengingat, sosok Firli memang dikenal sangat kontroversial lantaran banyaknya dugaan pelanggaran etik yang pernah ia lakukan. Pelanggaran etik ini disampaikan oleh jajaran pimpinan dan penasihat KPK lewat konferensi pers pada Rabu (11/9) kemarin.

Terpilihnya Firli ini pun memicu sejumlah langkah ekstrem, salah satunya dilakukan Wakil Ketua KPK periode 2015-2019, Saut Situmorang. Saut dikabarkan memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Informasi ini ia ungkap lewat surat elektronik yang dikirim ke seluruh pegawai KPK pada Jumat (13/9).

"Saudara-saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua," ujar Saut, dilansir CNN Indonesia. "Izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai pimpinan KPK, terhitung mulai Senin 16 September 2019."

Ia mengaku akan menyelesaikan tanggungan pekerjaannya terlebih dahulu hingga akhir pekan sebelum resmi meninggalkan KPK. Saut lalu menyampaikan ucapan perpisahannya kepada sejumlah pihak di KPK, mulai dari Sekretaris Jenderal, tim Pinda, Korsepim, Koordinator Wilayah, dan para pegawai lainnya.


"Setelah hampir 4 tahun kurang beberapa bulan kita bersama-sama," imbuhnya. "Saya tahu beberapa di antara teman-teman pasti pernah sebel bingit sama saya karena style saya."

Saut juga berpesan agar Wadah Pegawai (WP) KPK tetap berjuang, terutama untuk mengusut kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. Saut memang salah satu komisioner KPK yang paling vokal dalam memperjuangkan keadilan bagi penyidik senior itu.

"Buat Mas Yudi (Ketua WP), tetaplah konsisten bro, antum masih komandan," tulisnya. "Tuhan memberkati kita semua. Amin. Salam, SS."

Mundurnya Saut menambah daftar komisioner KPK yang memilih "pergi" usai Firli terpilih menjadi pimpinan lembaga antirasuah. Sebab, selain Firli, penasihat KPK Tsani Annafari juga memutuskan untuk mengundurkan diri.

Tsani pun sempat mengomentari perihal pengunduran diri Saut ini. Ia membenarkan kabar tersebut, namun menurutnya pihak KPK masih meminta Saut untuk bertahan hingga akhir masa jabatan.

"Iya (Saut Situmorang mengundurkan diri)," jawab Tsani. "Tapi masih kita minta tunda sampai Desember."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait