Kesal Wajah Bruntusan Terus? Jangan Salah, 8 Kebiasaan Tak Terduga Ini Mungkin Penyebabnya!
Lifestyle

Ternyata ada banyak kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan bruntusan loh. Kebiasaan ini sering kita lakukan dan ternyata secara tak sadar bisa menyebabkan bruntusan.

WowKeren - Selain jerawat, salah satu masalah kulit wajah yang paling sering dialami adalah bruntusan. Meski bukan kondisi yang berbahaya, wajah bruntusan tentu mengganggu penampilan. Apalagi jika kemunculannya hampir di seluruh wajah.

Bruntusan sebetulnya bukanlah sebuah istilah medis. Istilah bruntusan ini menggambarkan suatu keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Jika diraba, bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol di kulit.


Bruntusan di wajah bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, folikulitis (peradangan pada folikel rambut), keratosis seboroik, dan lain sebagainya. Akan tetapi, komedo merupakan salah satu cikal bakal kemunculan bruntusan yang paling sering terjadi.

Selain itu, ternyata ada banyak kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan bruntusan loh. Kebiasaan ini sering kita lakukan dan ternyata secara tak sadar bisa menyebabkan bruntusan. Kesal Wajah Bruntusan Terus? Jangan Salah, 8 Kebiasaan Tak Terduga Ini Mungkin Penyebabnya!Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 kebiasaan sepele yang ternyata bisa sebabkan bruntusan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tidak Bersih Saat Mencuci Muka Jadi Penyebab Utama Bruntusan


Tidak Bersih Saat Mencuci Muka Jadi Penyebab Utama Bruntusan

Hingga kini, masih banyak orang yang menyepelekan mencuci muka. Padahal hal itu merupakan salah satu kunci dari perawatan wajah. Jika kalian malas mencuci wajah kotoran yang menempel di wajah akibat aktivitas sehari-hari akan menimbulkan bruntusan hingga jerawat loh.

Apapun yang terjadi, membersihkan wajah dengan benar dan memilih sabun cuci muka yang tepat buat kulit kita adalah jawaban untuk menghilangkan berbagai macam masalah kulit. Selain itu, pastikan jika wajah benar-benar bersih tanpa ada sisa kotoran yang menempel.

2. Terlalu Sering Mencucui Muka Juga Ternyata Tidak Baik Loh


Terlalu Sering Mencucui Muka Juga Ternyata Tidak Baik Loh

Mencuci muka memang sangat dianjurkan, namun bukan berarti kalian bisa mencuci muka sebanyak yang kalian mau. Niatnya ingin mendapatkan wajah yang bersih, tapi sering mencuci muka ternyata juga berisiko menghilangkan produksi minyak alami dari jaringan kulit.

Hal ini membuat kulit menjadi kering, perih, tipis dan kusam dan malah menyebabkan wajah menjadi bruntusan. Idealnya adalah kalian cuci muka sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Pagi hari, sore hari setelah pulang bekerja dan malam menjelang tidur. Selebihnya, kalian cukup membersihkan wajah dengan air dingin tanpa perlu melakukan facial wajah.

3. Terlalu Banyak Memakai Pelembab Juga Enggak Baik


Terlalu Banyak Memakai Pelembab Juga Enggak Baik

Alih-alih mendapat wajah yang kenyal dan lembab, memakai pelembab berlebihan juga enggak baik. Menggunakan pelembab terlalu banyak adalah salah satu alasan kenapa wajah kalian bisa bruntusan. Pelembab yang terlalu tebal di atas permukaan kulit bakalan sulit untuk menyerap ke dalam kulit.

Pelembab ini justru bakal menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat hingga bruntusan berlebihan. Apapun jenis kulitnya, coba usahakan untuk pakai pelembap hanya sebesar uang koin. Kalau masih merasa kurang, kalian bisa tambahkan sedikit pada bagian yang belum tertutupi pelembab.

4. Terlalu Sering Memakai Scrub Juga Bisa Bikin Bruntusan Membandel


Terlalu Sering Memakai Scrub Juga Bisa Bikin Bruntusan Membandel

Ketika kalian melakukan eksfoliating terlalu berlebihan semua sel kulit sehat yang harusnya melindungi kulit justru hilang. Akibatnya, kulit menjadi terlalu sensitif sehingga mudah terpapar kotoran dan bakteri penyebab jerawat serta bruntusan. Karena itu kalian sebaiknya menggunakan scrub seperlunya saja sesuai kebutuhan.

Orang dengan kulit berminyak dan tebal bisa melakukan eksfoliasi sekali sehari. Namun, untuk yang berkulit kering eksfoliasi hanya boleh dilakukan 1 sampai 2 kali seminggu. Semakin keras bahan kandungan produk atau jenis metode eksfoliasinya, kalian semakin tidak boleh sering-sering melakukannya.

5. Bruntusan Juga Bisa Disebabkan Karena Jarang Mengganti Sarung Bantal


Bruntusan Juga Bisa Disebabkan Karena Jarang Mengganti Sarung Bantal

Fakta ini terkadang disepelekan, tetapi sarung bantal juga diketahui berkontribusi pada timbulnya jerawat. Sarung bantal sangat mungkin menjadi tempat berkembangnya kuman yang berasal dari keringat seseorang. Sehingga ketika kalian tidur dan menghadap samping, kuman-kuman tersebut akan hinggap di wajah kalian. Maka dari itu, rutinlah mengganti sarung bantal dan alas tidur kalian.

Selain itu, simak juga jenis-jenis skincare yang ampuh atasi bruntusan di sini. Intip juga berbagai masker Korea yang ampuh lawan bruntusan di sini.

6. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah Jika Tak Ingin Bruntusan


Jangan Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah Jika Tak Ingin Bruntusan

Tangan kita sering disebut sebagai tempat berkembang biak bagi virus dan bakteri. Kalian tidak sadar sebanyak apa kuman yang terdapat di tangan. Sering menyentuh uang, ponsel serta barang-barang lain tentu akan meninggalkan kuman di tangan.

Menyentuh wajah dengan tangan kotor dapat mentransfer kuman tersebut pastinya dapat menyebabkan kulit bruntusan bahkan berjerawat. Untuk itu, jika ingin menyentuh wajah pastikan tangan kalian bersih. Dan juga jangan sembarangan memecahkan jerawat dengan tangan kosong yang belum bersih ya.

7. Tidak Menjaga Kebersihan Kosmetik Bisa Sebabkan Bruntusan


Tidak Menjaga Kebersihan Kosmetik Bisa Sebabkan Bruntusan

Harus diketahui jika tidak semua kosmetik itu cocok untuk kulit kalian. Kalau ternyata di dalam produk tersebut mengandung bahan iritan, akibat ketidakcocokan antara kulit dengan bahan yang terkandung di dalamnya akan menyebabkan kulitmu bereaksi.

Selain itu, alat-alat make up seperti brush atau kuas-kuas make up yang tidak rutin dibersihkan akan membuat alat-alat tersebut penuh dan menyebabkan menumpuknya bakteri. Hal itu merupakan salah satu pemicu bruntusan. Jika tidak dibersihkan, maka bisa saja bruntusanmu akan sulit hilang.

8. Pastikan Untuk Tidak Kurang Minum Air Putih


Pastikan Untuk Tidak Kurang Minum Air Putih

Sekali lagi, kalian harus rajin menjaga kelembaban kulit. Selain didukung dengan penggunaan pelembab, perawatan dari dalam pun juga dibutuhkan. Minum air putih secara rutin adalah salah satu caranya. Tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup supaya tidak mengalami dehidrasi.

Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan kulit kering dan kusam. Belum lagi aktivitasmu seharian di ruangan ber AC atau terpapar sinar matahari. Hal inilah yang akan memicu kulit menjadi dehidrasi, termasuk wajah. Maka konsumsilah air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan begitu stamina dan kelembapan kulit mu akan tetap terjaga sepanjang waktu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru