Mahfud MD Minta Masyarakat Tak Remehkan Pimpinan Baru KPK
Nasional
Polemik Pimpinan KPK

Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, baik tidaknya kinerja kelima pimpinan KPK yang baru ini juga bergantung pada dukungan masyarakat.

WowKeren - Lima pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 yang telah dipilih DPR RI kini justru menuai polemik. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, lantas meminta agar masyarakat tidak meremehkan kelima pimpinan baru tersebut.

Menurut Mahfud, baik tidaknya kinerja kelima pimpinan KPK ini juga bergantung pada dukungan masyarakat. Apabila masyarakat mendorong mereka untuk bekerja dengan baik, maka tak menutup kemungkinan mereka juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberi hasil kerja yang baik.

Ia pun mencontohkan respons masyarakat kala Komisi Hukum DPR RI menetapkan pimpinan KPK periode 2015-2019 pada 17 Desember 2015 lalu. Menurut Mahfud, kala itu para pimpinan terpilih yang terdiri dari Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang, dan Laode M Syarif, tidak langsung direspons baik oleh masyarakat.

"Jadi begini, saudara jangan underestimate dulu. KPK yang sekarang ini yang dipimpin oleh Agus, Saut, Basaria, Alex, dan Laode, dulu saudara masih ingat ketika dipilih, orang bilang semua jelek. KPK akan hancur di bawah orang-orang ini," tutur Mahfud di Yogyakarta pada Minggu (15/9). "Ternyata bagus, bagus kan kerjanya? Sekurang-kurangnya tidak mengecewakan."


Oleh sebab itu, hal yang sama juga berlaku pada kelima calon pimpinan baru yang telah ditetapkan Komisi III DPR RI pada Jumat (13/9) lalu. Meski tidak mengenal satu per satu, Mahfud yakin kelimanya lolos seleksi dan terpilih karena memang memiliki kinerja yang bagus.

Selain itu, Mahfud juga menyebutkan bahwa sejumlah pimpinan baru KPK terpilih memiliki rekam jejak yang bagus dan bisa diharapkan, seperti Nurul Ghufron dan Lili Pintauli Siregar. Namun kala ditanya mengenai sosok Ketua KPK yang baru, Irjen Firli Bahuri, Mahfud hanya menuturkan bahwa ia adalah pribadi yang baik dan sopan.

"Kesan saya (Firli Bahuri) baik, saya tidak tahu banyak tapi menurut saya cara bergaulnya juga cukup, cukup sopan, cukup Indonesiawi," jelas Mahfud. "Tapi kasus-kasus lain saya tidak tahu karena saya tidak mengikuti."

Sementara itu, kelima pimpinan baru KPK yang telah terpilih antara lain adalah, Irjen Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar. Meski telah dipilih DPR, kelimanya tak akan langsung bekerja dan baru bisa memimpin KPK pada Desember 2019 mendatang.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts