Gibran Putra Jokowi Temui Ketua PDIP Solo dan Tanya Syarat Jadi Calon Wali Kota
Instagram/fx.rudyatmo
Nasional

Gibran Rakabuming bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo sekaligus Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, pada Rabu (18/9).

WowKeren - Putra sulung Presiden Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming, melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo sekaligus Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Pertemuan tersebut digelar di rumah dinas Wali Kota Solo pada Rabu (18/9).

Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy tersebut pun mengungkapkan isi pertemuannya dengan Gibran. Menurut Rudy, Gibran menemuinya untuk bertanya soal prosedur pendaftaran calon Wali Kota melalui PDIP.

"Kalau nanya-nanya saja ya wajar lah," ungkap Rudy di Loji Gandrung pada Rabu (18/9). "Nanya-nanya bagaimana tentang mekanisme pencalonan dan sebagainya, saya beri paparan saja."

Menurut Rudy, PDIP Solo terbuka untuk siapa pun yang akan menjadi Calon Wali Kota. Namun, Rudy menekankan bahwa calon yang bisa diajukan PDIP hanyalah para anggota partainya sendiri.

"PDIP terbuka, wong tidak menutup kok," terang Rudy. "Silakan (Gibran) kalau mau mendaftar."


Selain itu, Rudy juga memaparkan bahwa calon Wali Kota yang akan maju melalui PDIP harus memenuhi sejumlah syarat. Di antaranya adalah kewajiban untuk memiliki kartu tanda anggota (KTA) PDIP.

"Selain KTA, ada tes dan syarat lainnya. Nanti yang memberikan rekomendasi bukan saya," ungkap Rudy. "Saya hanya mengantar kader mana pun PDI Perjuangan yang mau mendaftar nanti kita bawa ke sana tanpa dikurangi dan ditambahi."

Sementara itu, batas akhir pendaftaran bagi calon Wali Kota yang akan maju melalui PDIP adalah 23 September 2019 mendatang. "Ini sudah dibuka pendaftaran sejak kemarin," ujar Rudy.

Di sisi lain, Gibran sendiri belum memberi jawaban pasti kala disinggung mengenai rencananya mendaftar menjadi anggota PDIP. "Nanti saja. Nanti kalau waktunya sudah pas," tutur Gibran.

Sebelumnya, nama Gibran dan adiknya, Kaesang Pangarep, sempat masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025. Hasil tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Surakarta.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru